Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Daftar Nama-nama Orang yang di Nash/Cap Oleh Allah SWT Masuk Neraka

 

Sebagai Umat Islam, kita diajarkan bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah kehidupan yang sementara, dan akhirat lah tempat terkahir umat manusia akan singgah. Diakhirat kelak, manusia akan dihadapkan terhadap dua pilihan sesuai amal perbuatanya didunia, yakni surga atau neraka. Bahkan di dalam Al-Qur'an sudah di jelaskan bahwa ada sekelompok golongan orang yang sudah pasti akan masuk neraka. Golongan orang tersebut masuk kedalam neraka atas perbuatan keji dan hina yang telah mereka lakukan selama di dunia ini. 

Berikut ini adalah golongan manusia yang dicap/dinash oleh Allah SWT masuk neraka :


Abu Lahab

Abu Lahab, nama aslinya Abdu 'Uzza bin Abdul Muthalib yang merupan salah satu paman Nabi Muhammad SAW yang telah di cap oleh Allah SWT masuk neraka karena kekafiranya. Ia juga tidak suka dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Ia di namakan Abu Lahab karena raupan wajahnya yang selalu menyala-nyala. ( QS. Al-Lahab ayat 1-5 ).

Ummu Jamil

Ummu Jamil merupakan istri Abu Lahab, keduanya telah dicap/dinash oleh Allah SWT sebagai orang yang celaka didunia dan akherat. Keduanya ini termasuk orang yang paling menyakiti Rasulullah dan terhadap dakwah yang beliau bawa. Abu Lahab adalah seorang yang menghalangi dakwah Islamiyah, sedangkan Ummu Jamil sebagai orang yang suka menyebarkan fitnah. ( QS. Al-Lahab ayat 1-5 ).

Baca Juga : Kisah ulama rajin sholat tahajud tapi masuk neraka

Fir'aun

Fir'aun adalah seorang raja pemerintah Mesir pada zaman Nabi Musa As,  yang memerintah dan berkuasa pada masa itu. Fir'aun termasuk orang dari sekian banyak hamba-hamba Allah SWT yang dicap/dinash sebagai penghuni neraka. Ia dinash karena sikap kesombongan dirinya di muka bumi ini terhadap manusia. Bahkan dirinya menentang dan melawan ajaran-ajaran yang dibawa oleh Nabi Musa As sebagai utusan Allah. Ia juga tidak mau mengakui adanya Tuhan Nabi Musa ( yakni Allah ), malah ia mengakui bahwah dirinya adalah Tuhan. ( QS. Ghafir ayat 46 ).

Qarun

Qarun merupakan anak paman Nabi Musa As, yang telah dicap/dinash oleh Allah sebagai penghuni neraka karena sikap kesombongan dan kebakhilanya. Qarun adalah orang yang di karuniai oleh Allah kekayaan yang melimpah ruah yang tiada bandinganya. Bahkan kunci gudang miliknya saja tidak seorangpun yang kuat memikulnya, karena terlalu banyak. 

Namun ia tidak mengaku bahwa kekayaan melimpah ruah itu datanganya dari Allah, akan tetapi kekayaan itu diraihnya berkat keuletannya, dan kepandaiannya dalam berdagang. Namun malang bagi Qarun, kekayaan yang melimpah ruah itu membuat dirinya sombong, bakhil, kejam serta berbuat dzalim, dan kufur kepada Allah. Maka dari itu, Qarun termasuk salah satu orang yang di cap oleh Allah sebagai penghuni neraka. ( QS. Al-'Ankabut ayat 39 ).

Baca Juga : Kisah penduduk neraka ketika digiring dan di belenggu

Qabil

Qabil adalah putra Nabi Adam As, yang telah dinash/dicap oleh Allah sebagai penghuni neraka, karena telah membunuh Habil saudaranya sendiri. Sebab Qabil sewaktu menyembelih kurban dirinya dipilihkan dari barang yang jelek, sedangkan Habil dipilihkan dari barang yang bagus. Sejak itulah Qabil menaruh dendam kepada Habil untuk membunuhnya. 

Niat dendam si Qabil Akhirnya itu terlaksana. Demikian si Qabil  telah menangung dosa, telah membunuh saudaranya sendiri. Qabil juga  telah berbuat dosa dihadapan Allah SWT( tidak mengindahkan peritah Allah, menyalahi larangan Allah SWT ). Maka dari itu, Qabil dinash sebagai penghuni neraka. ( QS. Al-Maidah ayat 27-32 ).

