Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Pembunuhan Khalifah Ali Bin Abi Thalib RA ditangan Pemberontak - Cerita Islami Sahabat Nabi dan Biografi Lengkap

 

BIOGRAFI DAN KISAH PEMBUNUHAN AMIRUL MUKMININ

Assalamu’alaikum sahabat Hidayah, Sayyidina Ali bin Abi Thalib merupakan satu dari beberapa sahabat yang masuk kategori Khulafaurrasidin, beliau berada pada urutan khalifah ke 4, beliau merupakan sahabat rasulullah yang memiliki banyak sekali kisah teladan dan akhlak terpuji yang menginspirasi. Namun sayang ternyata banyak yang belum mengetahui kisah dan sejarah perjuangan para sahabat ini, entah lupa atau memang tidak kenal dan belum pernah belajar tarikh/ ilmu sejarah islam. Ok disini mimin mau berbagi info tentang biografi lengkap dan kisah teladan dari sosok Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA dan kisah pembunuhan Sayyidina Ali bin abi thalib oleh pemberontak. 

1. Biografi Sayyidina Ali Bin Abi Thalib RA 

Sayyidina Ali bin Abi Thalib  adalah sepupu dari Nabi Muhammad SAW, Namun beliau juga masih tergolong menantu Sang rasul karena menikahi Sayyidah Fatimah Az-zahra (Putri Rasulullah SAW). Sayyidina Ali bin Abi Thalib  dilahirkan di kota suci Makkah tepatnya pada tanggal 13 Rajab 21 SH (Sebelum Hijriyah)/ 15 September 601 M, Sayyidina Ali Wafat di kota kufah pada bulan ramadhan tanggal 40 H/ bertepatan dengan 29 Januari 661 M, Jenazah beliau dimakamkan di komplek masjid Imam Ali di provinsi najaf Irak. 

Nama asli Sayyidina Ali adalah Assad bin Abi Thalib, Ayah beliau adalah Paman Rasulullah SAW. Secara bahasa Assad mempunyai arti SINGA, dimana Assad ( Sayyidina Ali) kelak diharapkan keluarga menajdi sosok/ tokoh yang disegani dan pemberani dilingkup bangsa Quraish. Lalu kemudian ayah assad memanggilnya dengan nama Ali yang memiliki filosofi makna Tinggi (maksudnya Tinggi derajatnya disisi Tuhan). 

Diurut dari sisi nasab/ keturunan Sayyidina di lahirkan dari Rahim Fatimah binti Assad, Asad sendiri adalah putra Hasyim, jadi dari silsilah ayah ibu Sayyidina Ali adalah keturunan dari Hasyim. Diwaktu kecil Sayyidina Ali pernah di asuh oleh Rasulullah SAW dan Sayyidah Khatidjah, hal ini sebagai wujud ucapan terima kasih atas jasa Abu thalib yang telah mengasuh sang Nabi mulai sejak anak-anak hingga tumbuh dewasa, dari ikatan inilah Sayyidina Ali lama hidup seatap bersama Rasulullah sejak kecil. 

Sayyidina Ali adalah orang yang pertama kali masuk islam dari kalangan anak-anak, beliau juga banyak mengenyam pendidikan/ belajar ilmu agama kepada Nabi Muhammad SAW sehingga membentuk dan menghantarkan Ali menjadi seorang yang cerdas, bijaksana dan pemberani. Sayyidina Ali juga banyak berjuang bersama rasulullah SAW untuk Li I’lai kalimatillah. Setalah dewasa dan umur sudah cukup untuk menikah, maka Sayyidina Ali menikahi Sayyidah Fatimah Az-Zahra yang dimana merupakan Putri rasulullah SAW. 

