Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KEREN!! INI 6 DAFTAR PONDOK PESANTREN TERBESAR DAN TERBAIK DI INDONESIA || Info Hidayah Ilahi Official

 

Pesantren merupakan lembaga pendidikan untuk memperdalam ilmu agama islam. Lembaga Basis Pesantren telah berkembang turun-temurun di Indonesia jauh sebelum kemerdekaan bangsa ini. Awal mula munculnya pondasi pesantren ditanah air kita ini dimulai saat penyebaran agama islam oleh para imam/ ulama/ wali yang berdakwah di indonesia. Salah Satu tokoh yang cukup familier jasanya adalah Pawa Wali sembilan (Walisongo). Pondok pesantren kini sudah berkembang luas hampir di penjuru nusantara Khususnya di negara Indonesia, dari perkotaan hingga sampai ujung plosok, dari mulai yang kecil hingga yang besar bahkan ada yang masuk kriteria terbaik. 

Saat ini pesantren sudah banyak sekali  yang tidak hanya fokus mengajarkan pendidikan islam saja tetapi mengajarkan ilmu pendidikan sekolah/ilmu keduniaan yang lebih dikenalnya pondok pesantren Modern. Lembaga pendidikan ini bisa dijadikan pilihan anda untuk putra dan putri anda. 

Terlebih dengan melihat kondisi zaman yang sudah ruwet seperti saat ini, Melihat pergaulan-pergaulan yang begitu bebas. Nah lalu kapan lagi kalau tidak sekarang untuk mendidik putra dan putri ada agar mengerti tentang ilmu pendidikan islam dan ilmu keduniaan. Sudah banyak sekali contoh lulusan pesantren yang menjadi tokoh penting di indonesia ini salah satunya seperti: K.H. Abdurrahman Wahid, K.H. Hasyim Muzadi dan masih banyak tokoh-tokoh ulama yang lainya.   

Nah berikut ini pondok pesantren terbaik dan terbesar di indonesia, sudah terbukti keilmuanya juga yang terbaik, dengan dilihat dari lulusan pendidikanya yang sudah benar-benar mumpuni dari keilmuanya dan pendidikanya :

1. Pondok Pesantren Modern Gontor

Pondok pesantren Gontor ini adalah salah satu model pondok pesantren modern yang ada di Indonesia. Nah pondok yang satu ini sudah mempunyai alumni lulusan pondok yang begitu banyak dan sudah menjadi orang penting yang terjun di masyarakat. Pondok pesantren ini terletak di Ponorogo Jawa timur.

Pesantren ini telah didirikan oleh 3 tokoh kiyai yang masih saudara semuanya putra dari Kiyai Santoso Anom Besari, yaitu K.H Ahmad sahal, K.H Zainudin Fananie, dan K.H Imam Zarkasy. Pondok pesantren Gontor ini sudah menjadi pelopor modernisasi sistem pendidikan yang dipakai pondok pesantren selama ini. 

Dan kesuksesanya menjadi daya tarik bagi pesantren laninya, trutama pondok pesantren yang didirikan oleh para Alumninya. Pondok ini memberi peraturan yang ketat dalam hal sikap disiplin para santri. Pondok ini juga menerapkan pembiasaan dengan Berbahasa Inggris dan Bahasa Arab dalam keseharian. Dan uniknya lagi Bahasa tersebut menjadi ciri khas pondok pesantren ini.

2. Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok lirboyo termasuk salah satu pondok pesantren terbesar yang ada di Indonesia, yang telah didirikan oleh Kiyai Abdul karim sebelum kemerdekaan Indonesia yakni pada 1910. Bahkan pesantren ini ikut andil dalam peperangan 10 November 1945 di Surabaya yang sudah di tetapkan yang di sebut Hari pahlawan Nasional. 

Pesantren ini juga  tidak kalah dari pondok yang lain, dari santrinya yang banyak pondok ini memiliki bebagai ragam pendidikan yang mumpuni dan bisa dihandalkan juga loh. Nah pondok pesantren ini  tepatnya terletak di Lirboyo kecamatan Mojokerto Kediri. Nah model pondok pesantren  yang satu ini pendidikanya yaitu salaf dan modern.

