Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Berpuasa Sebagai Ibadah Wajib Umat Islam Secara Medis dan Kesehatan || Berita Islam Hidayah Ilahi


Assalamu’alaikum sahabat Hidayah, Puasa merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara menahan segala hawa nafsu mulai dari lapar, haus dan berbagai emosi seperti marah. Tujuan puasa dalam islam sendiri adalah untuk meningkatkan ketaqwaan seorang umat muslim kepada sang pencipta sebagaimana yang telah disebutkan dalam Alquran. Apa saja manfaat berpuasa sebagai suatu bentuk ibadah bagi umat islam?

Tidak hanya mampu mendekatkan manusia kepada sang pencipta, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan loh. Mulai dari berkhasiat dalam menjaga berat badan sampai dengan fungsinya yang lebih spesifik yakni fungsi otak yang lebih baik. Apalagi manfaatnya? Nah, pada artikel ini kita akan membahas deretan manfaat puasa bagi kesehatan/ Medis. Yuk simak. 

1. Mengontrol Gula Darah 

Menurut berbagai penelitian yang dilakukan ternyata puasa dapat meningkatkan kontrol pada gula darah sehingga akan sangat berguna khususnya Anda yang sedang mengalami diabetes. Manfaatnya bisa menurunkan gula darah. Cara ini sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori yang bertujuan mengurangi resistensi insulin. 

2. Mencegah Peradangan 

Peradangan akut merupakan proses kekebalan yang normal dimanfaatkan untuk membantu dalam melawan infeksi serta peradangan yang kronis. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa puasa ini bisa memberikan pengaruh dalam mengurangi tingkat peradangan serta sekaligus meningkatkan kesehatan di dalam tubuh. 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Penyakit jantung telah dianggap sebagai salah satu penyebab utama kematian yang umum terjadi di seluruh dunia. Untuk mencegah resiko penyakit jantung, penting sekali untuk mengubah pola makan dan gaya hidup Anda. Nah, tahukah Anda menurut penelitian juga jika kita berpuasa dapat meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi kadar kolesterol jahat. 

4. Meningkatkan Fungsi Otak 

Siapa yang tahu bahwa sebenarnya berdasarkan sebuah studi, berpuasa bisa mempengaruhi kinerja otak yang lebih bagus. Penelitian dilakukan pada hewan yang ternyata mampu membentuk sel sel saraf yang akan membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif. Karena sebelumnya puasa disebut bisa mencegah peradangan, maka ini juga bermanfaat dalam mencegah gangguan neurodegeneratif.

Baca Juga:  Berikut Daftar Negara Pengan Populasi Muslim Terbesar Di Dunia


5. Menurunkan Berat Badan 

Berpuasa bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Biasanya seseorang akan mengurangi porsi makan atau bahkan jarang makan untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya, pola berpuasa bisa Anda terapkan untuk menurunkan berat badan dengan diimbangi pola hidup sehat lainnya. Puasa ini dilakukan dalam jangka pendek saja, sehingga manfaat yang akan didapat lebih baik tentunya.
Tapia da peran yang paling besar dalam berpuasa selain sisi medis/ kesehatan. Yaitu sebagai langkah untuk melawan hawa nafsu dan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Banyak sekali jenis puasa, Mulai dari Puasa Wajib ( Ramadhan), Puasa Senin Kamis, Puasa Yaumul nid ( Hari Putih), Puasa Daud, Puasa Sanah( Puasa 1 Tahun), puasa Nishfu Sya’ban, Puasa Bulan Dzulhijjah, Puasa Syawal, Puasa Muharram dan masih banyak lagi. 

Tentunya kita dalam berpuasa harus memperhatikan beberapa hal agar puasa kita tidak sia-sia dan tidak hanya dapat lapar dan haus saja, salah satunya adalah menghindari ghibah, berbohong, sumpah palsu dan masih banyak lagi.
Uraian diatas adalah informasi singkat yang membahas tentang kelebihan dalam hal kesehatan jika Anda melakukan puasa. Ternyata manfaatnya ada banyak sekali ya. Dengan mengetahui manfaat ini, Anda akan lebih semangat lagi untuk melakukan puasa, khususnya di bulan suci Ramadhan ataupun momen berpuasa yang lainnya. Semoga bermanfaat. 

Wassalamualaikum Wr.Wb

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk " Manfaat Berpuasa Sebagai Ibadah Wajib Umat Islam Secara Medis dan Kesehatan || Berita Islam Hidayah Ilahi"