Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keutaman Puasa Senin Kamis beserta Tata Caranya dan Fadhillahnya

 Puasa Senin dan Kamis
Puasa Senin dan Kamis merupakan puasa yang dikerjakan umat islam untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Disamping itu juga, Puasa Senin dan Kamis memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Lalu bagaimana tata cara dan niat serta apa saja Keutamaan dan manfaatnya ? Puasa Senin dan Kamis hukumnya adalah sunnah. 

Syekh Musthafa Al-Bugha dalam kitab fiqih Al-Manhaji menjelaskan, sunnahnya puasa ini berdasarkan hadits riwayat Aisyah RA berkata: "Rasulullah SAW selalu menjaga puasa di hari senin dan kamis". ( HR. Tirmidzi  ). Puasa Senin dan Kamis juga memiliki sejumlah keutamaan yang tentunya membuat kita lebih semangat untuk mengerjakannya. 

Berikut ini adalah keutamaan puasa Senin dan Kamis :

- Keistimewaan Hari Senin

Salah satu keutamaan puasa pada hari Senin yaitu karena hari itu sangat istimewa. Rasulullah SAW lahir pada hari Senin, Rasulullah RAW  mendapatkan wahyu juga pada hari Senin. Pada saat itu, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa pada hari Senin, lalu beliau bersabda : “Hari Senin adalah hari kelahiranku dan pada hari itu wahyu diturunkan kepadaku.” ( HR. Muslim )

Baca Juga : Keutamaan dan Tata Cara Sholat Hajat

- Pada hari Senin dan Kamis

Pada hari Senin dan Kamis, amal-amal semua diperlihatkan dan dilaporkan kepada Allah SWT. Maka betapa beruntungnya seorang hamba sedang berpuasa pada hari itu. 

- Terbukanya pintu Surga

Pada hari Senin dan Kamis, pintu Surga dibuka. Ini merupakan petunjuk tentang betapa mulianya hari Senin dan Kamis dan orang-orang yang mengamalkan puasa di hari itu adalah orang-orang yang beruntung.

Puasa Senin dan Kamis itu sama dengan puasa pada umumnya, baik itu puasa Ramadhan maupun puasa-puasa sunnah lainnya. Hanya berbeda pada niatnya saja. Berikut adalah tata Cara Puasa Senin dan Kamis : 

Niat

Niat puasa Senin dan Kamis sebaiknya pada malam hari, sebelum terbit fajar. Namun karena ini adalah puasa sunnah, apabila lupa, boleh berniat pada pagi hari asalkan belum makan apa-apa, dan tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Berikut niat Puasa Senin dan Kamis :

Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’ala ( Saya niat puasa sunnah hari Senin, karena Allah Ta’ala ). Nawaitu shauma yaumal khomisi sunnatan lillaahi ta’ala ( Saya niat puasa sunnah hari Kamis, karena Allah Ta’ala ). 

Baca Juga : Keutamaan sholat Dhuha dan Tata Caranya

Sahur

Makan pada saat sahur merupakan salah satu sunnah puasa yang banyak pahala dan keberkahannya. Namun apabila tidak makan sahur, semisal karena bangunnya terlambat, maka puasanya tetap sah.

Menjaga Puasa

Menjaga puasa yakni menghindari dari makan dan minum, berhubungan dengan istri dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa. Waktunya sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Perlu juga menghindari yang membatalkan pahala puasa. Antara lain yaitu bohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan. 

Berbuka

Waktu berbuka puasa yaitu ketika matahari sudah terbenam, yakni saat masuknya waktu sholat Maghrib ( adzan Maghrib ). Membatalkan ( berbuka ) merupakan salah satu sunnah puasa. 

Berikut manfaat Puasa Senin dan Kamis :

-Melembutkan hati dan rasa syukur

Dengan berpuasa, rasa empati kita terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi keberuntungan yang masih jauh di bawah kita. Dengan rajin mengerjakan puasa kita akan lebih tahu cara mensyukuri nikmat yang di berikan oleh Allah SWT. 

-Merunkan lemak

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya khasiat puasa hari Senin dan Kamis bisa membuat kita terhindar dari banyaknya lemak yang berlebih. Dengan terjaganya asupan lemak pada tubuh tentu kesehatan kita akan lebih maksimal. Hal ini karena saat berpuasa tubuh tidak terlalu banyak mendapat asupan makanan yang mungkin saja memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Baca Juga : Keutamaan Sholat Tahajud Beserta Tata Caranya dan Fadhilahnya

-Menjadi obat penghilang Stres

Salah satu manfaat puasa Senin dan Kamis bisa dikatakan cukup besar pengaruhnya bagi tubuh yaitu penghilang Stres. Khasiat yang satu ini bisa dikatakan sangatlah besar mengingat bahwa tingkatan stres pada setiap manusia tentu saja berbeda. 

Namun, ketika kita menjalankan puasa Senin dan Kamis, kita diharuskan untuk membuat diri kita selalu sadar akan hal-hal yang akan dilakukan. Jadi otak dan otot bisa berhenti sejenak dalam kegiatan yang berat-berat. Alhasil stres bisa dihindari.

Demikian keutamaan dan manfaat berpuasa di hari senin dan kamis yang tentunya bisa kita amalkan. Dengan kita rajin dan ikhlas mengamalkannya ingasa Allah semua amal-amal kita akan diterima oleh Allah SWT. Semoga dengan keterangan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua Amiin. Wallahu a'lam bishawab 


wassalamu'alaikum wr,wb.



Posting Komentar untuk "Keutaman Puasa Senin Kamis beserta Tata Caranya dan Fadhillahnya"