Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Lucu Sahabat Ali PRANK Rasulullah SAW Dengan Biji Kurma Hingga Bikin Tertawa Tawa


Sosok Sahabat Ali bin Abu Thalib merupakan Sahabat Nabi yang memiliki teladan baik dan sholih. Beliau sejak kecil sudah hidup Bersama Rasulullah. Dari segi Nasab Sahabat Ali memiliki ikatan nasab dengan Rasulullah SAW dimana beliau sendiri merupakan Anak dari Paman Rasulullah taitu Abu Thalib.  Sahabat Ali merupakan salah satu orang pertama yang mengikrarkan diri masuk islam dari golongan anak-anak. Beliau masuk dalam jajaran Assabiqunal Awwalun yang kelak pasti dijamin surga kelak. Berikut kisah lucu Sahabat Ali dan Sahabat Lainya ketika Bersama Rasulullah SAW:


ASAL USUL BUAH KURMA DAN MANFAATNYA

Tamrun/ Buah kurma adalah merupakan salah satu makanan favorit penduduk arab dan timur tengah sejak zaman  dahulu. Para jamaah haji Indonesia juga tidak melewatkan makanan ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas haji. Salah satu jenis buah kurma yang sangat digemari para jamaah haji adalah jenis kurma Ajwa. Menurut kisahnya kurma Ajwa merupakan kurma  yang pertama kali ditanam Oleh Baginda Rasulullah SAW. Lokasi pembudidayaanya berada di sekitar masjid Quba Madinah, maka dari itu jenis kurma ini disebut-sebut juga sebagai Kurma Nabi.

Buah kurma memiliki banyak sekali manfaat. Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada wanita-wanita yang sedang hamil untuk mengkonsumsi buah kurma. Karena diantara kemanfaatnya dapat menjadikan anak yang kelak lahir menjadi berhati penyabar, memiliki sopan santun serta menjadikanya cerdas.  Selain itu mengkonsumsi kurma Ajwa juga dapat menangkal racun dan juga gangguan sihir dari para dukun.  Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Ketika kita berbuka puasa, kita juga disunahkan untuk mengkonsumsi buah kurma. Hal kebiasaan yang selalu dilakukan Rasulullah SAW saat berbuka puasa adalah salah satunya memakan buah kurma. “Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air“. Sebagai umat muslim, tentu buah kurma menjadi makanan ta’jil yang harus ada saat berbuka puasa. Hal ini mengingat begitu besar manfaatnya, serta untuk meneladani sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW.


KISAH LUCU SAHABAT ALI JAILI RASULULLAH SAW

Dilansir dari NU Online: Ada sebuah kisah Lucu Kejailan Humor sahabat Ali Kepada Rasulullah SAW. Pada suatu hari ada sebuah perkumpulan diantara shabat-sahabat Rasulullah SAW. Hadir pula dimajelis itu Rasulullah SAW pula. Disaat berkumpul-kumpul tidak lengkap rasanya kalau tidak ada cemilan/ sajian makanan. Maka ditempat perkumpulan majelis itu, para sahabat nabi dan Rasulullah disajikan makanan berupa buah-buahan kurma. Mereka lalu menyantap buah kurma itu dengan nikmatnya. Sisa biji bijian dari kurma yang telah dimakan , lantas disisihkan di tempat mereka masing-masing.

Waktu itu posisi tempat duduk Sahabat Ali berada persis disamping Rasulullah SAW. Tidak terasa ternyata Sahabat Ali telah makan kurma yang cukup banyak. Hal ini jelas menyebabkan tempat sampah biji kurma sahabat ali terlihat banyak sekali tumpukanya. Jika dibandingkan dengan tempat biji kurma Rasulullah dan sahabat lainya, Tempat biji kurma sahabat Ali ampak lebih banyak tumpukanya.  Kemudian untuk menutupi malu agar tidak dianggap boros dan kelaparan, Sahabat Ali secara diam-diam lantas memindahkan biji-biji kurma yang telah ia makan kedalam tempat biji-bijian Rasulullah SAW. Ketika seluruh biji-bijian kurma Sahabt Ali sudah habis dipindah, kemudian beraksilah Sahabat Ali untuk Ngeprang Nabi Muhammad SAW.

