Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KEUTAMAAN DAN TATA CARA SHOLAT HAJAT YANG PERLU KALIAN KETAHUI || Hidayah Ilahi Official

Sholat hajat  juga memiliki keutamaan dan  keajaiban yang sangat luar biasa. Kalau kalian pingin sesuatu namun sulit didapat, ada cara ampuh untuk mendatangkanya. Salah satunya adalah sholat Hajat. Karena insya allah segala permohonan atas kebutuhan kita akan semakin mudah di ijabah Allah SWT. Bagaimana tata cara sholat hajat, dan keutamaannya? Berikut ini pembahasan lengkapnya :

1. Pengertian Sholat Hajat

Pengertian dari sholat hajat yaitu sebuah iabdah yang bertujuan sebagai media menggapai segala kebutuhan/ harapan kita. Dengan ini kita bisa meminta kepada Allah tentang segala hal dengan sangat mudah. Setiap orang pasti memiliki hajat, dan memiliki kebutuhan dan keperluan. Bisa saja keinginan itu mendesak atau ingin sekali didapat. Contohnya saja kayak rezeki, umur panjang, jodoh, kebahagiaan akhirat, kesehatan dan amsih banyak lainya.

Rasulullah memberi arahan tentang pentingnya kita membiasakan ibadah sholat hajat ini. Bahkan para sahabat misalnya, mereka ketika memiliki kepentingan walaupun kecil mereka selalu meminta kepada allah agar hajatnya di kabulkan.

Kalau ada hajat besar ada tips dari Rasulullah. Yaitu Sholatlah sholat sunnah Hajat sebanyak 2 rekaat saja. Setelah itu berdoalah sesuai keinginanmu.  untuk waktu yang pas dalam melaksanakan ibadah ini adalah bebas disetiap waktu. Tapi ingat, jangan melaksanakan sholat hajat ini diwaktu-waktu larangan sholat. Tapi sebaiknya nih, lakukan saja sholat hajat ini diwaktu malam hari. Lho Kenapa...? karena waktu sepertiga malam adalah waktu ampuh untuk berdoa. Insya Allah Mustajab deh.

Baca Juga: Manfaat Keutamaan Sholat Dhuha dan Cara melaksanakanya

2. Hukum Sholat Hajat

Sholat hajat di dalam ilmu fiqih hukumnya sunnah, ada sebagian ulama mencantumkan sholat hajat, namun sebagian tidak mencantumkan pembahasannya.

3. Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara sholat hajat yaitu sama dengan sholat-sholat sunnah pada umumnya. Sebelum sholat  maka disyaratkan bersesuci dari hadats kecil dan hadats besar, suci badan, pakaian, dan tempat dari najis, menutup aurat, dan menghadap kiblat. Hal penting sempurnakanlah wudhumu. setelah itu baru lakukan sholat hajat sesempurna mungkin.

Secara ringkas, tata cara sholat hajat sebagai berikut :

-Niat

Pada dasarnya niat itu didalam hati, dan tidak harus diucapkan. Namun, jika diucapkan juga tidak apa-apa kalau diniatkan. Niat, juga tidak harus menggunakan bahasa Arab saja, menggunakan bahasa sebisa Anda juga boleh saja. Namun, jika merasa mantap dengan bahasa Arab, dan jangan lupa, pahami arti dan maksudnya. 

-Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah

-Membaca surat Al Fatihah

-Membaca surat atau ayat Al Qur’an

-Ruku’ dengan tuma’ninah

-I’tidal dengan tuma’ninah

-Sujud dengan tuma’ninah

-Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

-Sujud kedua dengan tuma’ninah

-Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

-Membaca surat Al Fatihah

-Membaca surat atau ayat Al Qur’an

-Ruku’ dengan tuma’ninah

-I’tidal dengan tuma’ninah

-Sujud dengan tuma’ninah

-Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

-Sujud kedua dengan tuma’ninah

-Tahiyat akhir dengan tuma’ninah

-Salam

Untuk tiap-tiap bacaan, bisa dibilang ya samalah seperti sholat lainya. Sunnah juga kita berdzikir kepada Allah setelah melakukan sholat ini. Habis itu barulah kita berdoa.

4. Keutamaan sholat hajat

a. Dicintai Allah

b. Ditinggikan Derajatnya

c. Diampuni Dosanya

d. Hajatnya Dikabulkan

Banyak sekali hadist Hadist yang memberi kejelasasn tentang dasyatnya sholat hajat ini. Maka sangat bagus untuk kamu apabila bisa melaksanakannya, sebagai solusi doa mu cepet terlaksana ya.

Demikian keterangan tentang tata cara sholat hajat dan juga keutamaanya yang bisa kita amalkan setiap harinya. Karena keterangan di atas  sangatlah penting bagi kita untuk meminta kebutuhan kita kepada Allah SWT. Semoga apa yang kita amalkan dan yang kita minta agar cepat dikabulkan/di ridhohi oleh Allah SWT. Dan semoga dengan lantaran tata cara di atas bisa meningkatkan kita semakin banyak untuk melakukan beribadah kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk " KEUTAMAAN DAN TATA CARA SHOLAT HAJAT YANG PERLU KALIAN KETAHUI || Hidayah Ilahi Official"