Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

INI 7 DAFTAR MASJID TERBESAR DAN TERMEGAH DI INDONESIA YANG PERLU KALIAN KETAHUI || INFO HIDAYAH ILAHI



 

Negara Indonesia merupakan satu-satunya negara di asia bahkan dunia dengan mayoritas warganya yang mantap menjadi pemeluk agama islam. Dari sini saja kita tidak heran lagi,  jika di Indonesia kita dapat menemukan masjid dengan begitu mudah di setiap tempat baik perkotaan maupun di pedesaan. tentunya kemudahan ini membuat kita dengan mudahnya bisa sholat dimana saja tempat kapanpun sesuai keinginan. Berikut List Nama nama Masjid Raya Megah terbesar di indonesia beserta penjelasanya:

1. Masjid Istiqlal Jakarta 

Masjid istiqlal adalah satu-satunya masjid paling besar nan megah di Indonesia bahkan asia tenggara juga lho. Coba yuk kita lihat dari kilas bangunanya. Masjid ini memang campak besar megah dan indah. kapasitas masjid raya ini bisa menampung jamaah dalam jumlah yang cukup dibilang banyak sekali. Masjid ini pertama kalinya diresmikan oleh presiden pertama kita yakni Presiden Ir. Soekarno  tepatnya di tanggal 24 agustus 1951M. 

Masjid ini punya gaya arsitektural yang nampak mewah bila dipandang dari jarak dekat maupun jauh. Masjid ini juga punya model semi View modern, Lantai dan dindingnya saja dilapisi marmer, mantaps ya. Di sini, Anda juga bisa melihat menara dengan ketinggian lebih dari sembilan puluh lima meter. Dan uniknya lagi  masjid ini bisa menampung  jamaah hingga dua ratus ribu. Jika anda tertarik bisa mengujunginya ke kawasan bekas taman Wilhelmina di jakarta ini ya.

2. Masjid Raya Baiturrahman Nanggro Aceh Darusalam  

Masjid ini termasuk masjid terbesar dan termegah yang ada di Indonesia, bahkan masjid ini sendiri di bangun pada tahun 1973 pada masa kesultanan Aceh. Masjid ini memiliki luas bagunan 4.760 meter persegi dan bisa menampung 90 ribu jamaah. Menurut sejarah masjid ini bahkan pernah dibakar oleh kolonial Belanda pada tahun 1973. 

Hal ini lah yang memicu kemarahan masyarakat Aceh pada saat itu, dan akhirnya dibangun lagi masjid tersebut. Dan uniknya lagi dari arsitektur dari masjid ini sendiri dengan bergaya Moghul india. Dan selain itu juga masjid ini sudah beberapa kali banyak mengalami perluasan, dan terkenalnya lagi masjid ini di juluki masjid serambi mekah.

3. Masjid Dian Al Mahri Depok 

Masjid ini lebih dikenal lagi dengan sebutan Masjid Kubah Emas. Kenapa di sebut kubah emas? karena dari keindahan kubahnya yang berwarna emas yang membuat masjid ini terlihat indah dan megah. Lebih uniknya lagi  kubah masjid ini bahkan dilapisi dengan emas setebal kurang lebihnya 35 mm dengan mozaik kristal. Bahkan masjid ini bisa menampung  hingga 20 ribu jamaah. Bahkan kubah utama juga di lengkapi dengan empat kubah kecil, dan beberapa kaligrafi unik  yang bisa ada temukan disini. 

4. Masjid Al-Akbar Surabaya 

Masjid Al-Akbar ini sudah termasuk daftar masjid terbesar dan termegah di Indonesia yang biasa di sebut masjid agung surabaya. Masjid ini di bangun pada tahun 1995 dengan menempati tahah seluas 23 ribu meter persegi. Bahkan masjid ini juga memiliki model berupa kubah yang besar berwarna biru dan menara yang tingginya mencapai 99 meter.

Baca Juga: INILAH 6 DAFTAR PONDOK PESANTREN TERBESAR DAN TERBAIK DI INDONESIA 

5. Masjid Islamic Centre Samarinda

Indonesia juga memiliki masjid yang besar dan megah yaitu di daerah samarinda yang di sebut masjid islamic centre, bahkan masjid ini termasuk masjid terbesar nomer 2 yang ada di asia tenggara dengan luas  43.500 meter persegi. Masjid ini juga memiliki 7 menara yang berdiri tegak dengan ketinggian sekitar 98 meter. Dari bangunan ini disetiap dinding di lengkapi dengan lafadz asmaul husna yang begitu bagus dengan menggunakan batu granit. Jika dilihat, kubah dari masjid ini mirip sekali dengan Haghia sophia yang ada di Istanbul.

6. Masjid Agung An-Nur Pekan Baru

Masjid Agung An-Nur ini di bagun pada tahun 1963 arsitektur masjid ini dirancang oleh Ir. Roseno bahkan masjid ini memiliki luas 400 X 200 meter persegi. Bahkan masjid ini bisa menampung 4.500 jamaah. Masjid ini sagat megah memiliki tiga tingkat masing-masing juga dilengkapi dengan tempat shalat, kantor dan ruang pertemuan. Masjid ini memiliki tiga buah tangga,  satu tangga bagian depan dua tangga di bagian samping.

7. Masjid Raya Makasar

Masjid Raya Makasar ini termasuk masjid terbesar kedua yang ada di Sulawesi Selatan. Masjid ini menempati tanah seluas 13.912 meter persegi, di bagun pada tahun 1948 dan mampu menampung sekitar 60 ribu jamaah. Bahkan tidak hanya kemegahan dan luasnya halaman saja, tetapi ada yang menjadi daya tarik dari masjid ini yaitu sebuah Al-Qur'an raksasa dengan berat 584 kilogram dan ukuran 1m x 1,5 m.

Itulah tadi 7 daftar masjid terbesar dan termegah di indoneia. Mungkin bagi Anda yang tinggal di daerah-daerah tersebut dan belum sempat berkunjung, yuk Anda coba berkunjung kesana dengan keluarga/bersama temen Anda. semoga dapat menjadi referensi Anda dalam berwisata religi. Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk " INI 7 DAFTAR MASJID TERBESAR DAN TERMEGAH DI INDONESIA YANG PERLU KALIAN KETAHUI || INFO HIDAYAH ILAHI"