Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah LUCU Umar Bin Khatab Membentak Malaikat Munkar Nakir Di Alam Kubur Sampai Bingung dan Kabur

Siapa yang tidak kenal dengan Sahabt Umar Bin Khatab?. Tentu kita sebagai seorang muslim mengenalnya salah satu dari keempat khulafaurrosidin. Pada artikel kali ini, penulis mau memberikan kisah-kisah para sahabat. Disini akan kami bahas mengenai kisah sahabat Umar Bin Khatab yang lumayan lucu dan hebat. Yaitu kisah ketika Sahabat Umar bin khatab membentak malaikat munkar nakir ketika mendapat pertanyaan dari mereka. Yang lucu nya lagi para malaikat itu justru bingung dan memilih kabur pergi menghadap Allah SWT. Selengkapnya simak artikelnya sampek finish pokoknya ya.

Sosok Sayyidina Umar Bin Khatab adalah seorang yang gemarnya mabuk berat. Beliau suka sekali minum khamr dan anggur. Dimasa berkembangnya islam yang di bawa rasulullah, kekejaman sayyidina umar palah menjadi-jadi. Beliau suka menentang ajaran rasulullah dan kerap sekali melakukan penganiayaan terhadap orang-orang yang selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. Namun perilaku itu semua terjadi saat beliau masih masa jahiliyah dan belum memeluk agama Islam.

Namun Saat Sahabat umar ditunjukkan jalan yang lurus oleh Allah SWT, maka akhirnya beliau diluluhkan hatinya untuk menerima islam sebagai Agama yang Haq. Setelah menajdi seorang muslim sosok Sahabt umar ini semakin disegani kaum muslimin, beliau juga sangat tangkas dalam membela ajaran rasul dan paling terdepan menentang siapa-siapa saja yang menghalangi persebaran Agama yang diridhai Allah ini. Karena keistimewaan inilah sang rasul sangat salut dengan keberanian sahabat umar. Hal inilah yang akhirnya nabi Muhammad menggelarinya dengan nama (Al-Faruq). Al Faruq sendiri memiliki filosofi yaitu insan yang mampu pemisah diantara kebattilan dengan kebenaran. 

Adapun di mata orang kafir, sosok sayyidan umar ini juga begitu ditakuti para kaum kafir dan kaum musyrikin. Hal ini karena keberanian sayyidina umar yang benar-benar super. Sayyidina umar ini juga ahli sekali di medan peperangan dalam berjihat melawan kejahatan para kaum kafir Quraish. Selain itu pula, sosok sayyidina ustman ini juga sangat ditakuti para makhluk-makhluk halus seperti jin setan dan iblis. Bahkan sangking wibawanya sayyidina umar ini, setan tidak berani sama sekali untuk melewati jalan-jalan yang  terdapat tapak kaki sayyidina umar bin khatab itu. Subhanallah…

Ada sebuah kisah menarik dalam kitab Al-Hâwî lil Fatâwî karya imam Jalaludin As-Suyuthi . Dahulu Rasulullah pernah menceritakan kepada sahabat-sahabatnya tentang malaikat Munkar dan nakir di alam kubur. Rasulullah menceritakan bahwa malaikat munkar & nakir akan menemui setiap manusia di alam kubur dengan wajah menyeramkan, berkulit hitam, bersi keras dan sifat bengis yang sungguh menakutkan sekali. Kedua malaikat itu juga nantinya akan memberi pertanyaan kepada si mayit.

Ketika sahabat umar mendengarkan penjelasan Rasulullah itu, Beliau lalu berkata kepada Rasulullah “Ya Rasulullah, apa disaat dikuburan, nantinya diriku seperti sekarang ini?...” “Ya tentu saja,” jawab Rasulullah. Dengan keberanianya sahabat umar berjanji kelak setelah wafat beliau akan berusaha melawan malaikat itu.  Makhluk yang digambarkan rasulullah dengan kebengisanya itu, ternyata tidak membuat Sayyidina umar takut sama sekali, palah beliau berikrar akan melewanya.

