Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apakah Di Perbolehkan Mengikuti Adzan Yang Ada Di Aplikasi Android Sebagai pedoman Berbuka puasa?



Apakah Di Perbolehkan Mengikuti Adzan Yang Ada Di Aplikasi Android Sebagai pedoman Berbuka puasa? 


Diskripsi Masalah:

Puasa ramadhan adalah termasuk salah satu ibadah yang selalu di nanti-nantikan oleh umat islam di seluruh penjuru dunia,bagai mana tidak? karena di dalam bulan suci ramadhan setiap melakukan aktifitas yang masih berhubungan dengan ibadah semua pahalanya akan di lipat gandakan,entah itu ibadah wajib maupun sunah.Dikarnakan pahala yang berlipat itu,banyak umat islam yang berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadahnya baik wajib maupun sunah.Sebagian kesunahan tersebut adalah تعجل الفطر (menyegerakan berbuka).

Di era moderen ini sudah mulai banyak problematika yang sering menghantui masyarakat terkhusus masalah berkumandangnya adzan magrib yang realitanya mereka berbeda-beda dalam mengambil pedoman.Seperti yang di alami oleh keluarga bapak Sholihin,antara anak dan bapak mengambil pedomannya sudah berbeda.Bapak sholihin berbukanya menunggu adzan yang di kumandangkan dari masjid desanya,sedangkan anaknya menunggu adzan yang di kumandangkan dari aplikasi yang sudah dia download dari hp androidnya.

Kerap sekali hanya gara-gara berbeda pedoman bapak dan anak ini sering ribut memperdebatkan keyakinan masing-masing.Bapak sholihin memilih kumandang adzan yang di kumandangkan dari masjid desanya karna beliau lebih yakin suara adzan itu di kumandangkan langsung dari desanya sendiri.Sedangkan anaknya lebih memilih menunggu adzan dari aplikasi karna dia sering melihat jam mushola atau masjid di desanya sering berbeda, al hasil kumandang suara adzan pun di daerahnya sering tidak sama.

Pertanyaannya:

Bolehkah kita mengikuti adzan yang di kumandangkan melalui aplikasi android untuk di jadikan pedoman berbuka puasa? 

Jawaban: 

Di perbolehkan asalkan aplikasi tersebut  bisa di percaya kebenarannya, Karna aplikasi yang sudah di progam dalam android bisa di jadikan sebagai media pengantar kita untuk ijtihad(mencari kebenaran)dalam masuknya waktu berbuka puasa.
Seperti keterangan yang di jelaskan dari kitab:
شرح بغية المرتشدين الجزء الثانى ص٤٠ dan kitab الترمسي الجز ء الثانى ص ٤٤ tentang cara-cara ijtihad untuk mengetahui waktunya sholat.Wallohu A'lam Bissowabb.


Posting Komentar untuk "Apakah Di Perbolehkan Mengikuti Adzan Yang Ada Di Aplikasi Android Sebagai pedoman Berbuka puasa? "