Baca Juga:  Mengetahui Lima Negara Dengan Mayoritas Agama Islam Terbesar

3. Pondok  Pesantren Nurul Jahid Probolinggo 

Pondok pesantren nurul jahid ini termasuk pondok yang didirikan 5 tahun sesudah kemerdekaan Negara Indonesia tepatnya pada tahun 1950 M. Yang didirikan oleh seorang tokoh ulama yaitu KH. Zaini Munim. Yang lokasinya ada di desa Karanganyar Kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo Jawa timur.

Pada awal kedatangan KH. Zaini Munim lokasi pondok pesantren ini awalnya bukan untuk didirikan pondok pesantren, tapi untuk mengasingkan diri dari kekejaman kolonial belanda. Namun karena K.H Zaini Munim setelah mendapatkan isyarah dari KH. Hasan sepuh Genggong. Maka berdirilah pondok pesantren nurul jahid ini.

4. Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pondok pesantren langitan tuban ini termasuk salah satu pondok pesantren terkenal denga Nasyidnya bahkan pernah  populer di Indonesia. yang didirikan pada tahun 1982 M. Lokasinya ada di Desa Widang  Kecamatan Widang Tuban Jawa timur. pimpinan pondok pesantren ini adalah Kiyai Abdullah Faqih termasuk ulama yang terkenal di Indonesia. Walaupun pondok pesantren ini berada dipedesaan tpi jangan salah, pondok pesantren ini menempati luas areal sekitar 8 Hektar, walaupun berada dipedesaan tetapi pondok pesantren ini mudah sekali dijangkau melalui kendaraan umum. 

Awalnya pondok pesantren langitan ini hanya menempati mushala kecil yang diasuh oleh KH. Muhammad Nur, karena beliau mengajak keluarga besar-Nya dan masyarakat sekitar-Nya bersepakat kuat dan teguh saling mendukung saling bekerjasama, ahirnya tumbuh pesat sampai saat ini. Nah yang uniknya lagi dari kata langitan di ambil dari kata ''plang'' dan '' wetan'', plang artinya papan nama sedangkan wetan adalan artinya Timur pulau jawa.

5. Pondok Pesantren Tebuireng 

Pondok pesantren tebuireng merupakan pondok pesantren terbesar yang ada di wilayah Jombang Jawa timur. Pondok pesantren ini merupakan pusat pertama didirikanya Nahdhatul Ulama [ NU ]  pada tahun 1988 M. Oleh KH. Hasim Asy'ari kakek dari KH. Aburrahman Wahid [ Gus Dur ] ini termasuk tokoh ulama besar yang kharismatik dan disegani. Nah pondok pesantren ini sudah banyak sekali memberikan kontribusi kepada masyarakat yang sangat luas dibidang pendidikan. Bahkan alumninya sudah tersebar sampai diseluruh pelosok negeri.

6. Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang

Siapa sih yang tidak kenal pondok pesantren yang satu ini.  pondok pesantren Al-Anwar adalah pondok pesantren yang terletak di Jawa tengah yang didirikan pada tahun 1967 M Oleh KH. Maimun Zubair. Namun pada awalnya pondok pesantren ini sebenarnya merupakan sebuah kajian biasa yang didirikan oleh KH. Zubair Dahlan dan KH. Ahmad Syuaid. Pada awalnya mengkaji biasa hanya didirikan di mushala biasa saja. 

Dengan perjuangan mengkaji di sertai hati yang tulus dan kerjasama dengan sungguh-sungguh terhadap masyarakat sekitarnya, maka jadilah bagunan 3 komplek yaitu koplek 1.2.3. Langkah selanjutnya pembangunan mulai berlanjut hingga akhirnya dijadikan Ponpes Al-Anwar oleh KH. Maimoen Zubeir. Dari segi pendidikanya yang masih   digunakan yaitu mendalami kajian saja yang disebut dengan salafiya.

Itulah tadi 6 pondok pesantren terbaik dan terbesar di Indonesia. Bahkan bukan itu saja masih banyak pondok pesantren yang lainya yang belum kami cantumkan. Nah yang terpenting tidak usah melihat dari segi besar/bagusnya pesantren saja karena semua pondok pesantren itu sama saja yang intinya mencari ilmu/Belajar. walaupun pondok mau milih yang bagus/besar dan mewah tetapi malas Belajar dan akhirnya cuma menghabiskan uang itu sama saja BOHONG. 

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "KEREN!! INI 6 DAFTAR PONDOK PESANTREN TERBESAR DAN TERBAIK DI INDONESIA || Info Hidayah Ilahi Official"