Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah 5 Karomah Kewalian KH. Maimun Zubair Lengkap dengan Biografinya || Kisah Karomah Wali dan Ulama

 

Assalamualaikum, sahabat hidayah ilahi..!! Coba disini siapa yang belum/ tidak kenal dengan sosok ulama yang satu ini, Ya beliau adalah KH. Maimoen Zuber seorang ulama serta politisi yang sangat di hormati di semua elemen masyarakat, hal ini tidak bisa dilepaskan dari sisi kesalihan, kealiman, dan pengorbananya untuk kelanggengan Agama Islam dan Negara Indonesia tercinta. Beliau juga seorang Waliyullah ( wali-wali Allah ) yang memiliki beragam karomah/ keistimewaan yang Sangat Luar biasa. Oke, lalu seperti apa kisah 5 karomah luar biasa mbah moen beserta biografi beliau….? Next mari lanjuttttt…. 

1.    BIOGRAFI SYAIKHONA KH. MAIMUN ZUBAIR 

Mbah Moen adalah sapaan akrab dari ulama kharismatik Indonesia yang memiliki nama asli KH. Maimun Zubair, beliau dilahirkan di daerah Rembang Jawa Tengah Pada tanggal 28 oktober 1928, dan wafat di kota suci makkah pada tanggal 6 Agustus 2019 di usia genap 90 tahun. Beliau juga seorang kiyai/ pengasuh PP. An-anwar sarang Rembang, Selama hidupnya beliau juga pernah terjun sebagai politikus yang menduduki jabatan DPRD Kab.Rembang (7 Tahun)  dan MPR RI (3 Periode) dan yang terakhir sebagai Ketua Majelis Syariah Partai PPP.

Beliau dikenal sebagai sosok ulama sepuh yang kharismatik, kesalehan dan kealiman beliau juga tidak diragukan lagi, beliau habiskan masa hidupnya untuk berbakti dan berkontribusi dalam membela agama dan bangsa Indonesia. Kealiman beliau sangat du akui dunia, banyak tokoh kiyai dan ulama  seperti KH. Mustofa bisri, Habib Luthfi bin yahya dan ulama lainya yang mengakui bahwa KH. Maimun Zubeir adalah sosok seorang Wali Allah ( Kekasih Allah), alasannya diantaranya dikarenakan banyaknya karomah beliau yang terbukti nyata, hingga tak sedit banyak orang-orang yang telah menyaksikan karomah mbah moen yang super sangat luar biasa. 

Kemuliaan dan keistimewaan itu adalah anugerah yang diberikan allah swt terhadap kekasihnya yang memiliki kesalehan, ketaqwaan dan kealiman  terhadap Allah SWT. Tidak hanya itu, ternyata banyak puluhan ribu santri yang menimba ilmu pengetahuan agama islam kepada beliau, santri-santri ini berasal dari berbagai kota dan pelosok tana air kita tercinta. Berkat keistimewaan inilah mbah moen juga di wafatkan  di tempat yang mulia yaitu makkah al mukaromah ketika sedang menunaikan ibadah haji.  Makkam beliau berada di pemakaman Ma’la, satu komplek dengan makam keluarga rasul, para sahabat dan ulama terkemuka. 

2.    DAFTAR KAROMAH KEWALIAN MBAH MOEN

-    MOBIL AJAIB MBAH MOEN BERJALAN TANPA BBM

Suatu ketika saat mbah moen mengadakan perjalanan ke pasuruan, beliau sering kali menggunakan mobil. Sebenarnya mobil yang beliau tumpangi itu sering kali mengalami kerusakan, jadi tiap kali safari yang jauh-jauh ya terpaksa harus transit untuk service dahulu. Pada suatu hari ada sebuah keanehan, yaitu ketika mbah moen pulang dari pasuruan seperti biasa sang supir  berhenti dipertengahan perjalanan untuk service. 

Ketika mobil mbah moen di cek oleh tukang service nya, si tukang bengkel itu terkejut ketika melihat selang bensin terputus tetapi anehnya kok mobilnya masih bisa berjalan. Hal inipun membuat terheran-heran sang tukang tadi, lalu dia bertanya mobil siapa ini…? Sang sopir pun menjelaskan bahwa mobil itu adalah mobil kiyainya yaitu mbah moen. Kejadian luar biasa ini juga tidak lepas dari karomah mbah moen sendiri. 

-    MENGHENTIKAN HUJAN LEBAT

Suatu ketika mbah moen memberikan mauidhoh hasanah dalam acara maulidirrosul di kabupaten kudus jateng, seperti biasa beliau memberikan mauidhoh kepada para jamaah yang hadir, ketika lagi nikmatnya pengajian itu tiba-tiba turunlah hujan lebat, hal ini membuat jamaah yag kocar kacir berlarian untuk berteduh, hujan saat itu memang turun sangat deras dan lebat, kondisi ini membuat panitia bersepakat untuk  mengajak mbah moen istirahat transit dulu sembari menunggu hujan reda.

Tapi sebenarnya panitia pada kebingungan bagaimana cara untuk memulyakan beliau yang kini terlihat mulai terkeca cipratan cipratan air hujan yang turun.  Tapi apa, tidak disangka mbah moen palah mengangkat tangan beliau lalu berdoa kepada Allah SWT untuk memohon agar hujan lebat itu segera reda, Tiba-tiba benar tidak berselang lama hujan lebat itupun akhirnya reda kembali. Subhanallah….

