Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Menakjubkan Detik-Detik Wafatnya Nabi Adam As


Kisah menyedihkan mengiringi detik-detik wafatnya Nabi Adam As. Lebih dekat mengenal sosok nabiyullah yang satu ini, beliau adalah manusia yang banyak memiliki keistimewaan selama hidup. Kesalehannya terpancar dari caranya bertaubat dengan menangisi kesalahanya walaupun hanya sekali dilakukan. Namun setiap makhluk bernyawa pasti akan mati, tak berbeda dengan nabi adam As. Menginjak usianya yang ke 1000 tahun maka itu adalah waktu dimana kuota hidupnya sudah memasuki masa tenggang.  Diwaktu itu Nabi adam dirudung sakit dimasa-masa tuanya. Allah lalu mengutus malaikat mautnya untuk menemui Nabi Adam dan mencabut Nyawanya. Berikut kisah lengkapnya:


WASIAT NABI ADAM AS SEBELUM WAFAT

Dahulu Sebelum wafat, Nabi adam As sempat berpesan dan berwasiat kepada anak-anaknya. “Wahai anak-anaku!  Sesungguhnya aku ingin sekali buah surga”. Atas permintaan itu, maka anak-anak nabi adam memenuhi permintaan itu. kemudian pergilah mereka untuk mencari buah surga yang di inginkan sang ayah. Mereka berangkat dengan membawa beberapa peralatan yang nantinya butuhkan untuk memetik buah itu diantaranya adalah kapak, sekop dan membawa keranjang. Mereka lalu mencari-cari dimana lokasi buah surga. 

Namun tidak disangka, saat berada dalam perjalanan mereka berpapasan dengan para malaikat, malaikat itu membawa lembaran kain kafan dan kamper dari surga yang Nantinya itu semua akan diberikan kepada Nabi Adam As. Para malaikatpun lalu bertanya kepada anak-anak nabi Adam As “ Wahai anak-anak Adam! Mau mencari apa kalian..? Atau apa mau kalian dan mau kemana kalian?” Anak-anak Nabi Adam menjawab “ Ayah kami sedang sakit dan menginginkan buah-buahan surga”. Malaikat berkata “Pulanglah kalian, Ayah kalian sudah hampir meninggal dunia”.

Atas pemberitahuan dari para malaikat, akhirnya pulanglah anak-anak Nabi adam As ke rumah kembali. Malaikat maut kemudian mendatangi rumah nabi adam As, disaat itu ibu hawa rupanya mengetahui siapa tamu yang mendatangi rumahnya, dengan sedihnya ibu hawa lalu memeluk tubuh nabi Adam As. Nabi adam lantas berkata kepada ibu hawa “Menjauhlah dari diriku, karena aku sudah ada sebelum kamu ada. Biarkanlah aku Bersama para malaikat Rabb-ku Azza’ Wa Jalla”.


DETIK-DETIK WAFATNYA NABI ADAM AS

Tepat dihari jumat, tibalah waktu detik-detik wafatnya Nabi Adam As. Di hari itupula Kemudian malaikat maut mendekati tubuh nabi Adam As.  Malaikat maut lantas mencabut nyawa Nabi Adam As dari dalam tubuhnya. Dengan begitu wafatlah Nabi Adam As, wafatlah seorang nabi mulia yang selama hidupnya dipenuhi tetesan air mata taubat atas kesalahanya.  Hari itu adalah hari kesedihan dan deraian air mata yang sangat mendalam dibenak anak cucu nabi adam As. Dihari itu Para malaikat yang hadir mengucapkan salam takziyah kepada putra nabi adam yaitu Nabi Syaits As yang sekaligus putra yang mendapat wasiyat dari Nabi Adam As.