Baca Juga: Kisah Tragis Nasib Malam Pertama Di Alam Kubur Orang Kafir Vs Orang Mukmin Setelah Kematian

Dan ternyata yang diungkapkan sayyidina umar ternyata benar. Suatu kita sayiidna umar bin khatab meninggal dunia. Beliau wafat meninggalkan salah satu anaknya yang bernama Abdulllah. Suatu Malam Abdullah tertidur dan bermimpi bertemu sanga Ayah yaitu Sayyidina Umar. Si anak sangat penasaran dengan kondisi ayahnya di alam kubur. Oleh sebab itu Abdullah lalu bertanya kepada Ayahnya mengenai seperti apa kondisinya di alam kubur. Setelah mendengar pertanyaan dari Abdullah, Sayyidina Umar lalu menjawabnya.

Sayyidina umar lalu menceritakan kisah unik yang dialaminya ketika ditanya oleh malaikat munkar dan nakir. Suwaktu di alam kubur, Sayyidinia umar di datangi oleh sosok malaikat munkar & Nakir. Malaikat itu datang lalu memberi beberapa pertanyaan  “ Man Robbuka (siapakah Tuhanmu) , Mann nabiyyuka (siapakah nabimu)? Lalu dengan mudahnya sayyidna umar menjawab setiap pertanyaan yang di tanyakan malaikat. Sayyidina umar menjawab dengan mudahnya. “ Allah Tuhanku. Muhammad Nabiku". 

Setelah itu Dengan keberanianya, Sayyidina Umar lalu Membentak dan bertanya balik kepada malakat munkar dan nakir “ Hei kalian berdua, siapakah Tuhanmu? Mendapat pertanyaan aneh seperti itu kedua malaikat itu saling berpandangan dan kebingungan . Salah satu malaikat itu berkata. “ waduh, ini ternyata adalah Umar bin Khattab”. Setelah mengetahui siapa yang berada didepanya, Lalu kedua malaikat itu pergi kebingungan meninggalkan Sayyidina Umar bin Khatab.

Keberanian sayyidina umar memang tidak hanya dikenal pemberani ketika hidup di dunia saja tetapi juga terkenal pemberani ketika menghadapi para malaikat di alam kubur bahkan sampai berani balik bertanya. Keberanian ini jugalah yang membuat para setan dan iblis sangat takut terhadap sayyidina umar bin khatab.

Selain sayyidina umar banyak para ulama yang meriwayatkan  dalam kitab karyanya tentang peristiwa-peristiwa yang sama persis dialami seperti sayyidina umar. Salah satunya adalah kisah Yazid bin Harun yaitu salah satu guru dari Imam Ahmad bin Hambal. Dahulu Yazid bin harun  adalah seorang ulama yang sangat Alim, Kharismatik dan tsiqah. Kekuataan hafalan beliau juga sangat tinggi. Imam syafii juga menyaksikan sendiri bahwa Yazid bin harun mampu dan sempurna menghafal 24 ribu hadist lengkap dengan sanadnya. 

Tidak hanya itu saja, Yazid bin harun juga terkenal seorang yang sholih dan ahli ibadah. Beliau juga memiliki kekuatan ibadah yang tinggi. Hal yang paling luar biasa adalah beliau mampu terbiasa melakukan sholat dari waktu isyak sampai waktu subuh. Karena keistimewaan inilah beliau sangat dihormati dan menjadi ulama rujukan dizamanya. Bahkan waktu itu beliau juga sangat ditakuti oleh Penguasa di waktu itu.

Ketika Yazid bin harun wafat. Di dalam kubur beliau kedatangan dan ditanya oleh malaikat munkar dan nakir tentang siapa tuhanya dan siapa nabinya. Tapi dengan keberanianya Yazid bin harun palah berkata “Pertanyaann seperti ini ditanyakan kepada diriku? Sedangkan selama 80 tahun lamanya diriku mengajarkan jawaban pertanyaan itu ke orang banyak”.  Mendengar jawaban itu Lalu kedua malaikat itu kebingungan dan nylonong pergi meninggalkannya. Dari penggalan  kisah di atas, Imam Suyuti  memberikan penjelasan tentang orang-orang yang tidak menerima pertanyaan kubur. Orang-orang itu diantaranya yaitu orang yang mati syahid, para shodiqin dan lain-lain. Nah itulah kisah Lucu ketika sahabat umar bin khatad berhadapan dengan pertanyaan malaikat munkar nakir di alam kubur. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lamu Bishowab

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah LUCU Umar Bin Khatab Membentak Malaikat Munkar Nakir Di Alam Kubur Sampai Bingung dan Kabur"