Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Jin Makhluk Penghuni Pertama BUMI Sebelum Nabi Adam AS Diciptakan


Beginilah kondisi kehidupan awal di bumi ini, ternyata dahulu penghuni bumi yaitu para jin jin yang Allah ciptakan untuk mendiami dan mengelola bumi.  Penciptaan Iblis, jin dan malaikat lebih dahulu Allah ciptakan di banding manusia. Kisah iblis dulunya dikenal sebagai hamba yang sholih, ahli ibadah dan penuh ketaatan kepada Allah SWT. Keunggulan iblis kala itu mampu menjadi teladan bagi para malaikat. Nama iblis sendiri awalnya bukan itu melainkan bernama Azazil, cuman setelah pembangkangan atas perintah Allah, Azazil lantas dikutuk dan dinamakan Iblis hingga sekarang.


SIAPAKAH MAKHLUK YANG BERNAMA IBLIS DAHULU

Iblis Laknatullah, dahulu adalah makhluk ahli ibadah yang super hebat, iblis dan malaikat dahulu pernah menjalankan kehidupan Bersama-sama selama delapan puluh ribu tahun. Masa itu bukanlah waktu sebentar, selain itu kehebatan iblis lainya adalah dia mampu thowaf memutari  luasnya Arsy Allah selama empat belas ribu tahun lamanya. Contoh dan Kepribadian baik iblis Lantas menjadikanya diangkat menjadi penasehat para Malaikat selama dua puluh tahun lamanya.  Tidak cukup disitu, iblis juga menjabat sebagai panglima para malaikat mukorobun selama tiga puluh ribu tahun lamanya.


PENCIPTAAN MAKHLUK JIN 

Dahulu bumi kita ini diciptakan Allah SWT hanya dalam kurun waktu 6 hari saja. Namun perhitungan hari disisi allah jelas berbeda dengan hitungan manusia zaman now. Allah SWT kemudian menciptakan makhluk-makhluk untuk pertama kalinya mendiami dan mengelola bumi. Makhluk itu bernama Banul Jan/ Bangsa jin. Allah SWT menciptakan jin menggunakan bahan yang berupa nyala Api. Allah SWT Berfirman: “Dan Dia menciptakan jin dari nyala api.” ( Q.S Ar-Rahman: 15 ). Jinn memiliki arti tersembunyi, dan wujud aslinya tidak bisa dilihat manusia kecuali hanya penampakan dalam wujud lain saja.

Allah menciptakan bangsa jin adalah sama dengan tugas manusia, yaitu agar diperintah untuk menyembah tuhan sang pencipta alam semesta ini yaitu Allahu Rabul ‘Alamin.Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Alquran Surat Adz-Dzariyat ayat 56. Bentuk jin sendiri bermacam macam, ada yang seperti anjing, ular, serangga, dan ada yang memiliki sayap sehingga mampu berterbangan di udara.  Jin pun memiliki jenis kelamin laki-laki dan perempuan dan mampu berkembang biak layaknya manusia.


BANGSA JIN PENGHUNI PERTAMA BUMI

Namun ketika Allah menjadikan Para bangsa jin menjadi khalifah dibumi, ternyata banyak para jin-jin itu yang melakukan keonaran dan kerusakan dimana-mana. Mereka banyak yang membangkan perintah Allah dan melakukan kemaksiatan dimana-mana. Kehidupan mereka dibumi sungguh sangat tidak rukun. Mereka para kaum jin kerap melakukan peperangan dan menumpahkan darah kepada sesamanya. Bunuh membunuh menjadi peristiwa yang sering terjadi diantara dua kubu jin yang saling berseteru dan bermusuhan.

Melihat hal itu dilaporkanlah kelakuan penduduk jin itu kepada Allah SWT. Kemudian Diutuskah Iblis yang dulunya bernama Azazil Bersama para malaikat untuk Bersama-sama menggempur dan mengalahkan bangsa jin yang sudah banyak membuat dosa dan kerusakan. Iblis sebagai komandan perang para  malaikat lalu Bersama menghabisi para jin-jin perusak itu sampai berhasil. Peperangan dasyatpun berjalan dan akhirnya dimenangkan oleh Tentara Malaikat. Banyak jin-jin yang mati dalam peperangan itu, namun banyak pula yang berhasil kabur dan sembunyi di dasar laut, di gua-gua dan di dalam hutan. 

