Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hukum Banyak Tidur Saat Berpuasa


Hukum Banyak Tidur Saat Berpuasa 


Deskripsi Masalah:

Hari-hari ini dari mulai datangnya bulan suci ramadhan ferdi yang biasanya sering keluar rumah bersama teman-temannya bermain sekarang terlihat di rumah saja.Mungkin karna sedang berpuasa ferdi lebih suka di rumah saja karna kalau keluar bersama teman-temannya bermain dia akan terasa haus dan lapar. Hampir setiap hari mulai dari setelah sholat subuh ferdi sudah terlelap di tempat tidurnya dan biasanya terbangun lagi sampai tiba waktunya sholat dzuhur.Dan itu pun setelah sholat dzuhur biasanya dia lanjutkan lagi tidurnya sampai waktu sholat 'asar tiba.Pernah suatu hari ketika di tegur sama ibunya supaya jangan terlalu banyak tidur ferdi malah menjawab "tidurnya orang puasa itu ibadah"akhirnya ibunya pun sudah tidak berani membangunkannya kembali.

Pertanyaan:

1. Apa hukumnya orang yang terlalu banyak tidur saat berpuasa?

2. Lalu apa maksud dari ungkapan "Tidurnya orang berpuasa itu ibadah"


Jawaban: 

1. Dalam kitab" النصائح الدنية "halaman 172 di jelaskan:

ومن ادب الصائم أن لايكثر النوم بالنهار ولايكثر الاكل اليل وليقتصد فى ذلك حتى يجد مس الجوع والعطش فتتهذب نفسه وتضعف شهوته ويستنير قلبه وذلك سر الصوم ومقصوده.

Di antara akhlaknya orang yang berpuasa adalah tidak memperbanyak tidurnya di siang hari dan tidak memperbanyak makannya di malam hari,semua itu bertujuan untuk menemukan rasanya lapar, haus,menghilangkan nafsu dan untuk melemahkan syahwat/berbagai keinginan yang berhubungan dengan urusan duniawi.

2.Dalam kitab"خصائص الامه"halaman 188 di jelaskan:

واختص الله تعالى الصائم: بان جعل حاله كله عبادة وطاعة فهو ان صمت عن فضول الكلام فى طاعة وان نام ليتقوى على القيام فى طاعة أيضا 

 Alloh akan memberikan nilai ibadah dan ketaatan pada setiap pekerjaannya orang yang berpuasa jika setiap ucapannya di gunakan untuk kebaikan, dan setiap tidurnya di tujukan supaya kuat untuk menjalankan ibadah.Wallahu A'lam Bishowabi.

Baca Juga: Batalkah Puasanya Orang Yang Telinganya Kemasukkan Semut


Posting Komentar untuk "Hukum Banyak Tidur Saat Berpuasa"