Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tata Cara Sholat Qabliyah Subuh atau Sholat Sunnah Fajar

Sholat qobliyah subuh

Sebagian besar kita umat muslim tentu telah sering melaksanakan sholat sunnah qabliyah Subuh, atau yang biasa dikenal dengan sholat fajar. Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan tentang tata cara mengerjakan sholat sunnah qabliyah subuh atau sholat sunnah fajar Yang benar sesuai dengan sunnah Nabi SAW.

Pengertian Sholat Qabliyah Subuh

Sholat sunnah berarti sholat yang dianjurkan, yang apabila dikerjakan, maka akan mendapat pahala, dan bila ditinggalkan, maka tidak dikenai hukuman siksa. Qabliyah subuh berarti sebelum sholat subuh. Jadi, sholat sunnah qabliyah subuh adalah sholat yang dianjurkan dilakukan sebelum sholat subuh. Sholat ini dikenal pula dengan nama sholat sunnah fajar atau sholat sunnah subuh. Penamaan ini merujuk pada waktu pelaksanaannya yang dilakukan setelah fajar atau setelah masuknya waktu subuh.

Waktu Pelaksanaan Sholat Qabliyah Subuh

Sholat sunnah qabliyah subuh dilakukan setelah masuknya waktu subuh setelah adzan subuh, sampai sholat subuh dilaksanakan. Diriwayatkan dari Hafshah Ra : "Bahwa Rasulullah SAW, apabila muadzin telah diam atau selesai dari adzan sholat subuh, maka beliau sholat dua rakaat yang ringan sebelum sholat subuh didirikan." ( HR. Bukhari dan Muslim )

Baca Juga : Tata Cara Sholat Taubat Lengkap Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Jadi, batas awalnya adalah setelah masuk waktu subuh, dan batas akhirnya adalah setelah sholat subuh. Dari sini apabila seseorang telah mengerjakan sholat subuh, maka waktu itu menjadi terlewatkan baginya. Bila ia tetap mengerjakannya, maka ia terhitung sebagai qadha.

Catatan : Bila kita menghadiri sholat jama'ah, lalu iqamah subuh dikumandangkan, maka tak ada waktu lagi untuk mengerjakan sholat qabliyah subuh ini. Artinya kita harus kerjakan sholat jama'ah dan tinggalkan sholat sunnah. Diriwayatkan dalam hadits Rasulullah SAW : "Apabila iqamah telah dikumandangkan, maka tak ada sholat selain sholat wajib." ( HR. Muslim )

Namun bila Iqamah dikumandangkan, sementara kita tengah mengerjakan sholat qabliyah subuh, jika kita tidak khawatir tertinggal sholat jama'ah, maka baiknya sholat sunnahnya kita teruskan. Tapi jika kita khawatir tertinggal, maka lebih utama kita batalkan sholat sunnahnya. Demikian ini, karena menyempurnakan yang wajib adalah lebih utama ketimbang mengerjakan yang sunnah.

Niat Sholat Sunnah Qabliyah Subuh

Niat adalah : "Menyengaja sesuatu bersamaan ketika melakukannya." Jadi , niat adalah pekerjaan hati, bukan lisan. Adapun ucapan lisan, maka hanya berfungsi untuk mengingatkan hati agar tidak lupa. Berikut adalah niat sholat qabliyah subuh, yakni : "Aku niat sholat sunnah sebelum subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala." Prakteknya, saat kita hadirkan niat ini di dalam hati.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Istikhoroh Yang Penting Harus di Ketahui

Bacaan Sholat Sunnah Qabliayah Subuh

Pada prinsipnya, bacaan dalam sholat sunnah qabliyah subuh adalah sama seperti bacaaan sholat pada umumnya, mulai dari takbiratul ihram sholat hingga uluk salam. Hanya saja, ada bacaan khusus yang disunnahkan dibaca setelah Al-Fatihah di setiap rakaatnya, sebagaimana yang pernah dicontohkan Nabi SAW.

Bacaan pertama, membaca surat al-Kafirun di rakaat pertama dan membaca surat al-Ikhlas di rakaat kedua. Mengikuti keteranga hadits dari Aisyah Ra, bahwasanya Rasulullah SAW membaca di dua rakaat Fajar : Qul yaa ayyuhal kaafiruun ( surat al-Kafiruun  ) dan : Qul huwallahu ahad  ( surat al-Ikhlas ). Beliau membacanya dengan pelan. ( HR. Imam Ahmad dan ath-Thahawi )

Cara Pelaksanaan

Sholat qabliyah subuh atau sholat sunnah fajar ini dikerjakan dengan dua rakaat, secara sendirian. Mulai dari takbiratul ihram sholat hingga uluk salam.

Demikian lah Tata cara sholat qabliyah subuh atau sholat sunnah fajar yang tentunya kita bisa jalankan disetiap waktunya. Semoga dengan tata cara diatas kita bisa mengerjakanya dengan baik, istiqomah dan khusyuk. Semoga Allah SWT selalu menerima amal kebaikan kita, Amiin..Amiin.. ya robbal alamin. Sekian wassalamu'alaikum wr,wb.

Baca Juga : Tata Cara Mandi Wajib Lengkap dan Urut Sesuai Sunnah Rasulullah SAW




Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Qabliyah Subuh atau Sholat Sunnah Fajar"