Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Al Qolam Arsy Dan Air Yaitu Makhluk Yang Pertama Kali Diciptakan Allah SWT


Kisah makhluk yang paling pertama diciptakan Allah SWT mungkin masih terasa asing disebagian telinga orang.  Tahukah kalian jutaan tahun yang lalu ternyata ada fase dimana Allah mulai untuk pertama kalinya menciptakan Makhluknya. Tentu manusia belum ada waktu itu, karena zaman itu manusia, malaikat, iblis, jin dan setan belumlah Allah ciptakan. Banyak riwayat dari nabi Muhammad yang membahas asal-usul awal kehidupan alam semesta. Inilah bukti keagungan Allah dalam menciptakan makhluk dalam waktu sekejap Kun Fayakun. Berikut kisah lengkapnya:


MAKHLUK YANG PERTAMA DICIPTAKAN ALLAH (AIR)

Imam Ibnu Hajar dalam kitab fathul bari telah menjelaskan, bahwa makhluk yang pertama diciptakan Allah adalah air. Hal ini mengikuti  riwayat Hadits dari Nabi Muhammad SAW. Makhluk yang pertama Allah ciptakan bukanlah langit atau bumi dahulu, melainkan yang pertama kali diciptakan adalah Air. Air inilah yang nantinya banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup kelak dibumi. Seperti yang kita tahu, tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan-cairan air, apabila tubuh kita banyak kekurangan cairan air maka bisa menyebabkan sakit bahkan hingga kematian.


MAKHLUK YANG PERTAMA DICIPTAKAN ALLAH (ARSY)

Setelah Allah menciptakan Air, kemudian Allah menciptakan Arsy/ singgasana Allah SWT.  Posisi Arsy berada diatasya surga Firdaus. Arsy adalah makhluk Allah yang sangat besar dan sangat luas sekali, makhluk ini memiliki bentuk yang mirip dengan kubah. Selain itu Arsy juga memiliki tiyang-tiyang penyangga yang sangat besar. Arsy sendiri disebut juga sebagai Atapnya seluruh alam semesta ini karena posisinya berada paling teratas sendiri dibandung makhluk lainya. Arsyi Allah selalu di pikul dan dikelilingi banyak sekali para malaikat. Letak Arsy terletak di atas samudera Air.

Arsy adalah tempat Allah SWT bersemayam. Allah SWT bersemayam diatas Arsy-nya itu. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa material yang digunakan untuk membangun Arsy adalah permata zamrud yang berwarna hijau. Selain itu Arsy juga dilengkapi dengan tiyang penyangga yang dibuat dari permata yakut yang berwarna merah. Ukuran dan bentuk pasti dari Arsy tidak ada yang dapat mengetahuinya kecuali hanya Allah SWT.


MAKHLUK YANG PERTAMA DICIPTAKAN ALLAH (AL QOLAM)

Setelah Allah SWt menciptakan Air dan Arsy, kemudian Allah SWT menciptakan Makhluk yang Bernama Al-Qalam/ Pena. Al-Qolam adalah makhluk besar yang dicipta menjadi Pena Taqdir bagi seluruh makhluk Allah SWT.  

Allah SWT memeritahkan Al-Qalam untuk mencatat hal-hal dan taqdir-taqdir yang kelak akan terjadi di kehidupan Allam Semesta ini hingga kelak datanngya hari akhir yakni Kiamat. Seluruh informasi taqdir manusia semua telah ditulis Al-qolam didalam Lauhil mahfudz. Lauhil Mahfudz adalah lembaran-lembaran kitab yang berisi catatan info lengkap tentang peristiwa kehidupan yang kelak akan terjadi di kehidupan manusia dan alam semesta. Hidup, Mati, Kaya, Miskin, Kiamat dan kisah Awal zaman hingga akhir zaman lengkap tercatat. Catatan dan kalam Allah yang ditulis Alqolam tidak akan pernah hilang sedikitpun didalam lauhil mahfudz.


ALLAH MENCIPTAKAN BUMI DAN LANGIT

Setelah Allah menciptakan Air, Arsy dan Alqolam, kemudian Allah menciptakan MAkhluk Lainya seperti bumi dan langit. Jarak waktu antara diciptakannya Bumi langit dengan Al-qolam adalah selama 50 ribu tahun lamanya. Rasulullah SAW bersabda“Allah menulis takdir pada mahkluk 50.000 tahun sebelum diciptakanya semua langit dan bumi. Ia berkata: dan Arsy Allah berada diatas air “(H.R.Muslim).  Bumi ini kelak akan menjadi tempat para manusia, setan, jin, hewan dan makhluk lainya hidup.

