Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peristiwa Dasyat Sebelum Raslulullah Dilahirkan dan Ini Penyebab Sang Ayah Meninggal Dunia


Seorang Rasul memang banyak diberi sebuah ujian dan cobaan. Namun bukan berarti Allah SWT tidak sayang, melainkan sangat mencintai para kekasihnya. Didalam keluarga rasulullah juga tidak lepas dari yang namanya ujian dan cobaan. Salah satu ujian beliau sebelum lahir adalah beliau harus rela ditinggal wafat sang ayah yaitu Sayyid Abdullah bin Abdul Muthalib. Peristiwa menyedihkan ini tentu menggoreskan kesedihan dihati sang istri siti aminah. Termasuk Rasulullah harus rela terlahir sebagai seorang yatim dan belum pernah memandang wajah sang ayah selama hidup….Masya Allah. Adapun kisah meninggalnya Abdullah bin Abdul Muthalib adalah sebagai berikut:

 KRONOLOGI WAFATNYA ABDULLAH BIN ABDUL MUTHALIB

Dahulu Abdullah menikah dengan siti aminah ketika berusia 24 tahun. Usia ini masih cukup dibilang masih muda. Pernikahan mereka terjadi setelah peristiwa penyembelihan abdullah yang akhirnya ditebus dengan 100 ekor unta. Dari pernikahan ini siti aminah akhirnya mengandung buah hati mereka yaitu Rasulullah SAW.  

Suatu hari saat aminah masih tengah mengandung. Abdullah meninggalkan istrinya yang tengah mengandung untuk pergi ke syam guna melakukan perjalanan dagang.  Dalam perjalanan itu abdullah juga membawa kafilah-kafilah rombongan dagang quraish. Karena itulah siti aminah akhirnya menjaga buah hatinya tanpa didampingi sang suami. 

Pada saat didalam perjalanan, abdullah mengalami sakit. Kemudian beliau memutuskan untuk kembali. Dalam perjalanan kembali beliau memutuskan singgah di kota yastrib untuk beristirahat. Sakit yang menyerang beliau semakin hari semakin parah. Beliau terbaring sakit sekitar kurang lebih 1 bulan lamannya.

Kemudian saat abdullah masih terbaring sakit di kota yastrib/ madinah, para rombongan dagang memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju kota mekah untuk mengabarkan kepada pihak keluarga tentang kondisi abdullah yang kian lama kian kritis akibat sakit yang masih dialaminya.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif Penyembelihan Abdullah Bin Abdul Muthalib 

Setelah sampai di kota makah para kafilah pedagang kemudian menuju kerumah keluarga abdullah. Kemudian mereka memberitahukan tentang keadaan Sayyid abdullah yang sekarang tengah sakit-sakitan di kota yastrib. lalu sesudah mengetahui kondisi sakitnya Abdullah, Sang Ayah yaitu Abdul Muthalib kemudian menyuruh harits (Putra tertua) untuk pergi ke yastrib guna mengecek kondisi Abdullah saat ini.

Sesuai perintah dari sang ayah, Kemudian berangkatlah harits/ sang kakak abdullah untuk menjenguk adiknya di kota yastrib. Sesampainya dikota yastrib maka harits segera mengunjungi tempat dimana abdullah sakit. Namun sayang ternyata abdullah didapati telah meninggal dunia. cobaain ini sungguh membuat hati siti aminah sedih kehilangan suami yang dicintainya sehingga membuat Rasululah menjadi Anak yatim yang belum pernah melihat wajah sang ayah.

Sayydi Abdullah wafat ketika berumur 25 tahun. Abdullah meninggalkan warisan budak yang memiliki nama ummu aiman. Beliau juga mewariskan pedang tua, uang, lima ekor unta, sekelompok kambing untuk keluraganya. Beliau hanya memiliki seorang putra saja yaitu hanya Rasulullah SAW. Jenazah Abdullah bin abdul muthalib dikebumikan di kota yastrib/ madinah sekarang. Lokasi makamnya berada di sebuah rumah yang diberi nama Dar al-Nabghah.  

Dikisahkan ketika siti aminah sedang mengandung Rasulullah, beliau pernah bermimpi didatangi sesosok orang yang berkata “ Sungguh kamu mengandung pemimpin umat ini. Jika kelak kamu melahirkannya, maka ucpakanlah “ Aku meminta perlindungan untuknya kepada Allah yang maha esa dari segala keburukan para pendingki” dan beri nama dia Muhammad “.

Banyak sekali Peristiwa aneh dan Dasyat yang menyelimuti Siti Aminah yang tengah mengandung. Diantara ketika beliau mengandung Rasulullah, beliau melihat seberkah sinar yang keluar dari perutnya. Peristiwa ini sungguh menakjubkan. Pasalnya akibat sinar-sinar yang memancar itu, beliau bisa melihat dan memandang istana-istana Busra yang berada di syam. Subhanallah.....Tidak hanya itu saja, masih banyak peristiwa-peristiwa aneh yang menakjubkan menjelang kelahiran sang Rasul Mulia Nabi Muhammad SAW. Maka Tunggu kisah-kisah selanjutnya di website ini ya. Wallahu a’lamu bishowab. Wassalamu’alaikum wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Peristiwa Dasyat Sebelum Raslulullah Dilahirkan dan Ini Penyebab Sang Ayah Meninggal Dunia"