Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah LUCU Sahabat Abu Usaid Ketika Diseruduk SAPI Dan Dililit Ular dalam Tidurnya


Kisah Abu Usaid RA bisa bikin tertawa tetapi sangat inspiratif, beliau pernah bermimpi diseruduk sapi sebab lupa akan kebiasaannya. Para sahabat Rasulullah SAW tidak diragukan lagi soal beramal kebaikan dan Amal ibadah. Banyak contoh teladan yang patut dijadikan rujukan oleh umat muslim di dunia agar semain kuat dalam meningkatkan amal ibadah kepada tuhan sang pencipta.  Sedikit info mengenai sahabat Abu usaid dan kisah lucunya sebagai berikut:


MENGENAL SOSOK SAHABAT ABU USAID RA

Sebenarnya Nama Abu Usaid adalah hanya nama julukan dari sahabat yang mempunyai nama Asli Malik bin Rabiah. Beliau adalah satu dari banyak sahabat Nabi yang kerap berlaga di berbagai medan pertempuran. Beberapa pertempursab besar yang beliau ikuti untuk memerangi orang kafir adalah dalam perang badar, Perang uhud dan Perang Khandak. Sifat yang paling menonjol dari jiwa seorang Abu usaid adalah beliau seorang yang selalu menjunjung amanah yang diberikan kepadanya.  Dibalik kisah lucu dan yang sangat inspiratif Abu usaid adalah sebagai berikut.


KEISTIMEWAAN SAHABAT ABU USAID RA

Sahabat Rasulullah SAW memiliki banyak keistimewaan, mereka juga banyak melakukan amalan dzikir rutin. Sama seperti umumnya para sahabat Rasulullah lainya, Abu usaid juga memiliki amalan yang rutin dilaksanakan tiap harinya secara istiqomah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kebiasaan Abu Usaid sebelum tidur adalah selalu membaca bacaan surah Al-baqoroh.  Kebiasaan membaca Surat Albaqoroh ini, selalu beliau lakukan setiap  harinya dengan kontinyu tanpa putus-putus.

Selain itu, aktifitas yang dijalani sahabat abu usaid setiap harinya cukup lumayan padat seperti berinteraksi dengan para sahabat dan urusan-urusan duniawi lainya. Hidup beliau banyak dikorbankan untuk berjuang menengakkan agama islam Bersama Rasulullah SAW dan Sahabat-sahabat lainya. Sangking banyaknya tugas dan urusan, pernah suatu ketika sahabat  usaid pulang kerumah dengan kondisi badan yang capek dan super letih. Kondisi seperti ini merupakan hal yang wajar bagi seseorang yang memiliki aktifitas yang banyak.


KISAH LUCU SAHABAT ABU USAID RA DISERUDUK SAPI

Dalam kondisi tubuh yang kecapean, selanjutnya Sahabat Abu usaid akhirnya tertidur pulas. Dimalam itu, ternyata beliau lupa membaca amalan-amalan wirid. Padahal setiap malam sebelum tidur beliau selalu istiqomah membaca Surah Albaqoroh. Karena kelalaiannya itu, kemudian tidak terduga Sahabat Abu Usaid diseruduk seekor sapi didalam mimpinya. Sapi itu memiliki tanduk lalu mengejar Abu usaid dan menyeruduk dengan tandukknya. Abu usaid pun terpontang-panting berlariaan karena ketakutan dengan ulah sapi bertanduk itu.

Ketika di puncak mimpi buruk, gubrah Abu usaid lalu terbangun dan kaget dengan peristiwa yang barusan beliau alami. Sontak  Lalu mengucapkan kalimah istirja (Innalillahi Wainnailaihi Rojingun). Rupanya beliau barusan mimpi buruk yang sangat menakutkan. Begitu tidak mengenakkan ketika tidur bermimpi diseruduk sapi. Sahabat Abu Usaid lalu ingat kalau dirinya malam itu lupa membaca surah Albaqoroh yaitu wirid yang seharusnya beliau baca rutin setiap harinya.


