Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Langkah Mengatasi Kebimbangan Menemukan Jodoh

 Hidayahilahi.com - Masa penantian adalah masa yang sangat membosankan dan melelahkan. Apalagi yang dinantikan tak kunjung datang. Tidak jarang hati menjadi hampir berputus asa karena telah lama menanti. Sementara yang dinanti tidak jelas siapa orangnya. Oleh karena itu, sebaiknya apa saja hal yang mesti dilakukan di saat kita mengalami kebimbangan yang tak kunjung habis?



1. Luruskan niat terlebih dahulu

Siapa saja yang berniat beramal baik dan mengerjakannya sesuai dengan syariat Islam, maka akan ditulisi amal Sholeh untuknya. Oleh karena itu, siapa saja yang berniat untuk menjalankan sunah Rasul atau menikah, niatkanlah dengan sempurna. Maka Ia akan mendapatkan pertolongan yang sempurna pula. Begitu juga sebaliknya, jika niatnya buruk maka Ia akan lepas dari pertolongannya. Sebab Allah hanya akan memberkati keluarga yang dibangun dengan dilandasi niat yang benar, sebelum terlebih dahulu melangkah.

2. Perdalam ilmu sebelum menikah

Menuntut ilmu sangatlah penting, karena hali ini akan menunjang kelancaran dalam melaksanakan setiap aktivitas. Apabila suatu keluarga memiliki ilmu agama yang benar, maka keluarga tersebut dijamin menjadi keluarga bahagia, rezeki akan datang dengan mudah, keluarga akan saling menghormati diantara sesama. "Belajarlah ilmu sebelum kalian menjadi pemimpin". (agar engkau tidak memimpin dengan kebodohanmu)" - Riwayat Ibnu Abi Syaibah

Dengan semakin kita memperdalam ilmu, maka keluarga akan terbina serta terhindar dari kebodohan. Alhasil, aktifitas keluarga dalam kehidupan berumah tangga akan bernilai amal Sholeh di mata Allah SWT, serta senantiasa diberikan keberkahan dunia hingga akhirat.

3. Memaksimalkan ikhtiar menjemput jodoh

Dalam menghadapi setiap ketentuan Allah, kita dianjurkan untuk terus berusaha secara dhahir. Demikian dengan masalah jodoh, maka seseorang tidak boleh berpangku tangan. Ia harus aktif berikhtiar dan berdo'a. Rasulullah menganjurkan kita berikhtiar dalam memilih pasangan hidup yang baik. Menurut sabdanya, wanita yang baik untuk dinikahi adalah memiliki 4 kriteria : 

Karena hartanya, kedudukannya, kecantikannya dan agamanya. Rasulullah bersabda jika seorang laki-laki memilih wanita karena agamanya, maka beruntunglah. Sebab memilih wanita yang tidak matang agamanya, kata Rasulullah ibaratkan seperti kedua tangan yang berlumuran tanah. Perlu dipahami, jodoh setiap manusia memang sudah ada di tangan Allah, tetapi jika kita tidak mau mengambilnya, maka selamanya akan ada di tangan Allah saja. 

Baca Juga : Calon Pengantin baru wajib tahu mandi jinabah sesuai syarat islam

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-lakj yang baik dan laki-laki yang baik adalah wanita-wanita yang baik" Q.S an-Nur : 26

Dari ayat di atas menyatakan siapapun yang menginginkan pasangan hidup orang yang baik, maka dirinya harus berusaha untuk menjadi baik terlebih dahulu. Agar dapat memaksimalkan langkah dalam menantikan jodoh, maka beberapa ikhtiar yang mampu kita pahami dan selanjutnya bisa kita lakukan sebagai seorang manusia diantaranya :



a. Menjaga kesucian diri

Jika kita menginginkan menjadi jodoh kita kelak adalah orang yang bisa menjaga kesucian dirinya dan memiliki keimanan yang baik. Oleh karena itu, kita dituntut agar dapat menjaga kesucian diri dan meningkatkan keimanan yang ada di dalam dada.

b. Selalu rajin berdo'a

Siapa saja yang menginginkan jodoh agar segera datang, sangat dianjurkan untuk memperbanyak berdo'a kepada Allah, agar Allah berkenan segera memberikan jodoh yang baik untuk kita.

c. Lakukan istikharah

Rasulullah telah menganjurkan kepada kita untuk senantiasa melakukan istikharah jika menginginkan sesuatu hajat, agar mendapatkan keselamatan dan terhindar dari penyesalan di kemudian hari. Istikharah mempunyai tanda biasanya berupa mimpi atau kemantapan hati.

d. Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu

Dalam menghadapi kenyataan, kita harus bisa bersabar. Jangan sampai keluar dengan mengambil jalan pintas yang melanggar hukum Islam seperti menggunakan aji pelet, menikah dengan orang kafir dan sebagainya. Karena hal ini sangat dilarang oleh Allah SWT.

e. Tingkatkan taqwa dan tawakal kepada Allah

Siapa saja yang menginginkan dimudahkan urusannya dalam masalah jodoh, maka dirinya harus meningkatkan nilai taqwa dan tawakal kepada Allah. Inilah kunci sukses dalam kemudahan untuk menyelesaikan permasalahn hidup.


Posting Komentar untuk "3 Langkah Mengatasi Kebimbangan Menemukan Jodoh"