Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah ASAL USUL JIN & SETAN Dan Nasib Mereka Setelah Mati Di Hari Kiamat || Hidayah Ilahi Official

 

Jin dan Setan adalah Makhluk ciptaan Allah SWT yang bersifat Ghaib. Dalam Al Quran Surat Alhijr Ayat 27 dijelaskan bahwa jin diciptakan dari nyala api yang sangat panas. Fisik dari jin sendiri sangat fariatif . Ada jin yang punya tanduk dikepalanya, adapula yang berpostur kecil, adapula yang punya sayap-sayap, adapula yang mirip lalat kecilnya dan sebagainya. Diantara Jin dan setan ternyata ada memiliki beberapa kesamaan diantaranya mereka mempunyai akan fikiran. Kelebihan jin diantaranya dapat melihat manusia dan juga bisa bergonta-ganti merubah wujudnya keberbagai wujud. Mereka bisa berwujud hewan, siluman, manusia, hantu, pocong, kuntillanak dll. Namun ada satu sosok yang tidak bisa jin tiru yaitu sosok Rasulullah SAW. Manusia sebenarnya bisa melihat jin saat mereka sedang menjelma, namun untuk wujud aslinya manusia tidak bisa melihatnya.

Bangsa jin merupakan etnis ras dari bangsa iblis. Mereka juga memilii jenis kelamin seperti manusia yaitu pria dan wanita. Didalam alquran surat alkahfi ayat 50 dijelaskan juga, bahwa Mereka juga bisa berkembang biak dan beranak pinak. Bangsa jin juga bisa mati sebelum datanganya hari kiamat sama seperti manusia. Tetapi berbeda dengan iblis yang tidak bisa mati dan telah dipanjangkan umurnya sampai hari kiamat. 

Jin juga ada yang memiliki sayap dan bisa terbang diudara. Ibnu taimiyah menjelaskan bahwa jin itu umumnya sifatnya licik, tolol, penindas, dan berbahaya. Jin diciptakan lebih dulu daripada manusia. Tujuan Allah SWT menciptakan jin sendiri sama seperti manusia yaitu untuk menyembah Allah SWT. Hal ini tertulis juga dalam firman Allah dalam Alquran Surat Adz Dzariyat ayat 56. 

Meskipun Jin diperintah menyembah Allah namun banyak juga dari mereka yang kafir sama halnya dengan Manusia. Jin bisa digolongkan menjadi 2 golongan, Jin yang beriman kepada Allah adalah golongan jin islam, sedangkan jin yang mendurkai Allah adalah jenis jin kafir. Meskipun ada golongan jin islam, namun tingkah mereka juga bermacam-macam. Ada yang hanya islam ktp, ada yang sesaat tobat lalu kumat lagi, tidak beda dengan manusia. 

Golongan jin-jin yang kafir dan suka mendurhakai Allah disebut juga sebagai Syaitan. Setan sendiri ada ayang berasal dari golongan manusia dan jin. Setan-setan inilah yang kerjaanya suka usil, mencelakai dan menjerumuskan manusia kelembah dosa.  Jin juga makan dan minum. Jenis makanan mereka juga berfariasi. Ada yang dari kotoran, tulang, Khamr, bangkai bahkan makanan manusia yang kita makanan tanpa menyebut Asma Allah. 

Tempat tinggal jin dan setan sangat berfariasi, mereka ada yang di Toilet, Rumah, Kuburan Pasar, Mall, Lembah, laut, Tempat dosa dan maksiat, tempat dan benda-benda yang dianggap keramat, Tempat angker dan sunyi dan masih banyak lagi. Sebenarnya tidal jauh-jauh. Disekeliling kitapun banyak sekali jin-jin yang berkeliaran dan menyaksikan kita. Mereka bisa melihat kita namun  kita tidak bisa melihat mereka kecuali setelah mereka menjelma ke wujud lainya. 

Baca Juga : Kisah LUCU Sejarah Pertengkaran ANJING dan KUCING

Rumah rumah yang kosong juga banyak dijadikan tempat bermukim jin. Rumah-rumah yang suka digunakan untuk bermaksiat juga banyak dijadikan jin untuk berternak. Mereka tidak hanya menempati rumah-rumah itu tetapi kadangkala mereka suka jail dan mengganggu manusia yang menghuni rumah tersebut. Hal ini seringkali dikaitkan dengan penampakan misterius. Benda berjalan, jendela berbunyi hingga suara-suara aneh tak diundang. 

Namun Rasulullah SAW memberikan solusi untuk mengatasi hal-hal aneh dari ulah gangguan jin itu. Kita dianjurkan untuk tidak menjadikan rumah kita sepi seperti kuburan, melainkan kita dianjurkan untuk mengsiasi rumah kita dengan bacaan Alqur’an. Karena jin dan setan akan kepanasan dan tidak betah tinggal dirumah kita.  

Cara ini juga efektif untuk melempar dan mengusir jin dan setan jahat jauh dari dalam rumah kita.  Rasulullah SAW memberi petunjuk cara untuk mengusir jin dan setan. Salah satunya adalah selalu membacakan rumahkita dengan bacaan surat al Baqarah secara istiqamah. Hal ini beliau sabdakan sangat bisa membuat para setan-setan itu lari kabur dari rumah kita. Dari hadis Rasulullah, kita senantiasa dianjurkan untuk memperbanyak membaca surat albaqarah agar nantinya rumah kita terbebas dari gangguan makhlus halus. 

Umat Jin kelak setelah hari kiamat juga akan dibangkitkan sama halnya dengan manusia serta makhluk lainya. Umat jin nantinya akan mengikuti serangkaian proses di akhirat salah satunya adalah hisab. Amal mereka semua kelak akan ditimbang dan dihitung untuk mendapatkan balasan sesuai amal mereka ketika hidup didunia. 

Setiap jin yang kafir dan durhaka kelak diakhirat akan digiring kedalam alam siksaaan yang sangat pedih yaitu neraka Bersama setan dan iblis. Pintu-pintu neraka menyambut penghuninya dari golongan manusia dan jin dengan azab yang sangat pedih. 

Sebaliknya  untuk golongan jin islam, Allah akan berikan mereka sebuah kenikmatan surge yang sangat nikmat. Imam Ibnu Katsir juga menjelaskan, bahwa Golongan Manusia dan Jin yang beriman kepada Allah SWT tentulah mereka semua akan masuk surge yang didalamnya penuh dengan berbagai kenikmatan yang haqiqi.

Nah itulah sekilas dibalik kisah asal usul jin seetan dan nasib mereka di akhirat. Tentunya kita berharap agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT dari kejahatan dan tipu daya setan dan kroni-kroninya. Kita bisa melakukan cara Rasulullah diatas untuk mengatasi gangguan makhluk halus di rumah kita, yaitu salh satunya selalu mendawamkan membaca  Surat Albaqarah dirumah kita. Insya Allah Rumah kita aman, diberkahi dan dilindungi Allah SWT Amin.

Video Selengkapnya:


 

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah ASAL USUL JIN & SETAN Dan Nasib Mereka Setelah Mati Di Hari Kiamat || Hidayah Ilahi Official"