Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DAFTAR 9 MASJID TERTUA & BERSEJARAH DI INDONESIA || Info Hidayah Ilahi

 

Indonesia merupakan negara yang kebanyakan mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Bahkan tidak hanya dinegara Arabia saja tetapi Indonesia juda termasuk jumlah penduduk beragama islam terbanyak di dunia berdasarkan populasinya. Bahkan ada yang mengatakan agama islam masuk di indonesia sejak abad ke-7 dan ada pula yang mengatakan sejak abad ke-13 oleh para pedagang muslim dari Arab, India, dan Persia. 
Inilah sebabnya masjid banyak yang di bangun di nusantara dari dahulu hingga sekarang. Islam juda menjadi agama yang mengaruhi akulturasi budaya. Maka tak heran lagi jika di indonesia memiliki banyak masjid berusia tua. Berikut inilah masjid tua yang ada di indonesia :

1. Masjid Saka Tunggal

Masjid saka tunggal ini merupakan masjid tertua di provinsi Jawa Tengah di desa Cikakak kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Tiang Utama [ Saka Guru ] masjid ini mencatat tahun berdirinya, yaitu pada tahun 1288. Sebenarnya keterangan lengakap tentang berdirinya masjid ini tertulis dalam buku-buku yang di buat oleh kyai Mustholih yang juga pendiri masjid ini. Tetapi sayang buku ini sudah hilang entah kemana. 

2. Masjid Wapauwe 

Masjid Wapauwe ini adalah masjid tua yang ada di Maluku, bahkan menjadi bukti sejarah islam di Maluku dapa masa lampau. Menurut dari sejarah masjid ini di bangun pada tahun 1414. Di masjid ini juga terdapat Mushaf Al-Qur'an dan juga kabarnya termasuk tertua di indonesia. Al-Qur'an yang dimaksud adalah Mushaf Imam Muhammad Arikulapesy yang telah selesai ditulis pada tahun 1550 dan Mushaf Nur Cahaya yang selesai ditulis pada tahun 1590 dan tulisan Al-Qur'an tersebut juga tidak diberi hiasan pinggir.

3. Masjid Ampel

Masjid Ampel ini termasuk masjid tertua yang terletak di kelurahan Surabaya Jawa Timur. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421dengan berukuran 120 x 180 meter persegi. Ketika Sunan Ampel wafat pada tahun 1481 dan di makamkan di sebelah barat masjid ini. Masjid dan makam Sunan Ampel ini merupakan  bangunan tertua peninggalan sejarah di Surabaya. 

Masjid ini terdapat 16 tiang utama yang terbuat dari kayu jati yang masih berdiri kokoh sampai sekarang ini. Masjid Ampel ini sudah mengalami 3 kali perluasan pada tahun 1926, 1954, dan 1972. Di Surabaya sendiri bahkan bangunan ini sudah memenjadi salah satu objek wisata religi.

Baca Juga:  Mengungkap Masjid Terbesar Dan Megah Di seluruh indonesia 

4. Masjid Agung Demak

Masjid Agung  Demak merupakan masjid tertua di Demak Jawa Tengah masjid ini didirikan oleh Raden Patah, raja pertama kesultanan Demak pada tahun 1474. Masjid ini di percaya sebagai tempat berkumpulnya Walisongo yang menyebarkan agama isalm di pulau Jawa. Di lokasi masjid ini terdapat makam raja-raja  kesultanan Demak beserta para abdinya. Di tempat ini juga terdapat museum  yang berisi berbagai riwayat-riwayat Masjid Agung Demak.

5. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah adalah masjid tua yang ada di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Masjid ini didirikan oleh Sultan Suriansyah pada tahun 1526. Beliau adalah seorang raja pertama yang memeluk agama islam di Banjarmasin. Dari bangunan masjid ini memiliki model gaya tradisional Banjarmasin dengan atap tumpang tindih, di bagian mihrabnya yang memiliki atap terpisah dengan bangunan utama. Masjid tradisional ini memang sudah biasanya memiliki atap mihrab yang terpisah dengan bangunan utama atau dengan disebut Masjid Kuin.

6. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus adalah masjid tertua di Jawa Tengah. Yang sering disebut Masjid Al-Aqsa atau Masjid Al-Manar. Masjid ini didirikan oleh Sunan Kudus pada tahun 1459 dengan mengunakan batu pertama dari baitul Maqdis dari Palestina. Uniknya masjid ini perpanduan antara gaya Islam dan Hindu. 

Hal ini dilihat dari bentuk menaranya yang unik seprti bagunan candi. Sunan Kudus adalah sosok yang bijaksana dalam berdakwahnya dengan di sertai bijaksana beliu bisa beradaptasi dengan pribumi yang sudah kental denagan ajaran Hindu dam Budha. Dengan berdakwah islam bisa diterima dengan mudah oleh penduduk lokal. 

7. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten ini didirikan pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanudin sultan pertama dari kesultanan Banten, merupakan putra pertama dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1552-1570. Uniknya bentuk bagunan Masjid ini dari bentuk atap bangunanya yang tumpuk lima, mirip sekali dengan pagoda China, yang dibuat oleh arsitek China Tjek Ban Tjut. Masjid Banten ini memiliki menara yang tingginya 24 meter dan memiliki 83 buah anak tangga dan hanya memiliki satu lorong  yang hanya bisa dilewati cukup satu orang saja. 

Jika dilihat dari bentuk menara ini mirip sekali seperti bentuk bangunan mercusuar. Dan dulunya menara ini pernah untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata. Dan selain itu juga Anda bisa berkunjung kemenara ini sambil melihat pemadangan di sekitar masjid dan juga perairan lepas pantai.

8. Masjid Mantingan 

Masjid Mantingan merupakan masjid tertua yang terletak di Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Masjid ini didirikan pada tahun 1559 oleh Sultan Demak dan merupakan salah satu pusat aktivitas penyebaran agama Islam di pesisir utara pulau jawa. Di masjid ini terdapat makam Sunan Mantingan atau Sultan Hadlirin yang selalu di kunjuni oleh banyak orang terutama setiap tanggal 17 Rabiul  Awal, sehari sebelum peringatan Hari jadi Jepara. Bahkan makam Sunan Mantingan sampai saat ini masih dianggap sakral. 

9.  Masjid Al-Hilal Katangka

Masjid Al-Hilal merupakan salah satu masjid tua yang ada di Sulawesi Selatan. Masjid ini didirika pada tahun 1602. Namun beberapa sejarah merangkumkan informasi ini dan ada yang mengatakan bawasanya masjid ini dibangun pada awal abad ke-18. Masjid ini juga terkenal dengan sebutan Masjid Katangka karena bahan baku dasar pembuatan masjid ini diambil dari pohon katangka. 

Masjid ini dulunya adalah tempat kerajaan Gowa yang terletak disebelah utara makam Sultan Hasanudin. Bahkan dulunya tempat ini  berdirinya istana Tamalate atau istana Gowa saat itu. Di tempat ini terkenal terdapat sebuah jalan yang diyakini sebagai jalan raja dan keluarga istana saat menuju masjid. 

Itulah 9 masjid tertua yang ada di Indonesia yang masih kokoh sampai saat ini, dan masih ada benda benda peninggalan sejarahnya. Anda juga bisa mengunjunginya dengan keluarga saudara dan teman anda adalam berwisata religi.

Wassalamualaikum.wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "DAFTAR 9 MASJID TERTUA & BERSEJARAH DI INDONESIA || Info Hidayah Ilahi"