Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tata Cara Sholat Taubat Lengkap Sesuai Dengan Sunnah Rasulullah SAW

Disetiap kali pasti kita melakukan dosa etah itu dosa kecil ataupun dosa besar. Maka kita diperintahkan untuk segera beristighfar dan bertaubat. Allah SWT telah memerintahkan kita dalam Al-Qur'an : "Dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah wahai semua orang-orang mukmin agar kalian beruntung." ( QS. An-Nuur: 31). Dan disamping istigfar dan taubat, kita juga disunnahkan untuk berwudhu, kemudian mengerjakan sholat. Sholat ini lah yang bisa dikenal dengan nama sholat Taubat. Bagaimana cara megerjakan sholat Taubat ? Berikut akan kami sampaikan penjelasan tentang tata cara sholat Taubat.

Pengertian Sholat Taubat

Sholat Taubat adalah sholat yang dikerjakan karena melakukan dosa, baik kecil ataupun besar, dengan tujuan agar memperoleh ampunan Allah. Sholat ini disebut pula sholat Istighfar, karena terdapatnya istighfar di dalamnya. Sebagaimana manusia, kita sadar bahwa kita adalah makhluk yang lemah, yang mudah lupa dan terjerumus ke dalam dosa. Karena itulah, kita punya kewajiban untuk terus beristighfar dan bertaubat dari dosa-dosa kita. Dan dari situ, maka sholat Taubat tak hanya dianjurkan dilakukan sekali, tapi bisa dan boleh berulang kali.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Istikhoroh yang Penting Harus di Ketahui

Hukum Sholat Taubat

Sholat Taubat adalah disunnahkan , sebagaimana yang telah disepakati oleh para imam madzhab dan ahli ilmu. Berdasar keterangan hadits dari Abu Bakar Shiddiq Ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Tiada seorang hamba yang melakukan suatu dosa, kemudian dia bersuci dengan baik, kemudian berdiri melakukan sholat dua rakaat, kemudian ia meminta Ampun kepda Allah SWT, kecuali Allah SWT akan mengampuni dosanya." ( HR. Tirmidzi, Abu Daud dan Ibnu Majah). Jadi, sholat Taubat ini hukumnya hanya sunnah saja, tidak wajib. Ia berkedudukan sebagai penyempurna taubat, bukan syarat sahnya taubat.

Waktu Sholat Taubat

Kapan sholat Taubat ini dilakukan ? Sholat Taubat adalah termasuk sholat sunnah mutlaq yang tidak berkait oleh waktu, sehingga ia boleh dilakukan pada waktu kapan saja, baik siang ataupun malam, asal tidak pada waktu yang dilarang mengerjakan sholat. Dan berikut adalah 5 waktu yang dilarang mengerjakan sholat.

1. Setelah melakukan sholat subuh.

2. Saat terbitnya matahari hingga matahari naik sepenggalah.

3. Saat matahari persis berada di tengah-tengah langit hingga ia condong ke arah barat.

4. Setelah melaksanakan sholat Ashar.

5. Saat menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar tenggelam.

Sebaiknya sholat Taubat ini dilakukan dengan segera, tidak diundur atau ditunda-tunda. karena pada dasarnya taubat itu diperintahkan dilakukan dengan segera. Sebagian para ulama mengatakan bahwa waktu pelaksanaan sholat Taubat yang utama yaitu pada sepertiga malam yang terakhir. Demikian ini karena mengingat keutamaan waktu tersebut. Allah SWT berfirman : "Dan di saat waktu pagi sebelum fajar mereka semua selalu meminta Ampun." (QS. Adz-Dzariyaat :18 ).

Baca Juga : Panduan Bersuci Tata Cara Berwudhu yang Baik dan Benar

Jumlah Rak'at Sholat Taubat

Sholat Taubat dikerjakan dengan dua raka'at, seperti yang di jelaskan dalam hadits dari Abu Bakar Shiddiq Ra. yang telah disebutkan.

Niat Sholat Taubat

Berikut adalah bacaan niat sholat Taubat : Usholli sunnatat-taubati rok'ataini lillaahi ta'ala

Penting diingat bahwa yang wajib niat itu adalah, bukan lisan. Ucapan lisan hanya sekedar untuk membantu hati agar tidak lupa niat. Prakteknya : Bacalah niatnya sebentar sebelum takbiratul ihram. Lalu pas bersamaan kita membaca takbir "Allahu Akbar", hadirkan makna niatnya di dalam hati.

Bacaan Sholat Taubat

Pada perinsipnya, bacaan dalam sholat Taubat adalah sama seperti bacaan sholat pada umumnya , mulai dari takbiratul ihram sholat hingga uluk salam. Hanya saja, setelah Al-Fatihah di rakaat pertama, sebaiknya kita  membaca surat Al-Kafirun. Dan di rakaat kedua setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhas. Namun demikian, kita tetap boleh memilih bacaan surat atau ayat mana saja yang kita inginkan, selain dari kedua surat tersebut. 

Tata Cara Sholat Taubat

Sebelum sholat, berwudhulah. Lakukan wudhu dengan sebaik dan sesempurna mungkin. Ini sangat penting, sebab seperti yang tunjukkan hadits, bahwa termasuk syarat terampuninya dosa adalah melakukan wudhu yang baik dan sempurna. Imam ibnu Kasir berkata, "Berwudhu dan sholat dua rakaat menjadi sangat dianjurkan ketika taubat." 

Catatan : Sholat Taubat ini dilakukan dengan sendirian, tidak berjama'ah. Tanpa didahului adzan dan iqamah sebelumnya. 

Baca Juga : Tata Cara Mandi Wajib Lengkap dan urut Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa dan Istighfar 

Setelah sholat Taubat kita dianjurkan untuk beristighfar dan juga berdoa. Pada prinsipnya, kita boleh membaca istighfar mana saja, namun yang lebih utama tentu yang bersumber dari Al-Qur'an dan yang ma'tsur dari Nabi SAW.

Itulah Tata Cara Sholat Taubat yang benar menurut ajaran sunnah Rasulullah SAW. Apa bila Anda ingin bertaubat lakukanlah tata cara diatas dengan benar, ikhlas dan yakin. Dengan adanya Anda bisa menjalankan tata catara diatas ingsa Allah, dengan izin Allah SWT dosa-dosa Anda akan diampuni. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua, Amiin. wallahu a'lam bishawab  wassalamu'alaikum wr,wb.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Taubat Lengkap Sesuai Dengan Sunnah Rasulullah SAW"