Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Waliyullah Membangkitkan Mayat Dalam Kubur

Mayat bangkit dari kubur

Ada kisah waliyullah ajaib yang dinukil dari kitab bershalawat karya Syekh Yusuf bin Ismail an Nabhani. Menceritakan tentang anak yang mencari ridho orangtuanya. Kisah ini juga memberi kita banyak pelajaran penting. Dulu ada ulama besar terkenal bernama Syekh Ibrahim al-Matlubi. Saat itu beliau bertemu dengan salah seorang anak muda dalam sebuah pertemuan. Pemuda itu rajin beribadah dan selalu memberikan sedikit hartanya kepada orang-orang fakir miskin.

Syekh Ibrahim sangat lah terkesan,  kemudian beramah tamah dengan anak muda itu. Namun ada yang janggal terhadap pemuda tersebut. Ia tampak murung seperti memikirkan sesuatu. Lalu Syekh Ibrahim bertanya, “Wahai anak muda tampaknya ada sesuatu yang membebani pikiranmu.”   “Iya”, jawab pemuda dengan singkat. 

Kemudian Syekh Ibrahim al-Matlubi  memandang anak muda itu dengan sorot mata yang tajam. Ulama ini dikenal mempunyai ketajaman mata batin. Tak lama kemudian Syekh Ibrahim bertanya,” Wahai anak muda apa yang salah denganmu. Kamu rajin sekali beribadah dan beramal saleh namun dirimu tampak murung. Barangkali ada orang yang tidak ridho terhadapmu?”

“Ya memang ada. Orang tuaku yang tidak ridho denganku,” jawab anak muda itu. “Mari kita ke kuburannya. Semoga saja mereka akan ridho kepadamu,” ajak Syekh ibrahim ke tempat orang tua dia dikubur. Syekh Ibrahim dan pemuda itu berangkat menuju ke kuburan yang dimaksud. Syekh Yusuf yang ikut waktu itu terjadi keajaiban. Baca Juga : Kisah Kiyai Mukhsin sang supir Qoltuner yang diangkat menjadi waliyullah

Syekh Yusuf berkata, "Demi Allah aku telah melihat orang tuanya keluar dari dalam kubur sambil membersihkan debu dari kepala dan tanganya ketika Syekh Ibrahim al-Matlubi memanggilnya". Saat Syekh Ibrahim berdiri dan kemudian berkata, "Orang-orang fakir miskin datang kepada anakmu untuk mendapat pertolongannya. Semoga hatimu senang dengan anakmu ini.”

Maka orang tua pemuda itu menjawab, "Aku bersaksi kepada Anda bahwa aku telah rela dengannya. Setelah itu Syekh Ibrahim al-Matlubi berkata, "Kembalilah ketempat asalmu.” Maka jenazah orang tua si pemuda itu masuk ke dalam kubur lagi. Menurut Syekh Yusuf peristiwa itu terjadi di Kota Hasiniyah Mesir. Banyak keistimewaan yang dimiliki oleh Syekh Ibrahim al-Matlubi. 

Selain kisah diatas Syekh Ibrahim al-Matlubi merupakan waliyullah yang ‘dimentori’ langsung oleh Rasulullah SAW. Menurut Abdul Wahab as-Sya’roni menulis dalam kitabnya Thabaqat al Auliya’ : Syekh Ibrahim al-Matlubi sering sekali bermimpi dalam tidurnya bertemu Nabi SAW dalam keadaan terjaga. Dan beliau juga bisa bertemu dengan Rasulullah SAW dalam keadaan sadar. Wallahu A’lam bishawab

Dari cerita diatas memberika pelajaran bagi kita betapa pentingnya ridho dari Orangtua. Maka dari itu muliakan lah orangtua kalian, dengan ridho orangtua lah yang bisa membawa kita kesurga. Semoga bermanfaat, Wassalamu'alaikum wr,wb.

Baca Juga : Kisah Ulama yang tidak mempan di goda wanita cantik di Makah

Posting Komentar untuk " Kisah Waliyullah Membangkitkan Mayat Dalam Kubur"