Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Amalan Sunnah Rasulullah Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan, Hidayahilahi.com

Hidayahilahi.com- Masyarakat Quraisy di Arab terbiasa menjalankan ibadah puasa sebelum datang perintah untuk menunaikan ibadah di setiap bulan Ramadhan bagi umat Islam yang mukallaf. Dalam pelaksanaannya, Rasulullah juga melakukan beberapa amalan sunnah lainnya selama bulan suci ini. Di zaman kebodohan, orang Quraisy berpuasa setiap hari Asyura atau 10 Muharram. Menanggapi hal itu, Rasullah tidak serta merta langsung melarangnya. Bahkan, beliau pun menganjurkan puasa pada tanggal 10 Muharram dengan niat yang berbeda-beda. 

Merayakan Ramadhan, kaum Quraisy biasanya juga melakukan hal-hal yang positif. Hal yang sama dilakukan oleh Nabi. Lebih dekat dengan Allah SWT dengan bermeditasi. Perilaku tersebut disebut tahannuts atau tabarrur, yaitu shaleh selama bulan Ramadhan. Hingga saat itu, turunlah perintah untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh setiap memasuki bulan Ramadhan bagi umat Islam yang sedang mukallaf. Artinya harus dilakukan untuk orang yang telah memenuhi persyaratan. 

Dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183, Allah berfirman:

                   يايهاالذين امنواكتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

Yang diartikan sebagai terjemahannya adalah: "Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa''. Amalan Sunnah Selama Bulan Ramadhan, Puasa dilakukan sehari penuh dari menjelang subuh hingga magrib dengan tidak makan dan minum atau melakukan perbuatan yang dapat membatalkan ibadah. 

Baca Juga : Fadhilah Sholat Tarawih Malam Ke-11 hingga Malam Ke-20, Jangan Dilewatkan

Dalam mengisi bulan Ramadhan yang penuh berkah, beberapa amalan lain juga bisa dilakukan dengan tujuan utama mendapatkan ridho dari Allah SWT karena bulan tersebut penuh berkah. Melansir dari NU online, dari kitab Nihayatu Zain karangan Syekh muhammad ibnu Umar An-nawawi Albantani bahwa Diantara beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan adalah sebagai berikut: 

1. Sahur Salah satu hadits yang diriwayatkan Bukhari, berbunyi "Makan sahur, karena di sahur ada berkah". Maka dalam memulai puasa harus didahului dengan makan sahur di malam hari. 

2. Bersegera berbuka saat waktu maghrib telah tiba. Tidak seperti sahur, yang paling baik dilakukan di akhir waktu, untuk berbuka sunnahnya percepat. Hal tersebut sesuai dengan salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad yang menyatakan bahwa “Umatku selalu dalam kebaikan sepanjang mereka mengakhiri sahur dan mempercepat waktu berbuka puasa”

3. Menjaga Lisan Dalam menjalankan puasa di bulan Ramadhan dari obrolan unfaedah. umat Islam tidak hanya dituntut untuk menahan diri dari makan dan minum atau hal-hal yang membatalkan. Tetapi secara lisan juga menahan diri dari kata-kata yang tidak ada gunanya, bahkan yang dapat mengarah pada perbuatan buruk, seperti berbohong. 

4. Sedekah termasuk salah satu yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan. Memanfaatkan bulan yang diberkati, sebanyak mungkin sedekah yang dapat diberikan kepada keluarga, teman, atau tetangga Anda sendiri. Padahal, salah satu cara terbaiknya adalah dengan cara memberi makan orang yang akan berbuka puasa. 

Hadits yang diriwayatkan Ahmad berbunyi: “Barangsiapa memberi makan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka pahala dicatat untuknya seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala sedikit pun orang yang berpuasa”. 

Manfaat bersedah dari hadis diatas menjelaskan bahwa apabila seseorang bersedekah makanan berbuka kepada seseorang yang sedang berpuasa, maka orang yang bersedekah itu akan mendapatkan pahalanya yang besaranya sama seperti orang yang berpuasa tersebut.

Selain beberapa kegiatan di atas, amalan sunnah lain yang bisa dilakukan dalam mengisi bulan Ramadhan adalah dengan cara iktikaf atau berdiam diri di masjid. Selain itu khatam alias membaca Alquran sampai tuntas juga salah satu yang bisa dilakukan. 

Itulah beberapa cara puasa Rasulullah selama di Bulan Ramadhan, tujuan untuk meraih ridho Allah SWT. Semoga penjelasan diatas bisa kita amalkan di bulan yang penuh berkah ini Amin... Semoga bermanfaat Barakallah Fikum... Wassalamu'alaikum wr,wb.


Posting Komentar untuk " Begini Amalan Sunnah Rasulullah Saat Puasa di Bulan Ramadhan"