Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Azab Kubur Orang Yang Suka Meninggalkan Sholat Fardhu - 15 Macam siksa Dunia Akhirat


Sholat adalah tiyang agama, jangan sampai seorang muslim tidak sholat dan hanya islam ktp. Karena akan ada azab mengerikan yang menimpanya di dunia, dan akhirat bila meningglkan sholat.  Hukum Sholat sendiri adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim. Sejak anak berusia 7 tahun seorang wali/ orang tua anak itu wajib memerintahkan sholat kepada putranya. Ketika sudah beranjak besar berusia 10 tahun maka seorang wali/ orang tua wajib memukul si anak apabila lalai dan meninggalkan ibadah sholat. Hal ini sangat penting dilakukan karena telah disyariatkan dalam islam. Barang siapa yang mengerjakan sholat tentulah dia orang yang beruntung dunia akhirat, tapi barang siapa yang melalaikanya maka tunggu siksaan Allah dating pasti. Berikut kisah Azab pedih orang yang meninggalkan Sholat.

Ada sebuah hadist dari Samurah bin Jundub yang  mengisahkan, bahwa dahulu rasulullah pernah mengisahkan mimpinya tentang siksa kubur kepada para sahabatnya. Ketika itu Rasulullah diajak 2 malaikat mendatangi seseorang yang tengah berbaring. Di atas orang itu ternyata ada orang lain yang tengah membawa bongkahan batu. Tidak berselang lama orang lain itu menjatuhkan batu itu kekepala orang yang sedang berbaring hingga pecah kepalanya. ketika orang yang berbaring kembali utuh, maka orang lain itu kembali melemparkan batu berulang-ulang hingga hari kiamat. Setelah melihat kondisi itu, malaikat menjelaskan kepada rasulullah,  bahwa orang itu adalah orang yang melalaikan sholat fardhu 5 waktu.

Kelak siapapun orang yang melaksanakan sholat dengan baik pasti akan mendapat kenikmatan di dunia dan akhirat. Tetapi kalau berani meninggalkanya maka siap-siaplah mendapat azaab yang sangat pedih. Didalam kitab Irsyâdu al-‘Ibâd karya Syekh Zainuddin al-Malibari dijelaskan bahwa kelak akan adan lima belas siksaan kepada siapa siapa yang meninggalkan sholat. Adapaun 6 buah siksaan akan di alami orang itu ketika masih di dunia, adpun 3 siksaan lain ketika mati, adapun 3 siksaan lain di dalam kubur dan tiga siksaan lagi setelah bangkit dari kubur. 

Siksaan di dunia bagi orang yang meninggalkan sholat diantaranya yaitu Allah Akan mencabut seluruh keberkahan umur orang itu, tentu hal ini akan sangat mensulitkan, karena hidup akan terasa berat, rezeki dan ekonomi terasa mencekik dan akan banyak datang masalah dan musibah silih berganti. Selain itu akan dihilangkan juga tanda-tanda kesholihan dari wajah orang itu. Ruginya lagi seluruh amal-amal perbuatan baiknya tidak akan memperolah pahala sedikitpun.  Hal ini juga sangat disayangkan karena dapat menjadikan amal baik kita menjadi sia-sia dan tidak berguna.

Baca Juga: Kisah Aisyah Istri Rasulullah Saat Cemburu Kepada Khadijah

Baca Juga: Kisah Azab Pedih Orang Yang Suka Meninggalkan Sholat

Selain  itu ketika orang itu berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah swt maka Allah akan menolaknya dan tidak akan mengabulkan setiap perhomonan dan doa-doa yang dipanjatkan, mirisnya lagi  jenis orang-orang seperti ini  tidaklah akan memperolah sebuah bagian doa-doanya orang-orang yang shalih. Sanksi social juga akan di jatuhkan kepada orang jenis ini,  orang-orang yang suka meninggalkan sholat maka dia akan banyak sekali di benci banyak sekali orang. Masyarakat tentu akan banyak menjauhi orang-orang pendosa seperti ini.

Selai itu semua, ada tiga macam siksaan ketika orang yang meninggalkan sholat itu mati.  Orang itu akan mati dalam keadaan yang sangat terhina, dia juga  akan mati dalam kondisi lapar dan haus. Gambaran kehausan itu adalah apabila orang itu meminum air lautan pasti tidak akan bisa menghilangkan rasa haus dan dahaganya. Peristiwa ini benar-benar sungguh menyiksa dan mengerikan. 

Setelah orang itu mati, maka dia akan menerima banyak sekali azab-azab kubur yang sungguh menyakitkan. Diantaranya tubuh orang itu akan dihimpit dengan sekencang-kencangnya hingga membuat tulang-tulang rusuknya bersimpangan dan hancur. Tidak hanya itu saja tubuh orang itu akan dibakar dengan bara api yang sangat panas sekali. Rasa sakit yang dialaminya itu sebenarnya belum seberapa dibandingkan kelak dengan siksaan bara api super panas yang ada di neraka.

Didalam alam kubur juga, orang itu akan hidup dengan sesosok ular-ular raksasa yang sungguh mengerikan. Ular-ular raksasa itu bernama Asy-Syuja’ Al Aqra’. Ular ini jelas berbeda dengan ular-ular terganas di dunia saat ini. Ular-ular inilah yang diutus Allah untuk memberikan pelajaran dan azab kubur kepada orang itu. tidak segan-segan ular itu menyiksa dengan sengatan dan kekuatannya kepada orang-orang yang semasa hidupnya kerap melalaikan dan meninggalkan shalat.

Tidak cukup sampai di alam barzah saja. Setelah di bangkitkan di hari kiamat  orang-orang yang lalain terhadap sholatnya akan menerima 3 buah siksaan yang sangat dasyat lagi. Orang-orang itu nantinya akan di gelandang menuju padang mashsyar . di akhirat orang itu akan mendapat hisab yang sangat berat akibat perbuatannya ketika meremehkan sholat semasa hidupnya. 

Di waktu itu pula Allah sangat benci dengan hamba-hamba yang membangkang terhadap perintah-perintahnya. Sudah tahu bahwa sholat itu adalah sebuah perintah dan kewajiban bagi seorang muslim, tetapi kenapa malah meremehkannya dan lebih mementingkan urusan duniawi yang sungguh tidak ada manfaatnya sama sekali. Inilah sebuah kerugian yang luar biasa, hingga membuat Allah sangat membenci tipe-tipe orang seperti itu.

Akibat perbuatan buruk yang dibuat, selanjutnya orang yang lalai sholat itu kemudian dimasukkan kedalam neraka yang sangat panas. Api-api neraka akan membakar dan menghanguskan orang-orang yang menentang perintah Allah SWT. Orang-orang itu akan hidup Bersama kawan-kawanya dari golongan manusia jin setan dan iblis. Namun Apabila orang-orang islam yang lalai sholat itu mati dalam keadaan membawa iman sekecil apapun, maka nantinya orang itu akan mendapat pertolongan untuk keluar neraka dan dimasukkan kedalam surge. Seluruh umat islam pasti akan masuk kedalam surge, namun apabila amal perbuatann buruknya lebih berat dari amal baik, maka orang itu harus masuk neraka dulu sebelum dimasukkan kedalam surga. Semoga kisah ini bermanfaat. Wallahu A’lamu Bishowab.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb


Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Azab Kubur Orang Yang Suka Meninggalkan Sholat Fardhu - 15 Macam siksa Dunia Akhirat"