Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Utsman bin Affan, Satu-Satunya Sahabat Nabi Yang Bisa Membuat Malaikat Malu

Kisah Utsman bin Affan

www.hidayahilahi.com- Kita sering mendengar bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki banyak sahabat yang selalu setia padanya. Dan nyatanya, mereka semua memiliki kelebihan dalam hal sifat dan kekayaan. Salah satu sahabat yang paling menarik perhatian adalah Utsman bin Affan. Selain dikenal memiliki kekayaan yang melimpah, ia juga dikatakan sangat disegani oleh para malaikat.

Bukan karena banyaknya kekayaan yang membuat para malaikat segan kepadanya. Namun ketulusan hatinya dalam membantu sesama. Meski bantuannya harus menguras kekayaannya, namun bagi dirinya hal tersebut tidak menjadi masalah. Hal terpenting yang diinginkannya adalah agar hartanya dapat bermanfaat bagi semua orang. Lalu, apa saja yang membuat para malaikat malu dengan sahabat Nabi yang satu ini? 

Bersedia mendonasikan sebagian harta untuk momen perjuangan Islam

Suatu hari, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam sedang membuat pengumuman penting. Beliau bertanya kepada seluruh masyarakat, siapa yang bisa mencukupi dana untuk momen perjuangan Islam. Tak lama kemudian, Utsman bin Affan pun melangkahkan kaki menuju Rasulullah SAW. Utsman dengan mudah menyumbangkan sebagian hartanya untuk monen memperjuangkan islam. Bukan hanya jutaan, tapi triliunan. Sahabat Nabi yang berwajah tampan tersebut mengatakan bahwa demi Islam ia akan rela melakukan apapun.

Semua amal baik yang tak pernah ia tinggalkan

Tak hanya rela menyumbangkan harta, Utsman bin Affan juga dikenal memiliki karakter yang sangat baik. Meskipun dia sangat sibuk mengelola bisnisnya yang mengharuskan dia untuk kembali dari Madinah ke Mekah. Walaupun ia sedang kelola dan pantau perkembangan ekspor impor yang sedang dimaafkan. Ia tetap konsisten dalam semua kewajibannya terkait dengan agamanya. Seperti Shalat Tahajud dan juga rajin membaca Alquran setiap hari.

Baca Juga : Kisah Abu Bakar Ash-Siddiq Ketika Masuk Islam

Bersedia Meninggalkan Kekayaannya Demi Menjadi Khalifah

Ketika orang-orang kafir Quraisy menyiksa umat Islam, Utsman bin Affan hijrah bersama teman-temannya. Ini dia dan teman-temannya lakukan untuk memenuhi perintah Nabi SAW. Nah, seperti yang kita ketahui, jika migrasi harus dilakukan selama bertahun-tahun dan entah bagaimana itu berakhir. Maka, Utsman bin Affan pun mengambil keputusan terbesar dengan meninggalkan semua hartanya.

Hijrah dan Meninggalkan Harta 

Usahanya tidak sia-sia, Utsman bin Affan diangkat menjadi khalifah ketiga setelah Umar bin Khattab menghembuskan nafas terakhirnya. Tahun demi tahun ia berusaha menjadi yang terbaik bagi bangsanya, dan ternyata kepemimpinan Utsman bin Affan juga membuahkan hasil.  Masa kepemimpinannya merupakan yang terbaik dari para khalifah sebelumnya.

Itulah alasan mengapa para Malaikat menjadi malu dengan pendamping Nabi yang satu ini. Bukan karena kekayaannya, tapi karena kemurahan hatinya. Ia tidak takut memberikan sebagian hartanya karena hal itu dilakukan semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Semoga cerita dari Utsman bin Affan ini bisa menjadi teladan bagi kita semua. Kalau harta itu hanya titipan yang bukan milik kita seluruhnya. Semoga bermanfaat Wassalamu'alaikum Wr,Wb


Posting Komentar untuk "Kisah Utsman bin Affan, Satu-Satunya Sahabat Nabi Yang Bisa Membuat Malaikat Malu"