Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PANDUAN BERSUCI - CARA BERWUDHU YANG BAIK DAN BENAR SESUAI HUKUM FIQIH ISLAM || Hidayah Ilahi Official

Sesuci merupakan salah satu syarat sah-nya beribadah yang harus dilakukan bagi umat islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena salah satunya syarat sahnya shalat adalah dengan cara berwudhu. Sebelum mendirikan shalat setiap umat muslim harus dan wajin mensucikan diri dengan cara berwudhu. Apabila wudhu tidak dilakukan maka otomatis shalat pun tidak sah. Wudhu menurut syara' adalah membersihkan anggota untuk menghilangkan dari hadast kecil. Berikut ini cara-cara berwudhu yang benar:

1. Membaca Bassmallah

Pertama harus membaca "Bassmallah " terlebih dahulu sebelum memulai wudhu, lalu diteruskan dengan mencuci kedua belah tangan sampai pergelangan tangan dan membersikan kotoran yang ada di dalam kuku dengan bersih.

2. Mulut

Setelah mencuci tangan dengan bersih, di teruskan berkumur-kumur tiga kali lalu sambil membersihkan mulut dengan berkumur-kumur seperti sisa-sisa makanan digigi dengan jari tangan hingga betul-betul sudah tidak ada lagi.

3. Hidung

Setelah sudah berkumur-kumur, lalu terus mencuci kedua lubang hidung tiga kali untuk membersihkan lubang hidung dari kotoran dengan jari tangan.

4. Muka

Setelah sudah membersihkan kedua lubang hidung, lalu terus mencuci muka tiga kali dengan cara membasuh sambil mengusap mulai dari tumbuhnya rambut kepala hingga kedua uci-uci rambut hingga bawah dagu sampai benar-benar merata sambil membaca niat wudhu di dalam hati.

5. Kedua Tangan

Setelah sudah membasuh muka (mencuci muka) lalu terus mencuci kedua tangan tiga kali dengan cara membasuh, diawali dari tangan kanan dulu dari ujung jari sampai diatas sikut tangan. Selanjutnya tangan kiri sama seperti tangan kanan dan harus benar-benar merata semua.

Baca Juga:  PRAKTEK TATA CARA SHALAT FARDHU 5 WAKTU DAN BATASANNYA 

6.  Kepala (Rambut)

Setelah mencuci kedua tangan (membasuh tangan) lalu terus mengusap sebagian rambut kepala tiga kali dengan cara di usap saja dengan air sampai benar-benar basah.

7. Kedua Telinga 

Setelah sudah mengusap sebagian ramput kepala, lalu terus mengusap kedua telinga tiga kali, diawali telinga kanan dulu caranya masukan salah satu jari tangan, lalu masukan ketelinga lalu urutkan jalan daun telinga lalu usapkan jari jempol diluar daun telinga. Lalu selanjutnya telinga kiri sama seperti telinga kanan. Harus basah dan benar-benar merata ketika mengusap.

8. Kedua Kaki

Setelah mengusap kedua telinga, lalu terus mecuci kedua kaki tiga kali  dengan cara membasuh, diawali dari  kaki kanan dulu dari bawah lutut hingga ujung kaki dengan sambil mengusapnya. Lalu masukan semua jari tangan kiri di bawah sela-sela kaki kanan dan sambil membersihkan kotoran yang ada di kuku kaki dan sebaliknya. Harus benar-benar merata dan bersih.

9. Membaca Hamdallah

Setelah sudah dilakukan semuanya dengan benar, selanyutnya membaca Alhamdulillahirabbil'alamin.. Lalu di teruskan bacaan doa setelah wudhu.

10. Tertib (Urut-urut )

Ketika sudah dilakun dengan benar semua maka harus Tertib. Maksud dari tertib adalah harus ber'urutan dari yang pertama sampai yang terakhir. Contoh : tidak boleh tangan terus kaki, habis muka terus telinga, itu tidak boleh harus tertip (ber'urutan ).

Dan Apabila ketika wudhu Air harus bersih bukan air yang musta'mal (yang sudah di pakai ) dan air harus benar-benar suci dan tidak kecampuran kotoran (najis) seperti kotoran cicak / yang sifatnya najis. Kecuali air tersebut lebih dari dua kulah (kulah ukuran besar) tinggi 1 meter lebar 2 meter panjang 3meter itu tidak masalah walaupun air tersebut terisi penuh. Tapi kalau air tersebut kurang dari dua kulah sama saja belum suci.

Itulah tadi tata cara berwudhu dengan benar. Apabila kurang faham, silahkan datang aja ketempat guru ngaji yang benar-benar bisa menjelaskan agar lebih jelas dan gamblang. Apa bila sudah hafam silahkan di praktekan sendiri satu-persatu agar lebih mudah. Semoga bermanfaat sekian.

 Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "PANDUAN BERSUCI - CARA BERWUDHU YANG BAIK DAN BENAR SESUAI HUKUM FIQIH ISLAM || Hidayah Ilahi Official"