Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal 7 Jenis Puasa dalam Islam Perlu diketahui || Berita Islam Hidayah Ilahi


Assalamualaikum Sahabat Hidayah. Dalam islam, ada beberapa jenis puasa yang perlu Anda ketahui selain bulan Ramadhan. Pada bulan atau hari hari tertentu, puasa dijalankan dengan maksud dan tujuan tertentu. Puasa sendiri merupakan kegiatan yang menahan segala hawa nafsu dari mulai matahari terbit sampai dengan tenggelamnya kembali. Sebagai umat muslim, Anda perlu tahu bahwa puasa tidak dilakukan di Bulan suci saja.

Beberapa orang sudah mengetahui macam macam puasa ini, namun sebagian besar orang masih belum mengetahuinya. Meskipun suatu jenis puasa tidak wajib dilakukan, alangkah lebih baik untuk mengetahuinya sebagai modal wawasan pengetahuan akan agama yang baik. Penasaran jenis puasa apa saja dalam islam yang wajib Anda ketahui? Mari simak ulasannya di bawah ini. 

1. Puasa Ramdhan 

Meskipun puasa Ramadhan sudah dikenal dan paling umum dari yang lainnya, kita perlu tetap mengulasnya sebagai puasa yang wajib selama sebulan penuh yang memiliki banyak arti. Bagi setiap umat muslim yang sudah dewasa atau baligh diwajibkan untuk menjalankannya. Kewajiban ini terdapat dalam kitab Alquran surat Al-baqarah ayat ke 183. 

2. Puasa Nazar 

Jenis puasa berikutnya adalah Puasa Nazar yang merupakan salah satu puasa wajib. Sesuai dengan namanya, nazar merupakan puasa karena sebuah janji. Sesuai bahwa Nazar dalam bahasa Indonesia berarti janji. Dengan demikian, puasa yang akan dinazarkan mempunyai hukum yang wajib untuk dilakukan.

Baca Juga:  Manfaat Puasa Menurut Medis dan Kesehatan

 
3. Puasa Denda atau kifarat 

Jenis puasa terakhir dari puasa wajib adalah puasa Denda atau Kifarat. Puasa dilakukan untuk menggantikan pelanggaran atau denda yang hujumnya wajib. Sebagai contohnya adalah untuk seseorang yang tidak melakukan puasa sebelumnya. Puasa ini juga memiliki tujuan untuk menghapus dosa yang sudah dilakukan. 

4. Puasa syawal 

Puasa sunnah yang perlu Anda ketahui adalah puasa syawal. Syawal ini sendiri merupakan nama bulan setelah Bulan suci Ramadhan. Puasa syawal dilakukan selama 6 hari selama bulan syawal. Puasa ini sendiri bisa dilakukan secara berurutan yakni dimulai pada hari kedua syawal ataupun bisa juga dilakukan secara tidak berurutan. 

5. Puasa Arafah 

Puasa Arafah merupakan puasa lainnya yang bersifat sunnah namun dianjurkan untuk Anda yang menganut agama muslim yang juga sedang tidak berhaji. Sedangkan untuk umat islam yang sedang berhaji tidak diutamakan untuk puasa pada hari arafah atau pada tanggal 9 Dzulhijjah. 

6. Puasa Senin Kamis 

Puasa Senin Kamis adalah puasa sunah yang dilakukan menurut hari yaitu hari senin dan kamis,, dahulu Rasulullah juga sering melakukan puasa ini. Hendaknya kita sebagai umatnya minimal bisa meniru dengan cara berlatih untuk mencoba puasa yang satu ini. 

7. Puasa Nishfu Sya’ban 

Puasa Nishfu Sya’ban adalah puasa yang dilakukan setiap pertengahan bulan Sya’ban/ Ruwah. Puasa setelah tanggal 15 wajib di gabung dengan puasa  ini karena puasa setelah tanggal 15 hukumnya haram menurutu madzhab Syafi’I karena termasuk Yaumu Sya’ (hari keraguan) kecuali ada sebab tertentu seperti Puasa Dahr ( Puasa Setahun), Puasa Qodho, Puasa Kifarat dll. Sebenarnya masih banyak Jenis-jenis puasa seperti Puasa, Muharram, Puasa Daud, Puasa Yaumul Bidh dan sebagainya. 

Inilah macam macam puasa yang ada dalam Islam sebagai suatu ibadah yang perlu Anda ketahui. Masing masing puasa memiliki sejarah dan keutamaan yang berbeda, tetapi tidak menghilangkan fungsi utama puasa tersebut. Puasa puasa sunah ini tidak kalah penting dari puasa Ramadhan sebagai ibadah yang penting. Semoga Anda bisa memahami dan menjalankan ibadah dengan baik.  Wassalamu’alaikum wr.wb.

 


Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Mengenal 7 Jenis Puasa dalam Islam Perlu diketahui || Berita Islam Hidayah Ilahi"