Urutan-urutan diatas sesuai dengan Hadist Nabi. Rasulullah SAW Bersabda: “Allah dahulu, tidak ada sesuatupun selain-Nya. Arsy-Nya di atas air. Lalu Allah menulis (taqdir) segala sesuatu di Adz-Dzikr (lembaran catatan taqdir), kemudian Allah menciptakan langit dan bumi.” [HR. Al-Bukhari }.

Namun dari para ulama masih banyak yang berbeda Pendapat tentang urutan yang tepat mengenai makhluk yang paling pertama diciptakan Allah.  Ada yang mengatakan Al-qolam lebih dahulu diciptakan, adapula yang mengatakan bahwa Arsy dahulu yang diciptakan.


ALLAH MENCIPTAKAN NERAKA

Setelah Makhluk-makhluk diatas diciptakan semua, Allah SWT juga menciptakan makhluk-makhluk lainya. Allah SWT juga menciptakan Makhluknya yang bernama An-Narr/ Neraka. Makhluk ini kelak akan menjadi tempat pembalasan dan disiksanya Manusia yang kafir dan ingkar kepada Allah SWT. Iblis dan setan kelak akan Bersama-sama menjadi penghuni didalamnya Bersama teman-temanya dari golongan manusia dan jin yang penuh dosa. Orang-orang kafir juga akan hidup kekal di dalam neraka Selamanya.


ALLAH MENCIPTAKAN SURGA

Selain itu Allah SWT juga menciptakan makhluk lain yang bernama Al-Jannah/ surge. Surga adalah tempat yang penuh kenikmatan dan fasilitas super mewah yang diperuntukkan untuk orang-orang islam dan orang-orang  yang beriman kepada Allah SWT dan Rasulnya.  Seluruh kenimatan yang diinginkan penduduknya semua tersedia. Pelayanan 24 jam Nostop tidak akan pernah berhenti karena begitulah nikmatnya kehidupan surga yang sangat menyenangkan. Surga adalah tempat terindah yang disediakan Allah untuk hamba-hambanya yang Sholih dan beriman.


ALLAH MENCIPTAKAN ALAM SEMESTA

Allah SWt juga menciptakan makhluk-makhluknya yang lain seperti cahaya, Angin, Api,  matahari,  bulan, bintang-bintang, planet-planet di alam semesta dan tata surya. Dan lain sebagainya. Allah SWT dengan mudahnya mengatur kehidupan yang kelak akan terjadi di alam semesta ini. Coba kita lihat dan renungkan dari sudut  dibawah ini:


Betapa besar dan luasnya galaxy ciptaan Allah SWT ini, Semua terlihat indah dan sangat menawan. Bumi tidak ada satu titikpun dibanding kebesaran Allah SWT. Apalagi dengan manusia, sungguh tidak ada apa-apa yang bisa dibanggakan dan disombongkan. Ukuran manusia bagaikan embun yang tidak berkulit dan bertulang. Padahal sudut pandang gambar ini hanya sebagian kecil dari ciptaan Allah SWt. Subhanallah

Selain menciptakan pernak-pernik Alam Semesta. Nantinya Allah SWT akan menciptakan Manusia. Jarak antara diciptakannya manusia dan bumi adalah berkisar 7 ribu tahun lamanya. Namun sebelum menciptakan Manusia Allah SWT sudah terlebih dahulu menciptakan Malaikat, Iblis, dan jin. Tentunya Makhluk-makhluk yang Allah SWT ciptakan mendapat tugas dan kewajiban yang berbeda-beda, ada hamba-hamba yang taat atas perintah Allah SWT, namun ada juga yang membangkang. Semua Makhluk yang Allah ciptakan sudah ditentukan tentang Nasib dan Taqdir yang kelak akan Mereka hadapi, tetapi taqdir bisa dirubah dengan usaha dan berdoa kepada Allah SWT.

Baca Juga: Kisah Asal Usul ALLAH SWT dan Jawaban Untuk Orang Kafir

Itulah sekilas Kisah tentang Siapakah makhluk yang paling pertama diciptakan Allah SWT di alam semesta ini. Tentu kita sangat kagum atas kebesaran allah yang mencipta alam raksasa ini. Kita manusia hanya makhluk lemah yang tiada daya dan kemampuan. Hanya Allah sang pencipta alam semesta ini. Cukup kisah ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT Amin.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Al Qolam Arsy Dan Air Yaitu Makhluk Yang Pertama Kali Diciptakan Allah SWT"