Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Dasyatnya Sakaratul Maut Yang Mengerikan Menurut Alqur'an dan hadist - Kisah Inspiratif islami

  

Assalamualaikum sahabat hidayah ilahi, Kali ini saya mau menceritakan kisah Gambaran kengerian Sakaratul Maut. Semua manusia kelak pasti akan meninggal dunia pada waktu yang telah di takdirkan Allah SWT. Nah Pintu gerbang kematian itu disebut dengan sakaratul maut, dimana nantinya setiap ruh/ nyawa seseorang akan di cabut/ dicopot dari setiap jiwa yang hidup. 

Kematian merupakan perkara yang sangat menakutkan bagi umat manusia baik di dunia maupun di akhirat, sebab apa..? karena rasa sakitnya kematian melebihi luka geraji, melebihi panasnya air yang mendidih dan melebihi sesetan gergaji. Nabi Muhammad SAW saja sebagai Rasul, dahulu beliau juga mengeluh kepada Malaikat Jibril As akan pedihnya sakaratul maut. 

Tidak hanya itu saja, kalau saja ada mayit yang dibangkitkan dan mengkisahkan kondisinya kepada penduduk dunia, maka pastilah mereka akan gelisah hidupnya dan tak akan terlelap dalam malamnya. 

Ketika perisitwa itu, tidak ada lagi kenikmatan dunia yang dirasakan, semua harta jabatan pangkat tidak ada artinya sama sekali. Yang sangat berarti hanyalah iman dan amal kita. Mittahul jannah lailahaillah, kuncinya surga adalah Bersaksi tiada tuhan selain allah, olah sebab itu Kita juga disunahkan mentalqin& menuntun orang yang sedang naza’/ sekarat dengan mengucap lailahaillah.

 1 1. Tujuan Diciptakanya Umat Manusia Di Bumi

Perlu kalian mengerti bahwa sebenarnya tujuan diciptakanya manusia salah satunya adalah sebagai pemimpin bumi serta untuk beribadah kepada rabnya yakni Allah SWT, yaitu dengan selalu mentaati perintahnya dan mengingkari segala larangannya. Hal ini sebagaimana Firman Allah Dalam (Q.S. Adz Dzariyat:56)

 
Darisinilah hendaknya kita selalu beikhtiyar dan berusaha untuk selalu menambah serta meningkatkan iman serta ketaqwaan kita semua kepada Allah SWT, supaya kelak kita semua bisa memperoleh bekal amal banyak untuk perisapan kehidupan abadi di akhirat kelak. 
 
Tapi sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang lalai terhadap perintah rab dan rasulnya, mereka telah terjerumus ke lembah duniawi semata, mereka lebih betah ber happy happy, foya foya, berlomba-lomba mengejar pangkat, tahta, jabatan  dan kemewahan dunia.

2.  2. Gambaran Sakaratul Maut Menurut Al Qur’an

Saat Datangnya kematian pasti nantinya ruh akan tercopot dari jasadnya, kondisi saat itu sangat menyakitkan, penuh rasa nyeri, mabuk. Ini adalah rasa sakit paling menyakitkan yang dialami manusia di dunia. Maka tak heran banyak peristiwa itu paling ditakuti dan dihindari oleh semua makhluk, hal itu tertuang dalam alqur’an (QS Qaf : 19).

Manusia yang beriman maupun ahli maksiat, mereka sama-sama akan sama-sama merasakan keganasan maut itu, tetapiakan lebih dasyat ketika menimpa orang-orang ahli maksiat. Untuk orang-orang ahli maksiat nantinya akan didatangi malaikat yang buruk rupa serta tidak segan-segan memukul para makhluq dengan pukulan maut. Hal ini sebaimana firman Allah didalam (QS Al-An‘am :93).

Beratnya maut juga tergambar dalam pembicaraan singkat antara khalifah umar Bin khattab RA dan juga Ka’ab. Sang Khalifah bertanya kepada ka’ab ” Ka’ab, kisahkanlah kepadaku tentang seperti apa sakaratul maut itu”. Lalu ka’ab menjawab “ Wahai khalifah umar, kematian itu bagai pohon yang teramat banyak durinya lalu dimasukkanya ke dalam perut manusia. Satu duri menggenggam urat dari manusia itu, lalu ditariklah oleh laki-laki yang teramat kuat sekali. Hal ini menyebabkan terputusnya urat yang tersangkut di duri tersebut. Hanya yang tertinggal Cuma urat sisanya”.

Baca Juga:  Kisah Mengharukan Abu Qilabah Sahabat Rasulullah Yang Cacat 

Sakaratul maut tidak Cuma dialami orang-orang yang ahli maksiat saja akan tetapi nantinya juga dialami oleh orang-orang beriman. Ada sebuah kisah, dahulu saat ‘amr bin ‘ash sedang sakaratul maut, beliau pernah ditanya anaknya mengenaiki gambaran sakaratul maut. Kemudian setelah itu ‘amr bin ‘ash menimpali “ Wallahi, kedua sisi badanku sepertinya seakan-akan terasa  dihimpit-himpit. Nafas tubuhku seperti keluar dari sebuah celah jarum. Lalu seperti ada dahan pohon berduri ditarik semuanya mulai dari bawah telapak kaki hingga atas kepala saya” . 

Untuk orang-orang beriman janganlah khawatir terlebih dulu, karena kematianya orang-orang beriman pasti akan disambut para malaikat, hal ini sebagaimana riwayat hadis Rasulullah SAW.

Tidak lama kemudian, datanglah malaikat juru pati yang duduk didekat kepala para makhluk. Malaikat maut ini lalu berkata kepada ruh makhluk tersebut :

Ruh tersebut lantas tidak bisa menolak perintah malaikat tersebut. Ruh itu lalu mengalir keluar secara berlahan dari dalam jasadnya yang bisa diibaratkan seperti keluarnya air bersih dari wadah air.

Tetapi paling ringan sakaratul maut bagi orang-orang beriman masih dirasa lumayan berat. Ibnu malik berkata :

Adapun Peristiwa sakaratul maut orang-orang kafir sangatlah berat sekali, Orang-orang kafir jika akan mati maka turunlah malaikat azab dari arah langit. Muka malaikat itu berwarna hitam menakutkan. Malaikat itu membawa sebuah kain yang jelek dan juga kasar, kemudian malaikat itu duduk disebelah kepala makhluk. Malaikat maut lalu berkata: “ Hai manusia yang buruk, keluar kau menuju kemarahan dan kemurkaan Allah SWT” setelah itu maka ruh tersebut bergetar kuat dari jasadnya, lalu malaikat maut mencabut ruh itu seperti dicabutnya alat panggang dari bulu basah. Malaikat lalu mengambil dan menaruhnya di kain yang buruk dan kasar. Dari situlah keluar juga bau paling busuk yang pernah ditemui di dunia. Kalau Nyawa telah lepas, maka tertutuplah pintu-pintu taubat.

Naudzubillah Min Dzalik, Semoga kita semua kelak dimatikan Allah SWT dalam keadaan husnul Khotimah, diringankan ketika dalam kondisi sakaratul maut, dan dihindarkan dari Dasyatnya sakit ketika sekarat. Semoga setelah tercopotnya ruh kita, kita ditempatkan ditempat terbaik serta disambut para malaikat amin-amin yarobal alamin.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Dasyatnya Sakaratul Maut Yang Mengerikan Menurut Alqur'an dan hadist - Kisah Inspiratif islami"