Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Karomah Wali Jadzab Gresik Yang nyentrik (Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf ) || Hidayah Ilahi Official

Karomah adalah kemuliaan atau kehormatan yang luar bisa yang tak bisa dinalar akal manusia biasa yang terjadi pada diri seseorang yang berpangkat waliyullah. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak sekali waliyullah, dan setiap para wali Allah memang berbeda-beda dengan karomah yang dimilikinya. Pada saat itu di makam Syaikhona Kholil Bangkalan Madura, kedatangan seseorang  nyentrik yang dikenal sebagai wali jadzab, yakni Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik. 

Wali jadzab ini tak lain adalah cucu wali qutub Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik. Makam sang kakek yang berada di Gresik sangat lah ramai diziarahi umat islam seluruh dunia. Habib Bakar ini memang sudah lama dikenal wali jadzab, di dalam kesehariannya. Bahkan Habib Bakar ini tidak sebagaimana seorang ulama. Bahkan tidak sedikit yang melihatnya orang biasa-biasa saja. 

Karena tak ada pakaian kebesaran yang melekat di diri beliau, sehinggga orang mengenalinya memang tidak mudah. Demikian pula saat Habib Bakar datang di makam Syaikhona Kholil Bangkalan, Madura. Beliau langsung duduk di mimbar masjid makam Syaikhona Kholil Bangkalan. Ketika itu beliau sedang duduk di mimbar masjid, Habib Bakar pun tidak memakai baju, beliau hanya mengenakan pakaian sarung berwarna putih, dan memakai kopyah hitam saja,  dan sambil merokok. 

Kedatangan Habib Bakar langsung disambut oleh KH. Abdul Adzim Kholili, pengasuh pondok pesantren Kepang Bangkalan. Kiyai Abdul Adzim saat itu juga membaca burdah, setelah menemui Habib Abu Bakar untuk duduk santai bersama. Habib Bakar memang tak bisa dipungkiri, beliau selalu dihormati para ulama. Bakan banyak sekali peristiwa-peritiawa yang sangat aneh yang terjadi dalam diri beliau :

Baca Juga : Full Kisah Karomah Hebat Habib Umar bin Hafidz

- Kesaksian Supir Angkot

Seorang supir angkot dari Gresik bernama Rohman Adiputra menceritakan : "Subhanallah, ini fakta. Saya dulu supir angkot. Waktu itu beliau penah ikut naik angkot saya muter-muter kota Gresik. Dan beliau duduk di depan cuma pakek sarung saja tanpa memakai baju. Lalu beliau saya kasih satu bungkus rokok tetapi beliau tidak mau, beliau hanya mengambil 3 batang rokok saja, yang 2 batang beliau taroh di telinga kanan dan kiri, yang 1 batang beliau hisap. 

Ketika saya tawarkan yang lain beliau tidak mau lagi hanya cukup 3 batang rokok saja. Subhanallah. Pada saat itu tanpa aku sadari penumpang begitu banyak turun naik turun naik. Padahal waktu itu mobil angkot yang lain banyak, tapi sepi gak ada penumpangnya, hanya punya saya saja yang rame penumpang. Tapi saya tahu itu waliyullah yang selalu membawa berkah rezeki. Semoga beliau selalu disayangi Allah. Amiin amiin amiin."

- Menolong Tukang Becak

Pada saat itu ada tukang becak yang bernama pak Imam yang sedang kesusahan dari pagi belum punya penumpang. Ketika itu dengan tiba-tiba datang lah Habib Bakar minta untuk naik becaknya. Pada saat ditengah mengayun becak itu, tiba-tiba ada mobil yang menyalib dan memberhentikan becak pak Imam. Ketika berhenti, Lima orang bersorban dan bergamis turun dari mobil tersebut. 

Kaget dan sangat khawatir, karena pak Imam baru saja membawa Habib Bakar. Lima orang tersebut, lalu mengucapkan salam dan mencium tangan Habib Bakar. Salah satu dari rombongan itu, tiba-tiba mengeluarkan sebuah amplop tebal dan memberikanya kepada pak Imam. Dengan rasa ragu dan kaget, pak Imam merasa bingung seolah dirinya sedang di alam mimpi. "Pak terimalah amplop ini. 

Baca Juga : Kisah Karomah Super Habib Luthfi bin Yahya

Jangan ragu, ini rizki bapak. Bapak sangat membantunya," Kata orang itu.  Tak lama Habib Bakar kemudian lalu turun dari becak itu, dan memberikan suatu isyarat kepada pak Imam agar menerima amplop tersebut. Kemudian Habib Bakar lalu pergi dengan jalan kaki tanpa sepatah katapun. Pak Iman pun gemetar, dan sambil berlinang air mata, dengan tangis yang begitu bahagia wujud syukur kepada Allah SWT.

- Jama'ah Heran Saat Meminta Nama Anaknya

Suatu hari ada salah satu jama'ah yang minta nama untuk anaknya, Habib Bakar memberikanya nama Fatimah. Jama'ah itu bingung, karena sudah bilang kalau anaknya laki-laki sesuai hasil USG. Ternyata betul, setelah lahir bayi itu ternyata memang perempuan.

- Hujan Berhenti Dengan Sendirinya

Ketika itu ada seorang jamaah bingung karena musim hujan tanpa henti, sudah 10 hari. Banyak yang basah, tak bisa kering. Ketika Habib Bakar datang, kondisi cuaca langsung panas sampai tiga hari. Semua yang basah jadi kering semua. Setelah tiga hari itu, Habib Bakar pergi lagi, lalu hujan tak berhenti lagi.

- Masuk Sumur Langsung Hilang

Keanehan yang terjadi pada Habib Bakar adalah beliau pernah masuk sumur, dan langsung menghilang tinggal sarungnya saja. Kemudian ketemu dimakam kakeknya sedang memeluk nisan.

- 15 Tahun tidak Makan dan minum

Habib Abu Bakar ini juga pernah 15 tahun, di dalam kamar tanpa makan dan minum sedikitpun. wallahu a'lam bishawab.

Baca Juga : Kisah Hebat Waliyullah as-Syyid Muhammad Alawi Al-Maliki

Demikian lah karomah wali jadzab Habib Bakar yang sangat luar biasa yang tak bisa dinalar manusia biasa. Maka dari itu kita jangan berburuk sangka kepada orang yang dhohirnya seperti orang gila. Karena siapa tahu itu adalah wali Allah SWT, yang memang beliau agar tidak mudah dikenal sama orang lain. wallahu a'lam bishawab...Semoga kisah diatas bisa kita ambil hikmah dan manfaatnya, Amiin.. Sekian, wassalamu'alaikum wr,wb.


Posting Komentar untuk "Kisah Karomah Wali Jadzab Gresik Yang nyentrik (Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf ) || Hidayah Ilahi Official"