Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 TEMPAT YANG MENJADI SAKSI SEJARAH PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW DI TANAH MADINAH || Info Hidayah Ilahi

Madinah merupakan kota yang sangat dikenal dengan nama kota Nabi Muhammad SAW. Bahkan kota Madinah ini merupakan kota yang mempunyai sejarah penting bagi umat islam di seluruh dunia. Tanah Madinah ini menjadi saksi bisu perjuangan Nabi Muhammad SAW ketika Hijrah dari Mekah. Nabi Muhammad SAW bahkan ketika di Madinah beliau sudah banyak sekali tempat-tempat yang beliau kunjungi demi meperjuangkan agama islam pada saat itu. Berikut tempat-tempat peninggalan perjuangan Nabi Muhammad SAW:

1. Masjid Nabawi 

Masjid Nabawi menjadi salah satu masjid yang penting di Kota Madinah. Karena masjid ini di bangung langsung oleh Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW. Masjid ini sekarang sudah menjadi masjid terbesar ke 2 setelah Masjid Al-Haram Makkah. 

2. Masjid Quba 

Masjid Quba adalah suatu tempat Rasullah SAW menginap di daerah Quba selama empat hari dan kemudian membangun masjid yang di kenal sebagai Masjid Quba. Rasullah membangun masjid ini dengan dasar bukti ketaatan dan ketakwaan Rasullah SAW kepada Allah SWT.

3. Masjid Suqiyah 

Masjid Suqiyah ini merupan tempat yang sangat terkenal di Kota Madinah. Bahkan masjid ini, menjadi saksi bisu bukti bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berdoa untuk keberkahan kota madinah yang artinya ;'' Ya allah jadikanlah kota Madinah ini menjadi dua kali lipat keberkahan sebagaimana engkau jadikan keberkahan kota Makkah''. Maka kota Madinah sampai saat ini menjadi kota yang luar biasa dengan keberkahanya.

4. Masjid Al-Fath 

Masjid Al-Fath ini juga menjadi tempat yang sangat terkenal di Madinah. bahkah Masjid Al-Fath ini sudah menjadi tempat yang banyak di kunjungi umat islam di dunia. Karena Masjid Al-Fath ini menjadi tempat ketika Nabi Muhammad SAW menjadi pimpinan perang Khandaq. Bahkan di kawasan masjid ini terdapat ada makam syahuda Khandaq, Masjid Salman Al-Farisi, Masjid Ali bin Thalib, dan Masjid Umar bin Khattab.

Baca Juga: Berikut 7 Fakta Agama Terbesar Di Seluruh Dunia  

5. Masjid Ghamamah 

Masjid Ghamamah adalah salah satu masjid yang menjadi sejarah penting untuk umat islam didunia. Bahkan di Masjid Ghamamah ini salah satu tempat dimana Nabi Muhammad SAW pernah menjalankan shalat Istisqa, shalat Idul Fitri, dan shalat Ghaib.

6. Wadi [ lembah ] Buthan 

Lembah merupakan salah satu tempat utama di Madinah. Bahkan Lembah ini telah menjadi tempat yang bersejarah di kota Madinah yang banyak di kunjungi umat islam di dunia. Di tempat Lembah inilah Nabi Muhammad SAW pernah berwudhu di saat perang Khandaq.

7. Saqifah Bani Saidah 

Saqifah Bani Saidah adalah salah satu tempat yang bersejarah di Madinah. Tempat ini dulunya pernah di jadikan perkumpulan para sahabat ketika Abu Bakar Assidiq di angkat menjadi pemimpin sebagai pengganti Rasullah SAW.

8. Lapangan Manakhah

Lapangan Manakhah ini memang tempat yang dulunya pernah di jadikan tempat Rasullah SAW berjualan. Tempat ini bahkan sampai sekarang menjadi tempat jual-beli [ Pasar besar ] untuk warga yang ada di kota Madinah. 

9. Miqat Dzil Khulaifah 

Miqat Dzil Khulaifah ini suatu tempat yang dulunya Rasullah SAW pernah mengambil Miqat di saat menjalankan Haji Wada. Lantaran di situ ada pohon Sumrah yang besar maka tempat ini sekarang sudah menjadi Masjid Bir Ali dan Masjid Syajarah. Nah di lokasi situlah Rasullah dan beserta sahabatnya menjalankan Ihram.

Itulah 9 tempat yang menjadi saksi bersejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW di tanah Madinah yang harus kalian ketahui dan yang menarik untuk kalian ziyarah dan visit tempat bersejarah islam di kota madinah. Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk " 9 TEMPAT YANG MENJADI SAKSI SEJARAH PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW DI TANAH MADINAH || Info Hidayah Ilahi"