Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Negara Penganut Agama Islam terbesar di dunia || Berita Islam Hidayah Ilahi

 

Assalamu’alaikum Sahabat Hidayah, Menurut Anda, negara mana yang memiliki jumlah penduduk penganut agama islam terbesar di seluruh dunia? Ada yang menyebutkan negara Arab, Indonesia, Turki dan lain sebagainya. Tahukah Anda, beberapa negara yang menganut agama muslim terbesar mungkin tidak Anda ketahui. Oleh sebab itu, kita akan cari tahu daftar nama negara dengan penduduk islam terbanyak didunia.

Apakah negara Indonesia masuk dalam deretan negara penganut agama islam yang besar? Bagi kita masyarakat Indonesia, tentu sudah mengetahui bahwa agama mayoritas yang dimiliki adalah agama islam. Berapa banyak jumlah penduduk muslim yang ada di Indonesia? Nah untuk informasi selengkapnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.


1. Indonesia 

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki populasi agama islam yang besar. Negara yang berada di bagian Asia Tenggara ini, memiliki persentase penduduk muslim mencapai 12,7 persen dari populasi dunia loh. Dari jumlah penduduk Indonesia yakni berkisar 205 juta, maka sedikitnya 88,1% nya adalah beragama islam.

Hal ini merupakan sebuah keberkahan tersendiri bagi bangsa kita. Mengingat kita sebagai Negara non arab yang memiliki populasi Agama Islam Terbesar di Asia bahkan Dunia, Waaaaaww. Padahal agama islam muncul pertama kali di jazirah arab. Di Indonesia aliran agama yang dia nut adalah islam sunni dan hanya sebagian kecil syiah. Mayoritas umat islam di Indonesia bermadzab Syafi’I yang dipraktekkan dalam ibadah setiap hari. 

Tetapi beberapa kelompok kecil juga ada yang menggunakan madzab Maliki, Hambali, dan hanafi. Di Indonesia ada 2 ormas ( Organisasi Masyarakat) yang paling besar yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Meskipun Muhammadiyah lahir terlebih dahulu tetapi kenyataanya Nahdlatul ulama yang di gadang adiknya Muhammadiyahlah yang paling banyak di ikuti jamaah. Menurut sejarah Pendiri NU ( KH. Hasyim asy’ari) dan pendiri Muhammadiyah (KH. Ahmad Dahlan) masih 1 perguruan, beliau berdua sama sama berguru dan menjadi murid Ky Soleh darat Semarang.


2. Pakistan 

Pada awalnya negara Pakistan memiliki penduduk sebagai penganut agama dengan mengambil 11 persen dari populasi muslim yang ada di dunia. Namun, ditahun 2010, jumlah penduduk muslim dinegara Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat sampai dengan 178 juta penduduk beragama muslim, ini berarti sekitar 96,4% penduduknya bermayoritas muslim.

Baca Juga:  MENGENAL BANGUNAN ISLAM YANG PALING BERSEJARAH DI DUNIA 


3. India
Negara berikutnya adalah India. Dengan jumlah penduduk lebih dari 100 juta orang beragama muslim telah membuatnya menjadi negara terbesar 3 sebagai penganut negara islam terbesar. Pada tahun 2010, persentase umat muslim di India adalah 10,9 persen dari populasi masyarakat. Namun, mengalami peningkatan yakni sekitar 14,6 persen atau sekitar 107 juta orang lebih.


4. Bangladesh
Bangladesh memang sudah dikenal sebagai penganut agama muslim terbanyak, ini juga terbukti dari masuknya negara ini dalam daftar negara dengan populasi masyarakat beragama muslim terbanyak. Pada awalnya negara ini mempunyai 9,2 persen beragama muslim. Namun, tidak disangka mengalami perkembangan naik mencapai 90,4 persen dari total penduduk di negara ini.


5. Mesir
Negara mesir menjadi salah satu negara yang tidak lepas dari perkembangan dan sejarah negara islam. Negara benua yang letaknya berada di  sudut timur laut Afrika ini mempunyai jumlah penduduk muslim yakni 80 juta orang. Dengan demikian, 4,9 persen penduduk yang ada di Mesir adalah beragama islam.

 
Itulah daftar nama nama negara dengan jumlah penganut agama islam terbesar secara international. Perhitungan, laporan angka dan lain sebagainya yang dijabarkan atau diberitakan sewaktu waktu bisa berubah kapan saja, karena perkembangannya yang tidak dapat diprediksikan kedepannya. Ini termasuk informasi yang memperlihatkan bagaimana perkembangan agama islam di dunia. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum Wr.wb

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "5 Negara Penganut Agama Islam terbesar di dunia || Berita Islam Hidayah Ilahi"