-    BERTEMU DENGAN NABI KHIDIR AS

Dahulu ketika nyanti di Pondok pesantren lirboyo Kediri, mbah moen  pernah berjumpa dan di temui oleh salah seorang nabi yaitu nabi Khidir As, Dikisahkan dari Ky Ali : Suatu siang tepatnya kurang lebih pukul 11.00. Dari kejauhan Tiba-tiba terdengar suara yang memanggil, selidik demi selidik, ternyata suara itu berasal dari kuburan yang berdekatan dengan pondok lirboyo. 

Disitupula Mbah moen bertemu dengan seorang yang aneh, berpakaian kayak petani, Ternyata Dialah Penampaan dari Nabi Khidir As yang menyamar seperti seorang petani yang menggunakan topic aping di gepalanya.

Nabi Khidir lalu dawuh kepada mbah moen : “ Sampean trisno marang aku, aku ugo trisno malarang sliramu, mesti dijamin gusti allah.” Yang artinya”Anda suka dengan aku, akupun juga cinta dengan anda. Dijamin Allah nanti”. Setelah itu nabi Khidir As berdoa untuk mbah Moen yang berlangsung cukup lama. Mbah moen juga tampak mengamini doa mbah moen tersebut.  

Setelah  Nabi Khidir AS mendoakan Mbah Moen, beliau lalu menghilang entah kemana.  Mbah Moen lalu memilih pulang untuk kembali ke pondok. Peristiwa ini ternyata telah diketahui  Romo KH. Mahrus ali, mbah moen juga mengakui tentang peristiwa yang baru saja beliau alami. Walhasil setelah pertemuan mbah moen dengan nabi khidir, beliau terlihat sosok yang sangat alim sekali. 

Baca Juga:   Kisah Pilu Sahabat Abu Qilabah Yang Buta  

 

-    BISA MELIPAT DAN MENYINGKAT WAKTU

Dahulu saat Ky Fadolan kuliah di al azhar mesir, beliau dimintai mbah moen untuk berziarah kemakam ulama imam as-syadili. Tetapi ndilalah sebenarnya ky fadolan agak bingung sebab waktu yang diminta mbah moen terbatas sekali, kalau sebenarnya untuk perjalanan ke makam imam as-syadili itu lumayan cukup jauh hingga dibutuhkan juga tempat untuk istirahat menginap.

Tetapi, sebagai wujud penghormatan/ ta’dzim, ky fadolan menyetujui permintaan mbah moen. Ky fadolan lalu menyewa kendaraan sebagai trasnportasi menuju tempat tujuan, akhirnya  Ky fadolan berangkat bersama mbah moen dan istri mbah moen. 

Di dalam perjalanan itu ternyata terjadi sebuah keanehan yang hakiki, dimana  untuk mencapai lokasi makam seharusnya di tempuh sekitar 7 hingga 9 jam perjalanan, tetapi Ajaibnya hanya di tempuh 2,5 jam Saja, Subhanallah….. Padahal selama perjalanan mobil yang mereka tumpangi juga kerap transit untuk isoma di beberapa tempat yang dilaluinya. 

-    BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT HANYA DENGAN AIR PUTIH

Masih pada topic yang sama, dulu ketika ky fadolan menghantar Mbah moen dan istrinya perjalanan menuju makam imam as-syadili, mereka transit di sebuah rest area guna menunaikan sholat jama’ taqdim. Setelah melaksanakan sholat, mereka lalu mampir di sebuah rumah makan yang tidak jauh dari mushola. Sambil menunggu makanan jadi, tiba tiba ada wanita ibu-ibu yang membawa sebotol aqua seraya memohon kepada mbah moen agar memberi sebuah doa di air yang dibawanya itu.

Masih menurut Kiai Fadlolan, ketika mengantar Mbah Moen dan istrinya ke makam Imam Syadzili, mereka mampir di sebuah Mushola untuk shalat jamak takdim. Seusai shalat, mereka mampir makan di warung makan sebelah Mushola. Saat menunggu pesanan makanan, si ibu pemilik warung tiba-tiba membawa sebotol aqua seraya meminta Mbah Moen untuk mendoakan air tersebut. 

Mbah moen lalu mempertanyakan siapa yang sakit, si ibu itu menjawab bahwa suaminya yang sedang sakit, setelah itu mbah moen di ajak si ibu tersebut ke tempat suaminya yang sedang sakit untuk di usapi dengan air doa itu. Walhasil ternyata Ajaib si suami tak lama kemudian terlihat pulih dan membaik lagi.
Sebagai rasa terima kasih si ibu, maka mbah moen di bebaskan dan tidak perlu membayar makanan yang sudah beliau pesan tadi. Tetapi mbah moen menolak dan tetap membayarnya sesuai harga  karena tujuan menolong mbah moen benar-benar ikhlas tanpa pamrih.
 

Wallahu’alamu bishowab, Sebenarnya masih banyak kisah karomah mbah moen yang belum terungkap, tetapi berhubung nanti tulisan ini kepanjangan kalian bisa cek deh di video kami di chanel youtube: Hidayah ilahi Official. Nah seperti itulah beberapa kisah 5 karomah dan Biografi KH. Maimeon Zubeir yang luar biasa. Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk kalian semua, dan semoga bisa menambah rasa mahabbah kita kepada para ‘Alim ulama amin. Terima kasih telah berkunjung. 

Wassalamu’alaikum wr.wb.



Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah 5 Karomah Kewalian KH. Maimun Zubair Lengkap dengan Biografinya || Kisah Karomah Wali dan Ulama"