Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hukum Shalat Tarawih Super Cepat


Bagaimanakah Hukum Shalat Tarawih Super Cepat

Deskripsi Masalah
Di sebuah desa tempat tinggal pak marjo terdapat mushola yang biasa di gunakan untuk berjama'ah sholat tarawih,Karena mushola itu adalah termasuk mushola yang tertua di desanya, maka banyak sekali berbagai kalangan dari bapak-bapak,ibu-ibu,pemuda-pemudi,serta tak kalah semangat  juga orang yang sudah lanjut usia juga ikut berjama'ah di mushola.Pak marjo termasuk yang menjadi makmum  dari kalangan bapak-bapak yang hari-hari ini sering sekali mengeluh dengan pelaksanaan sholat di mushola tersebut.

Betapa tidak?pak marjo sering tertinggal rukun-rukun fi'li maupun qouli dari imam,dulu pak marjo biasa-biasa saja berjama'ah di mushola itu karna imamnya masih normal gerakan sholatnya,tapi untuk tahun ini tidak hanya pak marjo saja yang sering mengeluh tapi banyak dari kalangan bapak-bapak,ibu-ibu apa lagi yang lanjut usia juga sering mengeluhkan dengan  gerakan sholatnya imam yang super cepat.Ya mungkin karena imamnya adalah generasi baru dan masih relatif muda jadi lebih memilih gerakan yang super cepat tanpa menyadari kalau yang bermakmun dengannya adalah berbagai macam kalangan.

Sangking cepatnya gerakan imam sampai para makmum ada yang tidak sempat menyempurnakan bacaan-bacaan sholat sepeti surat al-fatihah dan bacaan sholat lainnya.Ada juga dari kalangan lanjut usia yang mereka belum  sempat mendapatkan minimalnya tuma'ninah(paling sedikit-sedikitnya membaca subhanalloh)mereka sudah ikut berdiri lagi. 

Pertanyaan: 
Apakah tindakan imam sebagaimana deskripsi di atas dapat di benarkan?

Jawab:
Di jelaskan dalam kitab:
اعانة الطلبين halaman 306  juz 1
وسميت تراويح لأنهم كانو يستريحون لطول قيامهم بعد كل تسليمتين الى ان قال أنه ينبغى طول القيام بالقراءة مع الحضور والخشوع. قال قطب الارشاد سيدنا عبد الله بن علوى الحداد فى الصائح: وليحذر من التخفيف المفرط الذى يعتاده كثير من الجهلة فى صلاتهم لتراويح,حتى ربما يقعون بسببه فى الاخلال بشيئ من الواجبات مثل ترك الطمأنينة فى الركوع
والسجود,وترك قراءة الفاتحة على الوجه الذى لابد منه بسبب العجلة
Tidak di benarkan jika cepatnya gerakan imam bisa sampai menyebabkan makmum tidak bisa melakukan rukun-rukun atau kesunahan sholat,dan bisa mengakibatkan tidak sahnya sholat jika sengaja meninggalkan minimal tuma'ninahnya sholat.

Dalam kitab كشف القناع  juz 3 halaman 407 di jelaskan:

وتكره)للامام (سرعة تمنع مأموما فعل ما يسن ) له كقرات السورة الخ

Di makruhkan bagi seorang imam yang mempercepat gerakan sholatnya yang bisa mengakibatkan makmum tidak sempat melakukan kesunahan-kesunahan sholat.

واذا صليتم التراويح وغيرها من الصلوات فأتموا القيام والقراءة والركوع والسجود والخشوع والحضور وسائر الاركان والادب.

Dan ketika kalian sholat tarawih atau selainnya maka sempurnakanlah berdiri,bacaan,ruku',sujud,khusu',adab dan rukun-rukun lainnya.

Semoga kita semua di jadikan golangan orang-orang yang di terima amal ibadahnya.aminnnn

Baca Juga: Hukum Banyak Tidur Saat Berpuasa

Posting Komentar untuk "Hukum Shalat Tarawih Super Cepat"