Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Dasyatnya Siksa Kubur Sebab Air Kencing Di Masa Rasulullah SAW Yang Sangat Mengerikan


Coba kalian fikir, pasti kebanyakan orang awam terlalu menyepelekan masalah adab buang hajat. Jadi mereka sering sekali kencing atau buang air besar semaunya sendiri. Terkadang nih banyak cowok/ cewek buang hajat sembarangan, kadang ada yang di bawah pepohonan, ada pula yang di semak-semak, ada dupa ditoilat yang kesemuanya dilakukan dengan cara berdiri/ tidak memperhatikan najisnya. Padahal perkara itu sungguh berat dampaknya diakhirat.

Cara sembarangan di atas ternyata sangat dilarang dalam islam, karena dapat mendatangkan mala petaka di alam kubur. Kebanyakan sebab siksa dan azab kubur ternyata disebabkan oleh orang-orang yang tidak bisa menjaga  air kencingnya ketika buang hajat. Mirisnya lagi, banyak sekali orang awam ketika kencing tidak cebok dan tidak mensucikan kemaluan dari kotoran najis yang mengenai badan. Rasulullah menjelaskan bahwa mayoritas azab kubur adalah sebab tidak bersuci setelah kencing.

Ada sebuah kisah mengerikan dimasa Rasulullah SAW.  Dahulu Rasulullah SAW pernah melakukan sebuah perjalanan. Beliau juga mengajak beberapa sahabatnya untuk menemaninya didalam perjalanan.  Namun tidak disangka, Didalam perjalanan  itu Rasulullah dan para sahabat melewati  sebuah pemakaman.  Dipemakaman itu ternyata ada dua buah kuburan manusia. Kedua kuburan itu nampaknya ada sesuatu yang aneh .

Rasulullah lalu berjalanan mendekati kedua kuburan itu. Ternyata Ada peristiwa dasyat di dalam kubur itu. Rasulullah mengetahui bahwa kedua orang berada didalam kubur itu tengah merintih disiksa dengan siksa yang cukup berat.  Kedua ahli kubur itu ternyata disiksa bukan sebab dosa besar, tetapi disebabkan karena suka kencing tidak bersuci dan sebab mengadu domba.

Baca Juga: Kisah Lucu Sahabat Umar Membentak Malaikat Kubur Sampai bingung dan Kabur

Setelah mendapati kejadian dasyat itu, Rasulullah kemudian mengambil sebuah pelepah kurma yang kondisinya masih basah. Rasululla lalu membelah pelepah kurma basah itu menjadi dua buah bagian. Hal-hal yang dilakukan rasulullah itu, membuat para sahabat yang menyaksikannya keheran-heranan. Sebenarnya untuk apa rasulullah mengambil pelepah kurma itu dan sebenarnya kenapa juga pelepah kurma itu dibelah menjadi 2 bagian .

Setelah Rasulullah membelah pelepah kurma itu, Rasulullah lalu menancapkan kedua belahan pelepah kurma itu di atas kuburan. Setiap kuburan ditancapkan masing-masing 1 bagian pelepah. Para sahabat yang heran kemudian bertanya kepada rasulullah SAW. Rasulullah lalu menjelaskan bahwa dengan pelepah kurma itu bisa meringkankan azab kubur selagi pelepah itu belum mongering.

Oleh sebab itu hendaknya kita harus berhati hati dan menggunakan adab saat kencing. Setelah buang air bersucilah menggunakan alat sesuci  sampai bersih.  jangan sampai percikan air kencing itu menyebar dan mengenai pakaian kita. Kalau pakaian itu kita gunakan untuk sholat tentulah tidak sah karena masih membawa najis. Ketika kita buang air, pastikan juga kita kencing dengan tuntas, jangan sampai setelah kencing masih ada setetes air kencing yang mengalir keluar. Maka perlu sekali adab dan langkah langkah buang air yang benar.

Rasulullah SAW juga mengajari umatnya cara posisi kencing yang betul, Ada sebuah hadist dari Suraqah bin Malik radliyallahu 'anhu. Bahwa Rasulullah mengajarkan tata cara posisi kaki saat buang hajat di wc. Cara posisi duduk seorang yang tengah kencing atau berak, yaitu dengan posisi duduk di atas tungkai kaki kiri dan menegakkan kaki kanan. Tujuannya, adalah untuk menuntaskan sisa-sisa air kencing yang belum keluar.

Semoga kisah dan penjelasan tentang pentingnya bersuci setelah kencing/ buang air besar bisa diperhatikan dan dijaga. Sebab hal itu sangat penting dengan adanya informasi azab yang kelak pasti diterima di Alam Akhirat. Air kencing/ tai adalah Najis, jadi kalau percikannya mengenai pakaikan kita yang kita akan gunakan untuk sembahyang, maka jelas bisa menyebabkan tidak sah-nya Sholat Kita. Kalau tidak sah, inilah yang menjadi persoallanya. Maka bener-bener diperhatikan selalu. Terima kasih semoga bermanfaat. Wallahu A’lamu Bishowab.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Dasyatnya Siksa Kubur Sebab Air Kencing Di Masa Rasulullah SAW Yang Sangat Mengerikan"