Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Masih Ragu..??? Ini Keutamaan SHALAT TAHAJUD Beserta Tata Caranya dan Fadhilah || Hidayah Ilahi Official

Shalat tahajud adalah Ibadah yang termasuk sunnah mu'akad, yaitu sunah yang dikuatkan dengan syara'.  Shalat tahajud bisa juga dikerjakan setelah waktu ba’da shalat isya sampai menjelang subuh. Waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud adalah sepertiganya malam. Kata kunci menjalan shalat tahajud adalah, dilakukan setelah tidur meskipun tidurnya sebentar. Jika shalat tersebut dilakukan sebelum tidur, namanya sholat qiyamul lail.

Rasulullah SAW telah bersabda  : “Shalat yang terbaik setelah shalat wajib adalah shalat malam.” Banyak sekali keistimewaan yang didapat setiap muslim, apabila mau mengamalkan shalat tahajud. 

Bagaimana niat Sholat Tahajud?
Pada dasarnya niat itu didalam hati, dan tidak harus diucapkan. Namun, jika diucapkan juga tidak apa-apa kalau diniatkan. Niat, juga tidak harus menggunakan bahasa Arab saja, menggunakan bahasa sebisa Anda juga boleh saja. Namun, jika merasa mantap dengan bahasa Arab, dan jangan lupa, pahami arti dan maksudnya. 

Tata cara sholat tahajud 

Cara Mengerjakan sholat tahajud bisa dibilang sama dengan sholat sunnah lainya secara umum. Sebelum melakukan sholat disyaratkan suci terlebih dahulu, dari hadats kecil, dan hadats besar, suci badan, pakaian, dan tempat harus suci dari najis, menutupi aurat, dan menghadap kiblat. Menurut Ulumul Fiqhi kita disunnahkan juga melakukan niat. sebelum tidur coba berniat dahulu untuk bangun sholat tahajud, sehingga jika kita ndilalah tertinggal (tidak bisa bangun), maka kitapun masih tetap mendapat pahalanya.

Menurut Ulumul Fiqhi dijelaskan bahwa hendaknya apabila sebelum melakukan sholat tahajud, kita disunnahkan untuk bersiwakan terlebih dahulu. dan kita juga disunnahkan mengawalinya dengan dua rakaat ringan.

Cara mengerjakan sholat tahajud adalah, dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam. Para ulama ada yang berbeda pendapat mengenai batasan jumlah rakaatnya. Rasulullah SAW,  terkadang beliau melaksanakan 11 rakaat saja termasuk witir, dan terkadang 13 rakaat termasuk witir.

Baca Juga: CARA MELAKSANAKAN SHALAT DAN MENGETAHUI BATASAN WAKTU SHALAT

Apa manfaat Sholat Tahajud 

Manfaat-manfaat dari sholat tahajud yang harus Anda ketahui adalah :

1. Mengangkat Derajat

Allah akan mengangkat derajat seseorang yang suka melakukan sholat tahajud.  Keterangan ini sesuai dengan firman Allah SWT yang terdata pada (QS.Al-Isra:79).

2. Doa Dikabulkan Allah

Apabila ada orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian orang tersebut berdoa, diyakini doa orang tersebut akan lebih mudah dikabulkan. Bagi orang-orang yang ingin meminta untuk mendapatkan jodoh, kamu dapat meniatkan dan melakukan sholat tahajud dengan khusyuk.
Barang siapa seseorang yang melakukanlah sholat tahajud selama 40 hari, maka doa orang tersebut akan didengar Allah SWT. Karena Allah menyukai hamba-Nya yang banyak meminta.

3. Terhindar dari Infeksi Pernapasan

Menjalankan sholat tahajud merupakan salah satu gaya hidup sehat. Sholat tahajud juga bisa membantu kita untuk meningkatkan kesehatan, dan mampu mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu shlat tahajud dapat juga untuk kesehatan pernapasan.

4. Menghapus dan Pencegah Dosa

Keistimewaan dari sholat tahajud adalah akan diberikan kepada orang yang mau, dan mampu melakukan sholat tahajud dengan penuh niat dan keikhlasan. Salah satu keistimewaannya adalah bisa dapat menghapus segala dosa-dosa yang telah kita perbuat.
Karena setiap malam kita selalu mengingat  kepada Allah, sehingga kita merasa terawasi dan mencegah kita berbuat dosa kembali. 

5. Melancarkan Aliran Darah

Menjalankan shalat tahajud juda bisa untuk terhindar dari infeksi pernapasan, dan sholat tahajud juga dapat melancarkan aliran darah tubuh. Sholat tahajud bisa dilakukan pada 1/3 malam yaitu sekitar pukul 3 pagi. Pada saat itu lah waktu yang baik, karena udara belum tercemar dan dapat menyehatkan paru-paru dan melancarkan peredaran darah, dan menyehatkan tubuh.

6. Pikiran Jadi Tenang dan Segar

Ketika saat menjalankan sholat tahajud di 1/3 malam, maka kita akan merasakan pikiran yang jernih dan kembali segar. Pada saat itu lah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran sehingga perasaan pun merasa lebih tenang.

7. Memperoleh Cinta Allah

Ketika orang sedang menikmati tidur malam, kamu lebih baik bangun malam untuk memilih mendekatkan diri kepada Allah. Allah SWT telah berjani bahwa orang-orang yang senantiasa mendekatkan diri, dan meminta kepada-Nya, maka doanya akan dikabulkan, dan Allah akan lebih cinta terhadap hamba-Nya,  yang mau mendekatkan diri kepada-Nya.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat shalat tahajud yang terakhir adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, dan ini akan menjadikan tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Demikian fadillah dan tatacara shalat tahajud yang benar. Karena dengan keterangan diatas  kita bisa menjalankanya dengan mudah, dengan mengetahui fadillah dan tata caranya. Semoga dengan penjelasan di atas bisa kita jalani dengan hati yang tulus dan ikhlas. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Masih Ragu..??? Ini Keutamaan SHALAT TAHAJUD Beserta Tata Caranya dan Fadhilah || Hidayah Ilahi Official"