Iblis dengan bangganya bisa memimpin perang dan mengalahkan para jin itu, sebenarnya rasa sombong dalam diri iblis karena kehebatannya sudah Allah SWt ketahui sebelumnya, namun para malaikat tidak ada yang mengetahuinya sedikit pun. Iblis masih terlihat sangat soleh dan nampak begitu taat kepada Allah SWT. Prestasi yang diperoleh iblis sangat banyak dikala itu, sehingga iblis terkenal dengan julukan Al Mujtahid yang berarti (Ahli ibadah sungguh-sungguh), lalu Al ‘Abid yang berarti Sang (Ahli Ibadah), Assajid yang berarti Sang (ahli sujud) dan masih banyak gelar lainya.


PENCIPTAAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH DI BUMI

Setelah musnahnya kekhalifahan bangsa jin di bumi, kemudian Allah berencana akan menciptakan manusia untuk menjadikannya khalifah dibumi hingga hari kiamat. Namun program Allah SWT itu palah mendapat keluhan dari para malaikat. Malaikat menganggap bahwa kehadirannya Manusia nantinya di bumi akan sama menimbulkan masalah dan suka berperang menumpahkan darah di atas bumi. Hal ini bisa terjadi seperti penduduk bumi sebelumnya yakni kawanan bangsa jin yang berperilaku arogan dan suka bunuh membunuh. Kisah ini terdapat dalam Al Qur’an Surah Albaqarah ayat 30.

Allah SWT berkata kepada malaikat bahwa  Allah lah yang lebih mengetahui kedepanya. Selanjutnya Allah SWT kemudian menciptakan Nabi Adam AS dari tanah liat. Setelah tubuh mulia Nabi Adam AS terbentuk, maka  Allah memerintahkan para malaikat dan iblis untuk bersujud memebri penghormatan kepada nabi Ada AS.  Semua malaikat AKhirnya bersujud semua kecuali iblis. Allah SWt Berfirman : "Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir." ( QS. Al-Baqarah ayat 34 ).


PEMBANGKANGAN IBLIS DAN KUTUKAN ALLAH

Iblis akhirnya membangkan dan enggan bersujud kepada nabi Adam AS. Allah SWT lalu bertanya  : "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah." (QS. Al-A'raf ayat 12 ). Iblis dengan lantangnya membangkang perintah Allah SWT karena merasa sombong dan lebih baik  Nan Mulia dari Nabi Adam AS. Kelakuan Edan Iblis itu akhirnya membuat Allah SWT Murka dan melaknat Iblis.

Iblis kemudian berubah menjadi makhluk yang sesat dan mesesatkan, karena sikap sombongnya itu kemudian Allah SWT mengusir Iblis dari surga. Bukannya minta ampun, iblis palah bersumpah untuk menyesatkan anak cucu adam hingga Hari kiamat kelak. Iblis memohon kepada allah untuk diberikan umur Panjang hingga gari kiamat. Allah SWT pun mengabulkan permintaan iblis itu. Iblis akan berusaha menyesatkan umat manusia dan mencari sebanyak-banyaknya teman untuk hidup kekal dineraka. Iblis juga bekerja sama dengan para setan-setan  untuk menjerumuskan manusia kelembah dosa. Para setan-setan ini ada yang berasal dari golongan jin kafir dan Manusia. Naudzubillahi min dzalik.

Baca Juga: Kisah Al Qolam Arsy Dan Air Yaitu Makhluk Yang Pertama Kali Diciptakan Allah SWT

Sekian kisah Awal mula makhluk yang mendiami bumi pertama kalinya sebelum adanya nabi Adam AS. Tentu kita bersyukur sebagai umat manusia karena mendapat banyak keutamaan disisi Allah SWT. Tugas kita diciptakan hanya agar menyembah kepada Allah SWT, maka jadikanlah aktifitas harian kita sebagai penunjang dalam beribadah kepada Allah SWT. Jangan sampai kita terbujuk rayuan gombal iblis yang menyesatkan. Wallahu A’lamu Bishowab.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Jin Makhluk Penghuni Pertama BUMI Sebelum Nabi Adam AS Diciptakan"