Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MENGETAHUI DAFTAR 8 MASJID TERBESAR DAN TERINDAH DIDUNIA, SALAH SATUNYA ADA DI INDONESIA || Info Hidayah Ilahi

Masjid adalah sebuah tempat peribadatan umat agama Islam untuk mendekatkan diri kepada tuhanya, dan tentunya  sangat diagungkan seperti tempat peribadatan umat agama yang lainya. Sebagi tempat yang suci, masjid juga tentunya memiliki cerita sejarah dan keindahanya masing-masing. Berikut ini adalah 8 Masjid terbesar dan terindah di dunia:

1. Masjid Al-Haram Mekah Arab Saudi 

Masjid Al-Haram adalah masjid terbesar dan terindah pertama di dunia. Masjid ini pusat tempat  berkumpulnya umat islam di seluruh dunia, yang terletak di kota Mekah Arab Saudi. Masjid Al-Haram [ Masjidil Haram ] ini memiliki seluas 4.008.020 meter persegi [ 990,40 hektar ] bahkan mampu  menampung hingga 4000.000.00 jamaah bahkan bisa lebih selama musim Haji. Masjid ini bahkan sering kali memperluas area agar bisa lebih banyak untuk menampung umat islam di seluruh dunia ketika musim Haji. 

Masjid ini juga memiliki bangunan didalamnya yang sangat mulia yaitu ''Ka'bah '' yang merupakan arah kiblat shalat bagi umat islam didunia. Masjid Al-Haram ini bahkan tidak pernah sepih selama 24 jam. Karena tempat selalu dipenuhi umat islam yang melakukan ibadah baik itu shalat maupun tawaf. Bahkan masjid ini punya keunikan sendiri yaitu tidak dipisahkanya antara jamaah pria dan wanita dalam beribadah, di bandingkan masjid yang lain.

2. Masjid Al-Nabawi Madinah 

Masjid Al-Nabawi ini merupakan masjid terbesar dan terindah kedua didunia yang ada di kota Madinah Arab Saudi. Masjid ini juga memiliki sejarah yang penting bagi umat islam didunia yaitu makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat seprti Abu Bakar dan Umar bin Khatab. Masjid ini juga terdapat Raudhah yaitu antra mimbar Nabi Muhammad SAW dengan makam Nabi Muhammad SAW yang sangat musthazab. Masjid ini juga tidak pernah sepih selama 24 jam karena selalu di penuhi umat islam yang melakukan beribadah di Masjid Nabawi ini.

3. Masjid Al-Aqsa Palestina

Di Palestina juga terdapat Masjid Al-Aqsa yang merupan masjid yang suci bagi umat islam setelah Masjid Al-Haram dan Masjid Al-Nabawi yang ada di Arab Saudi. Masjid Al-qsa yang hanya bisa menampung hingga 5000 jamaah, bahkan diyakini sebagai tempat yang sangat ''Sakral '' bagi umat islam didunia. Karena masjid inilah tempat terjadinya peristiwa Isra' Mi'raj Nabi muhammad SAW. Isra' Mi'raj adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha. Di dalam masjid ini juga terdapat Kubah Batu yang juga di sebut Al-Haram As-Sharif.

4. Masjid Imam Reza, Iran

Masjid Imam Reza merupakan masjid besar dan indah. Masjid ini terletak di wilayah Mashad Iran. Masjid Imam Reza merupakan masjid terbesar didunia. Masjid ini memiliki luas mencapai 598.657 meter persegi. Bahkan di masjid ini terdapat makam Imam Reza, Imam Syiah Imamiyah kedelapan. Di dalam masjid juga terdapat komplek tempat museum, perpustakaan , tempat seminari, makam, dan tempat lainya. dengan megahnya bagunan masjid ini sering dijadikan pusat pariwisata di Iran.

Baca Juga:  BACA JUGA: DAFTAR 9 MASJID TERTUA & BERSEJARAH DI INDONESIA 

5. Masjid Faisal, Pakistan 

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Asia Selatan yang terletak di ibu kota Nasional Islamabad  Pakistan, yang di bangun pada tahun 1986 M.  Untuk Nama Masjid Faisal ini sendiri tuh diberikan secara khusus oleh Raja Faisal bin Abdul Aziz  Yaitu Raja dari kerajaan Arab Saudi. Sang Raja ini juga turut mendukung dan turut ikut andil dalam membiayai proyek Masjid Nasional ini. Masjid ini juga uniknya memiliki empat menara yang tingginya masing-masing dengan ketinggian 98 meter. Masjid juga menjadi pusat tempat berkumpulnya umat islam di Pakistan.

6. Masjid Badshahi Lahore Pakistan 

Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Pakistan yang menjadi daya tarik umat islam di Pakistan. Masjid Badshahi ini bahkan bisa menampung hingga 10.000 jamaah, dan Masjid yang besar dan indah ini juga memiliki keunikan dari bagunanya yaitu mempuyai kubah tiga yang besar diatasnya dan memiliki empat menara yang mengeliling kubah tiga tersebut. Bahkan masjid ini menjadi salah satu daya tari tempat berkunjunya wisatawan lokal.

7. Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal ini memang yang harus kita banggakan karena negara Indonesia juga memiliki sebuah masjid yang terbesar di Asia Tenggara yang terletak di ibu kota jakarta. Dengan dilihat dari bangunanya masjid ini juga bisa menampung hingga 200000 jamaah. Dan masjid ini di bangun pada 1951 memiliki seluas 598,657 meter persegi dengan model yang begitu unik dan megah. 

Masjid ini juga memiliki menara yang tingginya mencapai 99 meter, yang mampu memperlihatkan pemandangan di sekitar lokasi masjid dan mampu memperlihat indahnya pemadangan di sekitar ibu kota jakarta. Tidak hanya itu saja bahkan masjid ini juga menjadi kebanggaan dan daya tarik masyarakyat indonesia.

8. Masjid Jahan-Numa India

Idia juga memiliki masjid besar dan megah yaitu Masjid Jahan-Numa yang berdiri pada masa pemeritahan kaisar Mughal Shah Jahan, pada tahun1650-1656 yang terletak di kota Delhi India. Masjid ini juga mampu menampung hingga 25000 jamaah. 

Meski India terbilang terkenal dengan lahirnya agama Hindu, tetapi di India juga memiliki umat Islam yang cukup banyak. Masjid ini juga memiliki beberapa peninggalan yang antik yaitu sebuah Al-qur'an yang ditulis pada kulit rusa yang letaknya di dalam lemari gerbang utara masjid.

Itulah 8 masjid terbesar dan terindah didunia yang tentunya memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri yang harus kita ketahui. Dan tentu saja anda juga bisa berkunjung dan bisa melihat lebih nyata apa yang ada disana. Semoga bermanfaat. 

wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "MENGETAHUI DAFTAR 8 MASJID TERBESAR DAN TERINDAH DIDUNIA, SALAH SATUNYA ADA DI INDONESIA || Info Hidayah Ilahi"