Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Tragis Kematian Istri Abu Lahab dan Utaibah Di Makan Singa


Kisah para penentang Rasulullah pasti akan berakhir dengan menyedihkan, salah satu kisah dari para kaum musyrikin adalah Abu Lahab istri dan putranya Utaibah. Meskipun Abu lahab masih terbilang keluarga dekat Nabi Muhammad SAW, namun kebencian selalu menyelimuti benak Abu lahab se keluarga. Pada awalnya Abu lahab adalah paman Rasulullah yang baik, hal ini dibuktikan dengan sikap bahagianya dalam menyambut kelahiran Baginda Rasul Muhammad SAW. Namun dimasa diutusnya kenaiban Rasul, Abu lahab se keluarga justru berbalik arah memusuhi Nabi dan Umat islam. Inilah kisah nasib malang keluarga Abu Lahab sampai akhir hayat.


PROFIL UMMU JAMIL (ISTRI ABU LAHAB)

Istri abu lahab adalah bernama  Ummu Jamil yang mempunyai nama asli Aura’ binti harb.  Ummu jamil dikenal sebagai wanita cantik yang sangat terhormat , dia dilahiran dari keluarga kaya raya, terpandang dan anak dari tokoh besar Quraish yakni Harb. Abu lahab dan istrinya menikah dan dikaruniai 6 anak diantaranya adalah Utbah, lalu utaibah, lalu Al Durra, lalu Al Uzza dan terakhir Khalidah.  Keluarga Abu lahab terlahir dari sama-sama  keluarga terhormat, cerdas dan kaya raya. Namun sayangnya, harta, kedudukan dan nasab terhormat itu digunakan untuk mendzalimii  umat islam.


SEJARAH PERMUSUHAN ABU LAHAB & RASULULLAH

Abu Lahab memiliki nama Asli Abdul Uzza yang bermakna Hambanya berhala uzza. Uzza adalah Patung/ berhala yang dijadikan tuhan dan disembah oleh para kaum musyrikin Makkah sejak zaman jahiliyah. Ketika Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad utuk menyebarkan agama islam, banyak orang kafir yang menolak ajakan itu. Mereka malah masih tetap mempertahankan ajaran menyembah patung-patun berhala. Termasuk salah satu profokator terbesar adalah Abu lahab dan istrinya yang sangat benci dengan keponakakanya yaitu Nabi Muhammad SAW.

Awal sebelum datangnya wahyu syiar islam, Hubungan Antara Keluarga Nabi Muhammad SAW dan Abu Lahab berjalan dengan baik. Hebatnya lagi keduanya menjalin besan dengan menikahkan kedua putra putri Mereka.  Anak Laki-laki Abu Lahab yang bernama Utaibah  mempersunting Putri Rasulullah Yang bernama Ummu Kulsum. Sedangkan Anak Laki-laki Abu Lahab yang bernama utbah juga dinikahkan dengan putri Rasulullah lainya yang bernama Ruqoyah.

Dahulu pernah Rasulullah mengumpulkan para orang-prang Quraish di bukit shafa.  Maka datanglah orang-orang Quraish termasuk didalamnya Abu Lahab. Setelah itu Rasulullah SAW bertanya: “Wahai Kaum Quraish, bagaimanakah pendapatmu bila aku memberikan kabar bahwa musuh akan datang besok pagi atau besok petang, adakah kamu mempercayainya? Mereka menjawab: “Kami Akan mempercayainya dengan sepenuh hati”.  Lalu Nabi Berkata: “Aku peringatkan kepadamu bahwa siksa Allah yang amat berat akan datang menimpa”.

Abu Lahab yang mendengar Sabda Rasulullah itu seketika emosi dan sangat malu. Kemudian Abu lahab berkata “Celakalah engkau Muhammad, apakah hanya untuk ini kami dikumpulkan?”. Atas bantahan dari jawaban Abu lahab maka Allah SWT menurunkan surat Al Lahab sebagai kecaman terhadap kelakuan buruk Abu lahab. Di dalam surat Al Lahab dijelaskan kisah kejahatan Abu lahab dan sang istri yang selalu mengolok-olok dan menyakiti Rasulullah SAW.

Saat istri Abu lahab Ummu Jamil mendengar kabar turunya surat alquran yang membahas dirinya dan sang suami, maka diapun sempat mencari batu untuk dilemparkan ke mulut Rasulullah SAW. Karena sangat bencinya Ummu jamil kepada Nabi Muhammad SAW, maka ummu jamil  memerintahkan kedua anaknya yang bernama utbah dan Utaibah untuk menceraikan istri-istrinya yang tak lain adalah putri Rasulullah SAW tercinta.  Ummu jamil juga sampai mengharamkan kepalanya hingga anak-anaknya benar-benar menceraikan putri-putri Nabi itu.


