Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Gerakan Sholat Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Di Ketahui


Sholat adalah salah satu ibadah yang wajib hukumnya bagi umat muslim yang harus dilaksanakan setiap harinya. Sholat juga merupakan tiang agama, apa bila tidak dilaksanakan maka tiang agama tersebut akan rapuh. Sholat juga tidak hanya ibadah yang akan dijadikan bekal untuk di akherat nanti. Namu, didalam gerakan sholat juga sangat baik bagi anatomi tubuh manusia yang dari sisi medisnya dapat menangkal berbagai macam penyakit. 

Berbagai gerakan sholat mulai dari awal takbiratul ikhram sampai salam, ternyata memiliki masing-masing makna yang luar biasa untuk kesehatan fisik dan mental. Bahkan gerakan sholat bisa untuk keseimbangan spiritual dan emosional. Berikut ini manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh kita :


Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram adalah gerakan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga. Kemudian melipat kedua tangan di bagian depan perut atau dada bagian bawah. Kegunaan gerakan ini bisa melancarkan aliran darah dari jantung kedua tangan, dan meperkuat otot pada lengan. Selain itu juga posisi jantung memungkinkan darah akan mengalir lancar keseluruh tubuh. 

Di saat mengangkat kedua tangan, otot pada bahu menegang sehingga aliran darah menjadi lancar. Kemudian kedua tangan di letakkan bagian bawah dada. Manfaat dari gerakan takbir ini bisa menghindarkan dari berbagai gangguan pada persendian, khususnya pada tubuh bagian atas. Baca Juga : Manfaat Berpuasa Sebagai Ibadah Wajib baik Untuk Kesehatan Tubuh

Rukuk

Rukuk adalah gerakan dimana punggung atau tulang belakang menunduk lurus, dan posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini untuk menjaga kesempurnaan fungsi otot-otot tulang belakang sebagai penyangga tubuh, dan memperlancar aliran darah ke syaraf pusat. Selain itu posisi jantung juga sejajar dengan otak, maka aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu lutut akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga kebawah. Selain itu, posisi rukuk merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

I'tidal

I'tidal adalah gerakan bagun dari rukuk dimana tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan. Manfaat dari gerakan i'tidal ini ketika badan tegak berdiri dan bungkuk merupakan latihan yang sangat baik bagi percernaan organ-organ dalam perut. Organ-organ percernaan di dalam perut akan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian yang menjadikan percernaan akan lebih lancar.

Sujud

Sujud adalah gerakan menungging dengan meletakan kedua telapak tangan, kening, hidung, mulut, lutut, dan ujung kaki pada lantai ( pada sajadah ). Pada saat posisi menungging, maka aliran getah bening dipompa kebagian leher dan ketiak. posisi otak akan lebih rendah dari pada jantung menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya fikir seseorang. Maka dari itu, lakukan sujud dengan tuma'ninah, dan jangan tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya otak. Postur ini juga menghindarkan dari gangguan wasir.

Duduk

Ketika duduk dalam sholat ada dua macam, yaitu tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaannya terletak pada posisi telapak kaki saja. Pada saat duduk tahiyyat awal, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus. Dengan duduk seperti ini akan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri dan vena. 

Selain itu, seluruh sendi-sendi yang ada di tungkai, kaki, dan jari, menjadi lentur dan tidak kaku. Saat duduk tahiyyat akhir sangat baik bagi pria, sebab tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria ( prostata )dan saluran Vas deferens. Baca Juga : Air Zamzam Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Salam 

Salam merupakan gerakan menengok ke kanan dan kiri secara maksimal. Gerakan yang seperti ini memiliki khasiat untuk melenturkan otot pada leher kepala dan menyempurnakan aliran darah saraf kepala. Manfaat dari gerakan ini bisa mencegah sakit kepala dan bisa mejaga kekencangan kulit wajah.

Itulah manfaat dari beberapa gerakan sholat yang tentunya baik sekali untuk pencernaan di dalam tubuh kita. Maka dari itu, kita harus rajin-rajin sholat agar kesehatan kita bisa terjaga dengan baik. Di samping itu juga kita mendapat pahala sholat lima waktu setiap harinya. Semoga bermanfaat,   wassalamu'alaikum wr,wb.

Posting Komentar untuk "Manfaat Gerakan Sholat Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Di Ketahui"