Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tata Cara Sholat Bagi Orang Sakit yang Harus di Ketahui


Sholat merupakan suatu ibadah yang wajib dilaksanakan umat islam untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Tentu sebagai umat islam tidak boleh meninggalkan sholat, walapun itu hanya satu waktu. Lalu bagaimana dengan orang yang sakit, apakah wajib mengerjakan sholat ? Lalu bagaimakah caranya ? Adapun orang-orang yang sakit selama akalnya masih sehat, tetap diwajibkan melakukan sholat lima waktu. 

Karena sholat lima waktu itu hukumnya fardhu'ain atas setiap mukallaf ( yang sampai umur ) dan tidak boleh ditinggalkan atau melalaikannya. Udzur sholat hanya di waktu tidur dan lupa. Jika sudah terbangun atau telah teringat, maka wajib mengerjakannya. Adapun orang yang tidak mampu berdiri atau sebab sakit, dibolehkan sholat dengan duduk. 

Baca Juga : Memahami Tata Cara Sholat dan Batasan Waktu-waktu Sholat Fardhu 5 waktu

Jika tidak mampu sholat dengan duduk, maka diperbolehkan sholat dengan  berbaring. Jika tidak mampu berbaring diperbolehkan sholat dengan terlentang atau semampunya, sehingga dibolehkan juga dikerjakan dalam hati. Berikut adalah tata cara sholat bagi orang yang sakit :

Sholat Dengan Duduk

Cara sholat dengan duduk yaitu, duduk seperti duduk tahiyyat awal atau bersila, lalu niat dan bertakbir serta meletakkan kedua tangan di atas perut. Kemudian membaca doa iftitah lalu di teruskan membaca surat Fatihah seperti biasa, kemudian ruku' ( menundukkan kepala hingga sejajar antara dahi dengan tempat sujud ) dan membaca tasbih ruku'.

Setelah itu, lalu i'tidal ( duduk kembali seperti semula lagi dan lepaskan kedua tangan ) dan sambil membaca tasbih i'tidal. Sesudah itu, kemudian sujud sebagaimana sujud biasa dan sambil membaca tasbih sujud. Kemudian duduk kembali menyempurnakan raka'at yang pertama. Begitulah seterusnya hingga salam.

Baca Juga : Tata cara Sholat Istikhoroh yang Harus di Ketahui

Sholat Jika Tidak Mampu Duduk

Cara sholat bila tidak mampu duduk yaitu mengerjakannya dengan cara kedua kaki diarahkan ke arah qiblat, lalu kepalanya ditinggikan dengan menggunakan alas bantal dan wajahnya diarahkan ke qiblat, lalu niat dan bertakbir serta meletakan kedua tangan di antara dada. 

Kemudian membaca doa iftitah dan Fatihah seperti biasa, kemudian ruku' ( cukup menggerakkan kepala kedepan ) kemudian sujud ( menggerakan kepala lebih ke depan dan lebih ditundukkan ). Begitulah seterusnya hingga salam.

Sholat Dengan Berbaring

Cara sholat dengan berbaring yaitu hendaklah berbaring di atas rusuk yang sebelah kanan dengan menghadapkan anggota tubuh seperti wajah, dada, perut, dan kaki kearah qiblat, lalu berniat dan takbir seperti biasa. Ruku' dan sujud cukup dengan menggerakan kepala menurut kemampuannya. 

Apabila tidak dapat megerjakan dengan cara berbaring, maka cukup dengan isyarat saja, baik dengan kepala maupun dengan kedua mata. Dan jika semuanya tidak mungkin ( tidak bisa ), maka boleh dikerjakan di dalam hati, selagi akal dan jiwa masih ada.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Taubat Lengkap Sesuai Sunnah Rarasulullah SAW

Itulah tata cara sholat bagi orang yang sakit ketika tidak mampu berdiri. Jika Anda mengalami hal yang sama, Anda juga bisa mengamalkannya dengan tata cara diatas. Dan Anda juga bisa mengajarkan tata cara diatas, apabila keluarga atau saudara mengalami hal yang sama. Dan semoga keterangan diatas bisa bermanfaat Amin. 


Wassalamu'alaikum wr,wb. 


Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Bagi Orang Sakit yang Harus di Ketahui"