KISAH LUCU SAHABAT ABU USAID RA DI LILIT ULAR

Tidak hanya itu saja, peristiwa lain juga pernah dialami sahabat usaid didalam mimmpinya. Suatu ketika Sahabat Usaid ditimpa mimpi buruk lagi, didalam mimpi itu, beliau kedatangan seekor ular yang mendekati beliau. Tiba-tiba dengan ganasnya ular itu mendekap tubuh dan melilit leher beliau.  Sangking terkejutnya, Gubrah beliau langsung kaget dan terbangun dari tidurnya. Setelah diselidiki ternyata ada sedikit kejanggalan di dalam tugas beliau, Yaitu masih ada sebuah tali pengikat unta dari pembagian sedekah yang belum beliau berikan kepada orang yang berhak.  Langsung saja beliau menghantarkan tali itu.

Dari kejadian diatas menjelaskan bahwa besar sekali keutamaan sebuah wirid seperti dzikir dan amalan lain dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya sebagai media permohonan kita kepada Allah SWT. Manfaat lain adalah sebagai pembangun hubungan antara seorang hamba dengan Allah SWT. Ketika suatu saat kita lupa atau lalai mengingat Allah SWT, maka kita akan diingatkan Allah melalui banyak peristiwa yang aneh dan unik, salah satunya adakah melalui media mimpi dalam tidur kita.


CARA MENGATASI MIMPI BURUK

Ketika kita tertidur, pasti sangat sering mengalami yang Namanya mimpi buruk. Seperti dikejar-kejar orang gila, dikejar anjing, di kejar hantu pocong kuntilanak dan banyak lainya. Hal ini lantas  yang membuat jantung kita berdebar ketakutan dan kaget. Peristiwa itupun akhirnya menyebabkan kita terbangun karena begitu syoknya. Para ulama menjelaskan bahwa mimpi buruk muncul dari ulah dan gangguan setan yang ada disekeliling kita. Setanlah yang selalu menyusahkan anak cucu adam agar lalai beribadah kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW menganjurkan beberapa hal ketika kita mengalami mimpi buruk, diantaranya adalah meludah 3X kearah kiri, kemudian memohon perlindungan kepada Allah dengan mebaca ta’awwud (A’udzubillahi minasyaithonir Rajim). Selain itu rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk berpindah dari area yang barusan digunakan untuk tidur mimpi buruk. Dan yang terakhir adalah dengan melaksanakan ibadaha sholat. Manfaat dari amalan diatas adalah agar kita mendapat lindungan dari Allah SWT dan dijauhkan dari kehadiran setan yang datang didalam mimpi kita.


ADAB SEORANG MUSLIM SEBELUM DAN SESUDAH TIDUR

Sebaiknya kita hendaknya selalu menggunakan adab-adab sebelum tidur agar selalu terlindungi dari gangguan setan dan mimpi buruk. Diantara adab-adab sebelum tidur adalah bersuci, berwudhulah terlebih dahulu sebelum tidur. Kemudian berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT, dzikir ini sangat penting sekali untuk penenang hati. Selanjutnya tidurlah dengan posisi tubuh miring ke arah kanan agar menjaga grafitasi perut, melindungi jantung dan mengistirahatkan otak kita. Setelah bangun berdoalah dengan memuji Allah SWT. Manfaat dari amalan diatas diantaranya memudahkan kita untuk bangun dan melaksanakan sholat malam seperti tahajud dan lainya.

Baca Juga : Kisah LUCU Sahabat Zakariya Bin Yahya Dan Wanita Bercadar Hitam

Itulah sekilas biografi Abu Usaid alias Malik Bin Rabiah  serta kisah lucunya diseruduk sapi dan dililit ular saat tertidur mimpi buruk. Akhlak yang beliau lakukan sangat bagus untuk kita tiru, diantaranya rajin menjalankan amalan wiridan seperti berdzikir dan membaca Alqur-an setial hari. Semoga kita bisa meniru sosok Sahabat Abu Usaid RA Amin. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lamu bisowab.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah LUCU Sahabat Abu Usaid Ketika Diseruduk SAPI Dan Dililit Ular dalam Tidurnya"