Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah LUCU Sahabat Zakariya Bin Yahya Dan Wanita Bercadar Hitam

Sahabat Zakariya bin Yahya yang lucu, mungkin jarang terdengar di telinga umat islam. Sebenarnya beliau adalah termasuk sahabat nabi Muhammad dan banyak kontribusinya dalam berjihad mensyiarkan islam. Ada beberapa kisah lucu yang beliau miliki semasa hidup Bersama Rasulullah SAW. Sahabat Zakariya dikenal juga sebagai orang yang berkepribadian polos Lucu dan tak neko-neko. Sedikit kekurangan beliau diantaranya tidak bisanya dalam membaca tulisan dan menghitung. ntah karena mungkin zaman dulu masih jarang orang yan belajar. Berikut kisah lucu dan uniknya:


KISAH LUCU SAHABAT ZAKARIYA BIN YAHYA BERSAMA RASULULLAH

Pada suatu hari rasulullah berdiri diatas mimbar masjid untuk memberikan nasihat kepada umat muslim tentang  sosok pemimpin yang mempunyai sifat-sifat munafik.  Selain itu, Rasulullah SAW juga memberikan sebuah kabar yang menggembirakan untuk seluruh umat islam.  Rasulullah mengatakan bahwa kelak umat islam akan mampu mengalahkan musuh dan memenangkan dalam setiap pertempuran melawan orang-orang kafir.  Diantaranya adalah perang tabuk.  dan perang era Khalifah umar di daerah hiro yang penduduknya  beragama Nasrani.

Dalam pidato itu Rasulullah juga menjelaskan bahwa kelak ada wanita bercadar hitam yang menyerang pasukan muslim dengan mengendarai unta berwarna merah. Rasulullah SAW menjelaskan pula bahwa wanita itu adalah orang yang akan menyerang duluan. Wanita itu diketahui memiliki nama Syaimak binti Nufaila. Disisi lain, sosok Syaimak sendiri merupakan dikenal sebagai adik kandung dari pemimpin suku diwaktu itu.

Dalam situasi pidato itu, ternyata ada sosok sahabat Zakariya yang tengah mendengarkan penjelasan Rasulullah SAW . Ketika Zakariya bin yahya mendapati penjelasan tentang wanita bercadar itu, maka dengan pedenya Zakariya kemudian menyampaikan permohonan kepara Rasulullah SAW.  Zakariya berkata “Wahai Rasulullah, bolehkah aku menjadikan wanita bercadar hitam itu sebagai tawananku kelak.?? “ ” Ya boleh silahkan” jawab Rasulullah mengiayan permohonan Zakariya.

 

KISAH LUCU SAHABAT ZAKARIYA BIN YAHYA DENGAN WANITA BERCADAR

Selanjutnya, suatu saat perkataan yang dulu dikatakan Rasulullah SAW akhirnya benar-benar menjadi kenyataan.  Tak jauh setelah wafatnya nabi Muhammad SAW, maka terjadilah pertempuran antara umat islam dan kaum kafir. Dipeperangan itu, ternyata munculah sosok wanita bercadar yang melakukan penyerangan kepada pasukan muslim.  Namun pasukan kubu siwanita akhirnya  kalah melawan pasukan umat muslim.  Pasukan umat muslim yang menang kemudian menjarah harta lawan dan menawan orang-orang lawan untuk dijadikan budak.

Salah satu dari tawanan itu adalah syaimak siwanita bercadar. Mengetahui hal itu, Zakariya bin yahya lalu merampas dan menawan siwanita itu dengan alasan yang aneh.  Zakariya berkata “hei wanita itu adalah bagianku. Dulu aku memintanya dari Rasulullah SAW”. Sontak saja para sahabat lain yang ikut dalam peperangan kebingungan dengan sikap Zakariya. Kok bisa-bisanya Zakariya asal seenaknya ambil bagian dengan menarik-narik nama Rasulullah SAW segala.  Ungkapan Zakariya juga membuat sahabat khalid  ragu-ragu.

Kemudian diadakanlah rapat diantara para sahabat untuk mengetahui modus Zakariya bin yahya itu. lalu kemudian dicarilah bukti-bukti dari para saksi tentang kebenaran yang diucapkan Zakariya itu. Alhasil ada dua orang sahabat yang membenarkan perkataan Zakariya. Kronologinya sesuai dengan yang diwasiatkan Rasulullah SAW dahulu sebelum wafat. Kedua sahabat itu juga dahulu ikut menghadiri majlis Rasulullah, sehingga tahu permintaan Zakariya kepada Rasulullah yang menginginkan tawanan wanita bercadar itu.


KISAH LUCU ZAKARIYA MENAWAN SYAIMAK SI WANITA BERCADAR

Sesuai bukti yang ada, akhirnya syaimak siwanita bercadar ditawan oleh Zakariya bin yahya. Setelah itu, kakak syaimak yang bernama abdul mencari-cari keberadaan adiknya. Setelah mendapatkan info, ternyata adiknya menjadi tawanan Zakariya. Berangkatlah abdul kehadapaaan Zakariya untuk melakukan perdamaian. Abdul lalu merayu-rayu Zakariya agar berkenan membebaskan adiknya. Abdul juga berjanji akan menebus adiknya dengan uang sebanyak yang diminta. Sebesar apapun uang yang diminta Zakariya pasti akan dibayar abdul dengan cash.

Zakariya lalu berfikir dan mulai menyetujui tawaran itu. Zakariya lalu berkata “Aku akan mengembalikan adikmu itu asalkan kau bayar dengan uang 100 dirham “. Wah betapa senangnya Abdul. Tak pusing-pusing cari duwit, langsung saja ia mengeluarkan gepokan uang 100 dirham dari dompetnya. Ia lalu bayarkan uang itu kepada Zakariya. Setelah dil, akhirnya syaimak dikembaliakn lagi kekakak dan keluarganya.

Baca Juga: Kisah Umeir Bin Wahab - Jagoan Quraisy Yang Berbalik Membela Islam

Mendengar kabar Zakariya menjual syaimak, maka para pasukan muslim bertanya kepada Zakariya “ Hei Zakariya, kenapa kamu jual wanita itu dengan harga 100 dirham doang, kau bisa jual lebih dari itu bahkan bisa sampai 100 ribu dirham. Keluarga abdul itu padahal kaya raya?”.  Dengan lugunya Zakariya berkata “ Oh, Emang ada ya angka diatas serratus..? “ . jawaban Zakariya lantas membuat geleng-geleng para pasukan muslim karena ternyata Zakariya ndak bisa membaca dan ngitung angka. Subahanallah. Nah itulah kisah lucu dari sahabat Zakariya.

Sedikit kisah lucu dari sahabat Zakariya bin Yahya ini, namun meskipun begitu tetap jasanya besat dalam menegakkan panji islam. Semoga kisah Zakariya yang tak mampu menghitung dan si wanita bercadar dalam menghibur kita semua. Amin. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lamu bishowab.

 

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah LUCU Sahabat Zakariya Bin Yahya Dan Wanita Bercadar Hitam"