Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Penciptaan Nabi Adam As Dan Siti Hawa Serta Kisah Buah Khuldi


Kisah Penciptaan nabi Adam As dan Siti Hawa. Dahulu Nabi adam adalah manusia pertama yang Allah ciptakan dan menyusul Siti Hawa sebagai ibu umat manusia pertama. Nabi Adam Allah ciptakan hanya dari tanah liat. Awal penciptaan ini, para malaikat tampak kurang setuju dengan penciptaan nabi adam AS. Namun Allah beri sebuah kekuasaan dan pengetahuan lebih kepada Nabi Adalam AS. Walhasil Allah memerintahkan Nabi Adam untuk menyebutkan Nama benda yang terdapat di langit dan buumi, seketika berkat keagungan Allah nabi adam bisa menjawabnya dengan mudah. Setelah di survey, didalam tubuh Nabi adam ternyata berongga dan berlubang.


PENCIPTAAN NABI ADAM AS

Ketika Jasad Nabi adam telah jadi, maka didiamkanllah jasad itu dengan kisaran waktu 40 malam. Saat penantian itu si iblis mendatangi tubuh nabi adama dan memberi pukulan ketubuh itu. Tidak terduga terdengarlah suara seperti tembikar dari jasad Nabi adam.  Iblis diwaktu itu juga sempat keluar masuk mulut serta Dubur nabi Adam AS.

Kemudian tibalah saat peniupan roh nabi adam AS. Allah SWT lalu memasukkan ruh nabi adam kedalam jasad nabi adam dari atas kepala. Saat ruh nabi adam sampai di kedua matanya maka seketika dapat melihat buah segar yang ada didalam surge. Ketika ruh sampai diperut jasad nabi adam maka timbullah rasa ingin memakan buah yang ada disurga. Ketika ruh sudah masuk sempurna kedalam tubuh nabi adam As, maka seluruh anggota badan dapat bergerak dan berfungsi seperti manusia pada umumnya.

Setelah itu, Allah memberi perintah kepada para malaikat dan iblis untuk melakukan penghormatan sujud kepada Nabi adam AS. Seluruh para malaikat mentaati perintah itu, sayangnnya hanya iblis yang membangkang. Iblis menolak perintah itu karena dia beranggapan bahwa dirinya lebih baik dari nabi adam. Nabi adam tercipta hanya dari tanah sedangkan iblis dari api. Pembangkangan iblis lantas membuat Allah SWT murka, iblis lantas mendapat laknat Allah dan di usir dari surga.


PENCIPTAAN SITI HAWA (IBUNYA PARA MANUSIA)

Nabi Adam lantas Allah tempatkan di dalam surga yang indah dan sungguh nikmat. Keseharian nabi adam disurga dalam waktu cukup lama, hal ini lantas menyebabkan nabi adam bersedih karena merasa sangat kesepian. Allah SWT mengetahui tentang kondisi nabi adam yang kesepian. Kemudian Allah SWT menciptakan seorang wanita yang akan mendampingi Nabi adam AS. Allah SWT lalu menciptakan seorang wanita dari tulang rusuk nabi Adam bagian kiri. Wanita itu lantas diberi nama Hawa yang merupakan ibunya seluruh umat manusia.

Kemudian dihadirkanlah sosok Hawa didekat nabi adam AS. Ketika nabi adam pertama kalinya melihat hawa, maka hatinya begitu Bahagia dan senang sekali. Nabi Adam dan Hawa lantas menikah dan sama sama menjalin ikatan hidup yang harmonis. Betapa senangnya Nabi adam karena sekarang beliau tidaklah sendirian lagi. Nabi Adam dan hawa akhirnya dapat hidup bahagia disurga Bersama dan menikmati segala fasilitas yang ada didalam surga.


LARANGAN MEMAKAN BUAH KHULDI

Meskipun Nabi adam dan hawa diberi kebebasan hidup disurga, tetapi mereka harus tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang Allah berikan.  Allah SWT berfirman, "Hai Adam, bertempat tinggallah kamu dan istrimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim." (al-A'raaf:19). Allah menjelaskan bahwa ada 1 pohon terlarang yang tidak boleh mereka dekati apalagi dimakan. Buah itu adalah buah khuldi.

Beberapa masa nabi adam dan hawa masih mampu dan patuh terhadap aturan yang ditetapkan  Allah SWT. Namun iblis selalu memata-matai mereka, iblis mencari tahu tentang apa kelemahan manusia. Kemudian iblis berhasil mengetahui bahwa kelemahannya ada pada nafsunya. Iblis lantas berupaya membujuk nabi adam dan hawa untuk memakan buah khuldi dengan segala cara. Buah khuldi adalah buah yang rasanya paling nikmat di surge waktu itu. kelezatan buah didunia tidak ada yang bisa menandingi buah khuldi

Iblis lantas merayu dan berkata kepada Nabi adam As “Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?”. Iblis berupaya merayu Nabi adam agar memakan buah khuldi dengan iming-iming hidup kekal selamanya. Nabi adam awalnya kurang percaya tapi lantas beliau berfikir, apakah benar apa yang di ucapkan iblis itu. Namun Akhirnya Nabi adam mempercayai perkataan iblis. Nabi Adam AS lantas mendekati buah khuldi untuk memetic buahnya lalu memakannya.


BUJUKAN IBLIS DAN PENGUSIRAN DARI SURGA

Setelah mereka berdua memakan buah larangan itu, pakaian surga yang mereka pakai lantas menghilang. Nabi adam dan Hawa langsung otomatis telanjang bulat.  Mereka lantas sadar akan kesalahanya melanggar larangan Allah SWT. Mereka lantas bingung dan merasa malu dengan kondisinya, Setelah itu nabi adam dan hawa mencari dedaunan untuk menutupi aurat-aurat mereka yang telanjang. Iblis telah berhasil menghasut Nabi Adam dan hawa hanya dengan embel-embel hidup kekal abadi.

Baca Juga: Kisah Al Qolam Arsy Dan Air Yaitu Makhluk Yang Pertama Kali Diciptakan Allah SWT

Nabi Adam dan istrinya telah berani membangkang atas perintah Allah SWt dan lebih terpedaya dengan tipu daya iblis laknatullah. Allah SWT pun mengetahui perbuatan Nabi adam dan hawa. Allah SWT lalu berkata kepada mereka berdua "Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: "Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?" (QS. Al-A'raaf : 22). Nabi adam dan hawa lantas menangis penuh malu dengan segala penyesalannya. Mereka memohon ampun Kepada Allah SWT atas dosa kesalahanya. Namun karena takdir Allah mereka berdua harus diusir keluar dari surga untuk menjadi pemimpin kehidupan di bumi.

Sekian kisah penciptaan Nabi adam dan Hawa yang sangat edukatif dan mengispirasi,Kisah selanjutnya tunggu episode selanjutnya. Wallahu A’lamu Bishowab.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Penciptaan Nabi Adam As Dan Siti Hawa Serta Kisah Buah Khuldi"