Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Pembunuhan Khalifah Umar bin Khatab oleh Abu Lu'luah || Cerita Islami Sahabat Nabi dan Biografi Lengkap

Assalamualaikum Sahabat Hidayah. Sayyidina Umar bin Khattab RA adalah seorang sahabat Rasul yang hidupnya dipersembahkan untuk mengabdi, berdakwah, dan berjihad di jalan Allah SWT. Karena kehebatanya beliau dijuluki Rasulullah sebagai AL FARUQ yang memiliki arti seorang yang memiliki kemampuan untuk memutus keburukan dan kebenaran. Rasulullah juga pernah bersabda bahwa sahabat Umar adalah penghuni surga yang hidup di bumi. Beberapa kehebatan sayyidina Umar ini adalah beliau sangat di takuti para setan-setan sampai jalan bekas pijakan kaki Sahabat Umar setan itu tidak ada yang berani melewatinya.

Disamping itu Sayyidina Umar RA juga seorang yang hebat dalam militer islam terutama dalam melawan kezaliman para orang-orang kafir sehingga dakwah islam semakin menyebar. Beliau banyak sekali menaklukkan wilayah orang-orang kafir seperti suku abu lu’luah di iran. Namun karena kehebatan beliau ini, sayyidina Umar menjadi seorang yang banyak dimusuhi para kaum kafir. Hal ini dikarenakan banyak orang-orang majusi dipenjara dan di buat perbudakan. Dari kekalahan ini membuat orang orang iran berencana membunuh sayyidina Umar hingga wafat/ meninggal dunia. lalu seperti apa kisah Pembunuhan Sayyidina Umar bin Khattab RA yang menyedihkan ini…? Simak selengkapnya dibawah ini:


1. BIOGRAFI SAYYIDINA UMAR BIN KHATAB RA

Sahabat Umar berasal dari suku Quraish yang memiliki nama lengkap Umar Bin Khattab. Beliau dilahirkan pada tahun 584 M di makkah Al mukarromah, dan wafat pada tahun 644 M/ 26 Dzulhijjah 23 H Di Kota Madinah Almunawwarah. Lokasi makam beliau terletak di kompleks Masjid  Nabawi. Nama bapak Sahabat Umar adalah Khattab bin Nufail. Adapun nama ibunya bernama Hantamah binti Hisyam. Sahabat Umar juga terpilih menjadi salah satu Khulafaurrashidin.

Sebelum menjadi muslim, Sahabat Umar adalah seorang yang sangat dihormati dan disegani oleh Masyarakat Mekkah. Beliau juga dulunya tukang Mabok dan sering meminum anggur. Namun setelah masuk islam beliau tak pernah lagi mencoba meminumnya. Sebelum menjadi muallaf Sahabat Umar adalah seorang yang juga paling menentang dakwah Rasulullah SAW bahkan sering menyiksa para pemeluk islam. Tak segan segan pula beliau juga pernah berencana membunuh Rasulullah SAW namun tidak sempat. beliau tersadar dan memutuskan bertaubat dan masuk islam setelah mendengar bacaan alqur’an saudaranya. Akhirnya wasilah inilah menjadikan sahabat umar memperoleh hidayah.

Baca Juga:  Kisah Kelam dan Menyedihkan Wafatnya Khalifah Ali RA

 
2. KISAH PEMBUNUHAN SAYYIDINA UMAR BIN KHATTAB OLEH ABU LU’LUAH

Dahulu ketika Khalifah Umar menaklukkan wilayah orang-orang kafir majusi, beliau juga menahan orang2 itu dan dijadikan budak. Salah satu budak itu bernama Abu Lu’luah. Atas kekalahan ini orang orang kafir membuat siasat untuk membunuh sahabat umar. Majikan Abu Lu’luah bernama Sahabat Mughirah bin Syu’ban RA. , Abu lu’luah juga dikenal sebagai tukang pandai besi, ahli tukang dan ukur. Atas prestasinya ini Sahabat Mughirah meminta izin kepada khalifah umar Ra agar budak yang dia punya diperkerjakan di kota madinah.

Dimadinah abu lu’luah dipercaya untuk memproduksi senjata perang. Dari  sinilah timbuh nafsu setanya, abu lu’luah  lalu membuat pisau bermata 2 yang dilumuri racun untuk membunuh Khalifah Umar RA. Menurut sebagian riwayat, Khalifah Umar dibunuh ditusuk budak Abu lu’luah ini ketika sedang sholat subuh. Hal inilah yang menyebabkan khalifah umar terkena luka yang sangat parah. Karena saking parahnya luka yang timbul, akhirnya Sayyidina Umar wafat pada Tanggal 25 bulan Dzulhijjah tepat di akhir tahun 23 H/644 M. 
 
Masa kepempinan Sayyidina Umar sebagai khalifah adalah sepuluh tahun enam bulan empat hari. Sahabat Umar ini dimakamkan di kompleks masjid nabawi madinah berdekatan dengan makam Nabi Muhammad SAW dan Sahabat abu Bakar Ra. Wallahu a’lamu  bishowabi wal murodih. Nah itulah kisah Pembunuhan Khalifah Umar Bin Khatab oleh Abu Lu'luah yang sangat menyedihkan. Semoga kisah ini bermanfaat untuk kita semuanya amin. Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Pembunuhan Khalifah Umar bin Khatab oleh Abu Lu'luah || Cerita Islami Sahabat Nabi dan Biografi Lengkap"