PERISTIWA GAIB SAAT WAFATNYA NABI ADAM AS

Peristiwa Alam bermunculan mengiringi kesedihan atas wafatnya Nabi Adam As yang mulia. Fenomena di atas langit nampak  terlihat mengeluarkan kejadian-kejadian aneh yang sangat tak biasa. Matahari yang biasa bersinar terang disiang hari, berubah menjadi gerhana matahari selama tujuh hari tujuh Malam. Tidak hanya itu, gerhana tidak hanya terjadi pada matahari, tetapi terjadi juga pada bulan.  Bulan juga mengalami gerhana dimalam hari selama sejak meninggalnya Nabi Adam As hingga selama 7 hari  tujuh malam.

Setelah Nyawa Nabi Adam As dicabut, Para malaikat kemudian memandikan jenazah Nabi Adam As, Kemudian Jasad Nabi Adam diletakkan diatas kain kafan untuk di kafani dan diberikan kamper. Setelah itu Para malaikat lalu menshalati jenazah Jenazah nabi Adam As dengan bertakbir sebanyak empat kali. Begitu istimewaanya jenazah Nabi adam sehingga mendapat pelayanan dari para malaikat. Nabi adam As adalah Manusia pertama yang dimandikan, dikafani, diberi kamper dan disolatkan oleh para malaikat secara istimewa.

Para malaikat kemudian menggalikan sebuah liang lahat untuk menguburkan jasad Nabi Adam As. Setelah liang lahat jadi, barulah kemudian jasad Nabi adam As dimakamkan dan menimbunya dengan tanah. Para malaikat kemudian berkata kepada Anak-anak nabi Adam As “Wahai anak-anak adam. Inilah syariat kalian”.  Begitulah prosesi tata cara pemakaman yang dilakukan para malaikat terhadap jasad Nabi Adam As.


PENERUS DAN LOKASI WAFATNYA NABI ADAM AS

Menurut Hadist riwayat Ibnu Asakir menjelaskan bahwa ketika nabi Adam As wafat, maka menangislah seluruh makhluk  selama tujuh hari lamanya. Setelah wafatnya Nabi Adam As, tugas tugas kenabian kemudian diteruskan kepada putranya yang bernama Nabi Syaits As.  Nabi Syaits As adalah seorang nabi yang mungkin jarang terdengar karena tidak masuk dalam daftar nama 25 nabi yang wajib diketahui. Kenabian nabi Syaits juga diriwayatkan oleh ibnu hibban dalam kitabnya yang sahih. Keistimewaan yang dimiliki oleh Nabi syaits adalah ada sebanyak 50 lembar suhuf yang diturunkan Allah kepada nabi Syaits As.

Baca Juga: Kisah Tragis Qobil Setelah Membunuh Habil & Kisah Nabi Syaits AS

Lokasi makam nabi adam As masih banyak yang memperselisihkanya. Riwayat yang masyhur mengatakan bahwa Nabi Adam dimakamkan  berdekatan dengan sebuah gunung yang terletak di India yaitu tempat yang dulu beliau diturunkan dari surga. Namun ada pula yang mengatakan bahwa makam nabi adam berada di gunung Abu Qubais di Makkah (sebuah gunung tinggi yang menghadap ke tanah haram). Namun ibnu jarir berpendapat bahwa saat terjadi banjir bandang di masa Nabi Nuh As, jasad Nabi adam dan hawa dipindahkan kedalam peti yang kemudian dimakamkan kembali di daerah Baitul maqdis Palestina.

Itulah kisah mengenai fenomena alam menjelang detik-detik wafatnya Nabi Adam As yang mulia. Peristiwa ini juga bisa mengingatkan kita untuk selalu berbuat kebaikan guna agar menajdi bekal di kehidupan akhirat kelak amin. Subhanallah Wallahu A’lamu bishowab.

Penulis: Muchtadil Anwar

Sumber: Kitab Qishosul Ambiya' (Kisah Para Nabi) Imam Ibnu Katsir 

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Menakjubkan Detik-Detik Wafatnya Nabi Adam As"