Sahabat Ali lantas berkata kepada Rasulullah SAW “ Wahai Rasulullah, sepertinya engkau sangat lapar ya. Sehingga makan kurma banyak sekali. Lihat saja tumpukan biji kurma menumpuk begitu banyakknya di tempat engkau”. Tanpa rasa kaget maupun marah, Rasulullah SAW lantas membalas kejailan  Sahabat Ali degan senyum dan berkata “ Hei Ali, Sepertinya yang sangat kelaparan itu kamu. Sehingga kamu makan buah kurma komplit Bersama semua biji-bijinya. Coba lihat saja, tidak ada satupun sisa biji kurma di depanmu itu”. Jawaban Rasulullah itu lantas membuat Para sahabat lainya tertawa-tawa karena sangking lucunya. Sahabat Ali akhirnya merasa malu karena aksi prank nya berakhir gagal. Subhanallah.


KISAH LUCU SAHABAT AMR BERSAMA RASULULLAH SAW

Selain itu adapula kisah Ngakak dari Sahabat Amr bin ash didalam Hadist Riwayat Abu Dawud. Dahulu ketika terjadi peperangan Zat Assalasil, Disuatu malam yang sangat dingin, Sahabat Amr  mengalami mimpi basah saat tidur. Alhasil ketika bangun beliau sangat takut, bila harus mandi wajib karena hal itu dapat membahayakan dirinya dan  menyebabkan sakit. Walhasil, ketika masuknnya waktu sholat subuh, beliau tidak mandi  wajib dan hanya bertayamum saja.  Kemudian berangkatlah sahabat Amr untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah Bersama para sahabat lainya.  Namun para sahabat lainya mengetahui jikalau sahabat Amr itu sholat dalam kondisi junud. Padahal Kalau junub wajib mandi besar. Karena itu termasuk hadast besar.

Mengetahui kelakuan sembrononya Sahabat Amr, maka para sahabat lain melaporkan kejadian itu kepada Nabi Muhammad SAW. Atas laporan itu, Rasulullah lantas bertanya kepada Sahabat Amr. “Hai Amr, Mengapa kamu melaksanakan sholat Bersama sahabat lainya dalam kondisi junub.?? Sahabat Amr lalu mengatakan, bahwa ia teringat Firman Allah "Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha

Penyayang kepadamu,". (QS. an-Nisa : 29). Nah itulah alasan kenapa Sahabat Amr takut mandi.  Rasulullah yang mendengar jawaban sahabat Amr bin Ash, lantas tertawa-tawa atas kegokilan sahabat Amr tersebut.

Baca Juga: Kisah Lucu Sahabat Rasulullah Yang Berhubungan Badan Saat Puasa Ramadhan

KISAH LUCU SAHABAT UMAR DAN RASULULLAH SAW

Sahabat Umar juga pernah membuat kisah lucu yang membuat Rasulullah SAW tertawa. Suatu hari Nabi Muhammad berkata kepada para sahabat “ Siapa diantara kalian yang memiliki kisah lucu  dan yang bisa membuatku tertawa …?. Dengan pedenya sahabat Umar bin khatab langsung unjuk gigi “Saya, Wahai Rasulullah”. Sahabat umar lantas mengisahkan kisah lucunya saat masih menyembah berhala dahulu. Suatu ketika pernah sahabat umar membuat sesaji berhala dari manis-manisan. Namun disiang harinya perut sahabat umar kerucutan lapar, beliau lalu mencari makanan namun tidak dapat. Yang ada hanyalah sesaji manisan yang tadi digunakan untuk sesembahan tuhan berhala.  Akhirnya dengan beraninya sahabat umar memakan sesaji manisan itu.  Mendengar kisah koplak itu, Rasulullah SAW lantas tertawa-tawa karena sangking lucunya. Subhanallah.

Itulah sederet kisah lucu penuh humor Para Sahabat Nabi dan Rasulullah SAW. Hal ini memberikan gambaran betapa Rasulullah bisa melucu Bersama para sahabat ketika sedang ada di sebuah majelis. Semoga kisah ini bisa menghibur kita semua Amin. Semoga kisah ini menghibur  dan bermanfaat Wallahu A’lamu bishowab.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Lucu Sahabat Ali PRANK Rasulullah SAW Dengan Biji Kurma Hingga Bikin Tertawa Tawa"