Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Full Kisah Pasukan Bergajah Abrahah Menyerang Ka'bah Dan Peristiwa Dasyat Sebelum Rasulullah Lahir || Hidayah Ilahi Official

Dahulu, Pada tahun Gajah (‘Am Fiil) Raja Abrahah dari yaman melakukan penyerangan menuju kota makkah untuk menghancurkan baitullah/ ka’bah. Perisitiwa itu terjadi sebelum Rasulullah SAW dilahirkan. Penyerangan itu melibatkan personil dan tentara Bergajah Abrahah yang super kuat.  Adapun sebab konflik itu berawal dari pemaksaan abrahah terhadap orang-orang arab untuk mengunjungi gereja Al-Qolis.

KISAH PASUKAN BERGAJAH ABRAHAH MENYERANG KA'BAH

Raja Abrahah dahulunya merupakan Perwira dibawah kepemerintahan Aryath yang berasal dari Habasyah/ negara Ethiopia kalau sekarang. Suatu waktu Pasukan Aryath berasil meruntuhkan dan mengambil alih kekuasaan kerajaan Himyar di Yaman. Atas kemenangan itu maka Diangkatlah Aryath menjadi Raja yaman dan mengambil seluruh wilayah dan roda kepemerintahan kerajaan.

Namun Dalam masa kepemimpinan Aryath ia bersikap dzolim, bengis dan tidak bersikap adil. Hal ini membuat banyak pihak marah. Oleh sebab itu muculah para pemberontak dibawah komando Abrahah yang ingin menggulingkan kekuasaan Aryath . Waslhasil Akhirnya Aryath berhasil dibunuh setelah 2 tahun menjabat sebagai penguasa. Setelah itu maka diangkatlah Abrahah sebagai Penguasa negeri yaman.

Setelah menjadi raja, Abrahah ingin sekali menggempur ka’bah. Pasalnya ia tidak suka melihat banyak orang-orang arab yang berbondong2 ke makkah untuk haji dan umroh. Disisi lain Abrahah adalah seorang pembela agama Kristen. Ia berusaha mencari cara agar bisa mengkristenkan orang-orang arab dengan menjadikan yaman sebagai Pusat Kekristenan. Jika abrahah bisa menkristenkan orang arab maka dia akan mudah untuk menguasai seluruh wilayah jazirah arab.

Abrahah kemudian  membangun Gereja Super Megah dan besar yang bernama Al Qalis, untuk menandingi bangunan Ka’bah. Bangunan itu berada di kota ma’rib. Material yang digunakan untuk mebangun gereja itu terbuat dari batu marmer dan granit. Abrahah banyak mempromosikan bangunan megah itu kepada orang-orang arab bahkan dia memaksa mereka untuk mengunjungi Alqalis agar mereka tidak lagi pergi ke ka’bah.

Baca Juga:  Kisah Tragedi Menakjubkan Jelang Rasulullah Lahir 

Namun sayang orang-orang arab tidak sudi meninggalkan tradisi berhaji dari nenek moyang mereka dulu dan menolak untuk mengu jungi Gereja AlQolis serta menjadi penganut Kristen. Hal ini didasari rasa hormatnya orang-orang arab terhadap ka’bah dan selalu mempertahankan agama dari nenek moyang mereka. Hal ini lalu membuat Abrahah sangat jengkel atas penolakan itu.

Dikisahkan dahulu ada seorang dari Bani Malik bin Kinanah yang mendatangi gereja Al-Qolis. Kemudian Orang itu eek dan buang air besar digereja itu. Dia melakukan itu sebagai rasa tak sudinya dia meninggalkan agama leluhur mereka dan menolak menjadi pemeluk agama Kristen. Hal ini akhirnya membuat Abrahah marah karena gerejanya dilecehkan.

Dikisahkan juga bahwa masyarakat Arab Adnan serta Qahthan sangat muak melihat tingkah Abrahah. Begitupula orang-orang quraish juga sangat benci kepada si Abrahah.  Karena sangat benci dan marah kepada abrahah mereka lalu berkunjung ke gereja itu untuk merusak dan menghancurkanya. Ketika Mendengar gereja kesayangnya di rusak, maka abrahah marah dan bersumpah akan balas dendam dengan menghancurkan ka’bah

Akibat pelecehan itu Abrahah berjanji akan membalas dendam dan akan menggempur dan menghancurkan ka’bah. Sebenarnya tujuan utama abrahah bukanlah untuk balas dendam. Melainkan adanya rasa dengki abrahah kepada orang-orang makkah  yang telah banyak memperoleh   keuntungan dan kemulian sebab banyaknya visitor yang datang ke baitullah.

Kemudian berangkatlah Abrahah beserta tentaranya untuk menyerang ka’bah. Mereka berangkat ke kota makkah dengan membawa pasukan bergajah yang sangat kuat.  Namun Allah berkehendak lain. Gajah gajah yang abrahah bawa tiba-tiba mogok dan berhenti ditengah perjalanan  Atas kehendak Allah SWT. Hal ini membuat pasukan panic dan terheran-heran atas kejadian aneh ini.

Tidak berselang lama, kemudian Allah mengutus banyak sekali gerombolan burung ababil . Burung-burung itu datang dari segala penjuru dengan membawa batu-batu yang panas dari neraka. Kemudian dilemparlah batu-batu panas itu ke kepala para pasukan gajah abrahah.  Mereka kemudian ada yang tewas dan ada yang terluka sangat parah. Hal ini menjadi peristiwa dasyat yang sangat mengrikan sekali.

Sosok yang utama yaitu Raja Abrahahpun juga mengalami nasib yang mengenaskan dengan luka yang sangat parah. Daging pada tubuhnya banyak yang rontok ketika terkena hempasan batu batu panas itu. Tragisnya lagi jari jemari abrahah lepas dari badanya. Kendati demikian Raja Abrahah berhasil selamat, namun dia akhirnya meninggal dunia setelah mengabarkan peristiwa dasyat itu kepada rakyatnya.

Itulah balasan Allah SWT untuk orang-orang kafir yang mengingkari-NYA dan yang ingin menyerang menghancurkan rumah Allah yang mulia yaitu ka'bah. Atas kehendak Allah pasukan bergajah abrahahpun akhirnya lenyap.  Peristiwa ini diabadikan didalam kitab suci alqur’an Surat al-fiil. Disamping  itu masih banyak sekali kejadian aneh dan periistiwa dasyta lainya yang datang menjelang kelahiran Baginda Mulia Nabi Muhammad SAW. 

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Full Kisah Pasukan Bergajah Abrahah Menyerang Ka'bah Dan Peristiwa Dasyat Sebelum Rasulullah Lahir || Hidayah Ilahi Official"