2. Kisah Peperangan Sayyidina Ali Bin Abi Thalib 

Dalam berjuangan/ jihad untuk menyebarkan agama islam dan melawan orang-orang kafir, Sayyidina Ali juga banyak terlibat dalam banyak sekali peperangan, mulai dari dari Badar, Perang Khaibar, Perang Khandaq dan banyak lainya. Jiwa semangat beliau dikobarkan demi tegakkanya Agama Allah SWT yang haq meskipun banyak sekali rintangan dan perlawanan dari orang-orang kafir dan munafiq. Namun hasil didikan dari Rasulullah SAW ini menjadikan Sayyidina Ali sebagai Pahlawan islam yang jasaanya sangat besar. 

Baca Juga: Kisah Inspiratif Abu Qilabah Al Jarmi 

 

3. Diangkat Menjadi Khalifah dan Tragedi Berdarah Menjelang Wafat. 

Sayyidina Ali dijuluki juga sebagai Babul Ilmi (Pintunya ilmu) karena beliau seorang yang cerdas, beliau juga sering dimintai jawaban oleh sahabat-sahabat lain jika mempunyai sebuah pertanyaan agama yang sulit di jawab. 

Sayyidina Ali diangkat menjadi pemimpin umat/ Khalifah ketika Rasulullah SAW, Khalifah Abu bakar, Khalifah Umar, dan Khalifah Ustman telah meninggal dunia. Semasa tonggak kepemimpinan khalifah berada di tanganya, beliau sering kali menghadapi tekanan dan cobaan. Perpecahan umat menjamur di antara umat islam, dimasa kepemimpinanya badai fitnah sangatlah besar hingga munculnya pemberontak yang ingin menggulingkan kekuasaannya. 

Banyak dari mereka yang menganggap Sayyidina Ali telah kafir karena tidak menggunakan hukum Syariat yang telah Allah berikan dan palah menggunakan hasil musyawarah. Hal inilah menimbulkan pemberontak terjadi dimana-mana, mereka menginginkan agar Amirul Mukminin itu mundur dari kursi kekhalifahan. 

Darisinilah lalu muncul seorang pemberontak Khawarij yang bernama Abdurrahman bin Muljam, dia lalu membuat rencana pembunuhan kepada Sayyidina Ali, Alhasil  aksinya tersebut lalu diselancarkan dan akhirnya berhasil membunuh sang Khalifah Amirul Mukminin, Sayyidina Ali bin Abi Thalib wafat pada tanggal 21 Ramadan  40 H bertepatan tanggal 29 Januari 661m, Tragedi ini menjadi Tragedi berdarah selanjutnya setelah terbunuhnya Ustman bin Affan. 

Sayyidina Ali tewas terbunu ditangan seorang Khawarij yang ahli Ibadah, rajin puasa, tahajud bahkan hafal alqur’an. Mungkin kita bertanya, lho kok bisa, seorang ahli ibadah & penghafal alquran tega membunuh sahabat nabi ini…?. Ya itulah dasyat dan bahanya fitnah, dimana sang pemberontak terlalu ngawur dalam menafsirkan ayat alqur’an seperti “ Barang siapa yang tak pakai hukum Allah maka dia dianggap Murtad/ Out dari Agama”.  ya seperti ini ni model orang pekok sok suci yang membangkitkan pertumpahan darah diantara umat. Maka hendaknya jangan sok suci dan jangan mudah mengkafirkan orang lain yang tak sefaham dengan kita. 

Demikianlah sedikit kilas sejarah, biografi dan kisah pembunuhan Sayyidina Ali bin Abi Thalib oleh pemberontak khawarij Abdurrahman bin muljam. Semoga informasi dan kisah ini bermanfaat untuk kita dan kalian semua, Semoga kisah ini bisa membangkitkan kecintaan kita kepada perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat, khalifah khususnya Khulafaurrasidin dalam menegakkan Agama islam yang kita cintai ini, Amin. Next untuk kalian yang suka video cerita islami yang inspiratif silahkan kunjungi chanel youtube kami: Hidayah Ilahi official. Terima kasih Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Pembunuhan Khalifah Ali Bin Abi Thalib RA ditangan Pemberontak - Cerita Islami Sahabat Nabi dan Biografi Lengkap"