Kan'an

Kan'an adalah putra Nabi Nuh As, yang kafir, sedangkan putra-putra Nabi Nuh yang lainya beriman, dan mau menerima ajaran yang dibawa oleh ayahnya, dan tidak menentang Allah, yaitu Sam, Ham dan Jafits. Kan'an telah ditengelamkan oleh Allah dalam banjir bersama-sama orang kafir lainya, yang tidak mau beriman kepada Nabi Nuh, dan tidak mau beriman kepada Allah SWT. 

Kan'an selalu menentang ajaran Allah yang disampaikan melalui Nabi-Nya. Sedangkan Nabi Nuh berserta orang-orang yang beriman kepada Allah diselamatkan dari banjir dengan menumpangi kapal/bahtera yang dibuat sebelumnya. Kan'an adalah orang yang mendapat adzab dari Allah SWT, dan ditenggelamkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, Kan'an dicap oleh Allah sebagi orang penghuni neraka. ( QS.Hud ayat 42 ).

Istri Luth

Istri Luth adalah istri dari Nabi Luth As. Hal ini menjadi bukti, bahwa sekalipun Nabi tidak dapat membela istrinya dari Adzab Allah SWT. Karena istri Luth telah menentang agama, menentang al-haq yang datangnya dari Allah SWT. Maka istri Luth dinash/dicap sebagai penghuni neraka. ( QS. Al-Tahrim ayat 10 ).

Baca Juga : Kisah dasyatnya sakaratul maut yang paling mengerikan

Istri Nuh

Istri Nuh merupakan istri dari Nabi Nuh As. Nabi Nuh As tidak bisa membela istrinya dari adzab Allah SWT, apabila dia menentang agama, menentang al-haq yang datangnya dari Allah SWT. Kedua ( istri Nabi Luth dan Nabi Nuh ) adalah istri yang berkhianat kepada suaminya, tidak mengikuti ajaran yang dibawa oleh suaminya yang datangnya dari Allah SWT, malah menentang dan menghalangi agama Allah SWT. Kedua istri Nabi tersebut, oleh Allah telah dicap sebagai penghuni neraka. ( QS. Al-Tahrim ayat 10 ).

Azar

Azar adalah ayah Nabi Ibrahim, orang yang membuat patung berhala dan penjual patung sebagai penyembahnya. Dibuat-buat sendiri Tuhanya dan disembah-sembah sendiri. Azar juga telah menentang agama yang di bawa oleh Nabi Ibrahim yang datangnya dari Allah SWT. Maka dari itu Azar termasuk salah satu orang yang dicap oleh Allah sebagai penghuni neraka. ( QS. Al-An'am ayat 74 ).

Namrudz

Namrudz adalah seorang raja di Babilonia, ia berkuasa di zaman Nabi Ibrahim As. Ia adalah raja yang sangat benci sekali terhadap ajaran Nabi Ibrahim AS.  Namrudz lebih suka dengan agama yang dibawanya, yaitu agama Thaghut ( menyembah patung berhala ). Sedangkan Nabi Ibrahim agama yang dibawa adalah agama Tauhid, yaitu mengajarkan siapa pencipta alam, siapa yang berhak untuk di sembah dan dipuji, dan siapa yang berkuasa untuk menghidupkan dan mematikan. 

Namrudz khawatir kekuasaannya tergeser dengan hadirnya Ibrahim dengan agama baru. Maka dari itu Namrudz dendam terhadap Nabi Irahim, dan ia selalu menghalangi dakwah Nabi Ibrahim AS. Maka dari itu, Namrudz termasuk orang yang dicap oleh Allah SWT sebagai penghuni neraka. ( QS. Al-Baqarah ayat 258 ).

Baca Juga : Kisah tragis asal usul dajjal dan keluarganya

Demikian beberapa nama-nama orang yang Allah SWT tetapkan sebagai penghuni neraka Jahanam selama-lamanya. Maka dari itu kita sebagai manusia janganlah sekali-sekali menentang dan menyimpang dengan ajaran Allah SWT. Karena siksa Allah SWT itu sangatlah pedih. Jadilah orang yang patuh terhadap perintah Allah, dan menjahui semua yang dilarang Allah SWT. Semoga bermanfaat sekian, wassalamu'alakum wr,wb.

Posting Komentar untuk "Inilah Daftar Nama-nama Orang yang di Nash/Cap Oleh Allah SWT Masuk Neraka"