 KISAH KEMATIAN UTAIBAH BIN ABU LAHAB

Anak Abu lahab yang bernama Utaibah akahirnya lebih berpihak kepada Sang ibu. Utaibah lalu menceraikan Ummu Kulsum dan mengembalikanya kepada Rasulullah SAW. Tidak hanya itu saja, Utaibah juga sempat meludahi tubuh mulia Nabi Muhammad SAW. Begitu biadabnya anak abu lahab yang bernama Utaibah itu. Dengan kesabaranya, Rasulullah hanya bersabar dan kemudian berdoa kepada Allah SWT.

“Ya Allah, kuasakan atasnya anjing di antara anjing-anjing-Mu.” (HR. al-Baihaqi).

Tidak terduga tragedi mengerikan tiba-tiba menimpa Utaibah. Doa yang telah di panjatkan Rasulullah SAW akhirnya dikabulkan oleh Allah SWT.  Ketika utaibah melakukan sebuah perjalanan berdagang  menuju kota syam, Tiba-tiba datanglah seekor hewan buas mendekati Utaibah, Dengan ganasnya Singa buas itu lantas menerkam tubuh Utaibah hingga Tewas mengenaskan. Tidak hanya itu saja, Tubuh Utaibah juga di cabik-cabik dan dimakan oleh singa kelaparan itu.  Setelah perceraian Dengan anak Abu lahab, akhirnya kedua putri Rasulullah itu dinikahkan dengan pengganti yang jauh lebih mulia yaitu Sahabat Ustman bin Affan.


KEJAHATAN & KEMATIAN UMMU JAMIL

Kebengisan dan perbuatan jahat Ummu Jamil juga rajin dilakukan kepada Nabi Muhammad SAW dengan kerja keras. Hebohnya lagi, setiap harinya istri abu lahab itu selalu menyebarkan duri duri tajam di jalan-jalan yang biasa di lewati Rasulullah guna untuk melukai sang Rasul. Kisah kejahatan Gila keluarga Abu Lahab akhirnya menjadi terkenal bahkan terekam jelas di dalam Q. S Al Lahab. Istri abu lahab juga mendapat gelar wanita pembawa kayu bakar, karena berhasil menumpuk dosa-dosa dipunggunya bak seperti wanita pemanggul kayu bakar. Abu lahab dan istrinya selalu menebarkan adu domba dan perlawanan kepada umat muslim.

Ummu jamil tidak segan-segan menjual perhiasan kalungnya yang sangat mahal untuk sebagai biaya pelancaran aksinya dalam menghalau dan menyakiti Rasulullah SAW. Hal ini demi melampiaskan sakit hatinya kepada Sang Rasul. Akibat Ulah dan niat buruk Ummu Jamil kepada Rasulullah, Maka Allah SWT lalu memberikan adzab kepada Ummu Jamil.  Akhirnya Suatu ketika saat ummu jamil tengah menggendong kayu-kayu berduri yang ia gendong di punggungya, tiba-tiba tali yang ia gunakan untuk menggendong duri itu melesat dan mencekik leher Ummu Jamil hingga akhirnya mati secara tragis dan mengenaskan.


KISAH KEMATIAN TRAGIS ABU LAHAB

Nasib malang juga menimpa Abu Lahab sendiri, tepatnya setelah hari ketujuh usai peperangan badar, Abu lahab diserang penyakit yang menjijikkan. Kulit Abu lahab dipenuhi bisul bisul bau dan menjijikkan. Abu Lahab pun akhirnya Mati dalam kondisi memprihatinkan. Tubuhnya busuk dipenuhi bau menyengat, orang-orang tidak ada yang mau mengurus bangkai Abu lahab itu.  Namun selama tiga harian mayaatnya tak terurus, akhirnya mayat abu lahab lalu dikuburkan dengan cara memprihatinkan. Badannya di sogrok menggunakan kayu hingga masuk kedalam liang kuburnya. Setelah itu Mayat busuknya dilempari bebatuan kerikil sampai terkubur dengan rapat. Itulah balasan Adzab pedih Allah untuk orang-orang yang mencelakai Rasulullah dan menentang islam. Naudzubillah Min Dalik.

Baca Juga: Kisah Nabi Muhammad SAW dan Pengemis Yahudi Buta

Kisah diatas mengajarkan kepada kita akan bahayanya menentang hukum Allah SWT. Islam adalah agama yang Allah ridhoi, jangan sampai kita meniru akhlak buruk dari Abu lahab istrinya dan putranya yang rajin menghina dan menyakiti rasulullah SAW. Semoga Allah selalu menetapkan iman dan islam kita semua amin. Wallahu A’lamu Bishowab.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Tragis Kematian Istri Abu Lahab dan Utaibah Di Makan Singa"