Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tata Cara Sholat Tarawih di Bulan Suci Ramadhan

Tata Cara Sholat Tarawih di Bulan Suci Ramadhan

Assalamu'alaikum wr,wb. Sholat Tarawih merupakan sholat sunnah khusus di bulan Ramadhan yang pengerjaannya dilakukan setelah sholat isya hingga sebelum masuk waktu subuh. Sholat tarawih dapat dilakukan selama dua puluh rakaat, dilanjutkan dengan sholat witir tiga rakaat dan doa untuk penutup. Keutamaan sholat tarawih dapat merujuk pada riwayat Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan shalat Ramadhan kepada para sahabat tanpa ada perintah bahwa sholat itu wajib. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa mengerjakan qiyam (sholat) Ramadhan karena iman dan mengharapkan ridho Allah, maka dosa masa lalunya akan diampuni" (HR. Bukhari dan Muslim). 

Shalat tarawih adalah sunnah muakkad dan dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah. Namun, bisa juga dilakukan sendiri di rumah tanpa jamaah. Ada perbedaan pendapat tentang jumlah raka'at sholat tarawih. Ada yang bilang delapan rakaat, ada yang bilang dua puluh rakaat. Namun Sayyida Umar sendiri melaksanakan sholat tarawih dua puluh rakaat dan diikuti oleh ulama salaf seperti Imam Syafii.

Cara mengerjakan sholat tarawih sama dengan mengerjakan sholat pada umumnya, yang diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam. Sholat tarawih berjumlah 20 raka'at dan dilakukan dua raka'at masing-masing dengan satu salam. Jadi ketika kita melakukan sholat tarawih selama 20 raka'at maka ada 10 salam didalamnya, baik dilakukan berjamaah maupun sendiri. Berikut adalah tata cara Sholat Tarawih:

> Dimulai dengan Niat Sholat Tarawih

Niat sholat Tarawih dapat dibaca dalam hati saat takbiratul ihram. Berikut niat sholat Tarawih dua rakaat berjamaah:

اصلى سنة التراويح ركعتين مستقبل القبلة مأموما لله

'Saya niat sholat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum/imam karena Allah Ta'ala'

Berikut niat sholat Tarawih dua rakaat berjamaah yang dilakukan sendiri :

اصلى سنة التراويح ركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

'Saya niat sholat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum/imam karena Allah Ta'ala'

Baca Juga : Tips Sholat Witir Yang Terbaik & Paling Utama

> Sholat seperti biasa

> Surat pendek yang disarankan

Ada beberapa surat pendek yang dianjurkan untuk dibaca jika hafal setelah membaca surat Al-Fatihah. 

Pada setiap tanggal 1-15 Ramadhan dianjurkan untuk membaca surat-surat pendek berikut secara berurutan dari raka'at pertama berupa surat At-Takatsur, Al-Asr, Al-Humazah, Al-Fiil, Quraisy, Al-Ma'un, Al-Kautsar, Al -Kafirun, An-Nasr dan Al-Lahab. Sementara diraka'at kedua membaca surat Al-Ikhlas.

Setiap tanggal 16 sampai akhir Ramadhan dianjurkan membaca Surat Al-Qadr pada raka'at pertama. Pada raka'at kedua, membaca surat pendek berikut secara berurutan yaitu, At-Takatsur, Al-'Asr, Al-Humazah, Al-Fiil, Quraish, Al-Ma'un, Al-Kautsar, Al-Kafirun , An - Nasr, dan Al-Lahab. Jika tidak hafal surat-surat tersebut, maka silakan membaca surat dalam Al-Qur'an yang dihafal saja.

> Doa di setiap malam

اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عنا 

'Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah kami yang Maha Mulia'

اللهم إنا نسئلك رضاك   والجنة ونعوذبك من سخطك

 'Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhoan-Mu dan surga, dan kami berlindung dari murka-Mu dan siksa neraka'

> Doa kamilin di akhir sholat tarawih

Pada salam terakhir sholat tarawih, dianjurkan membaca do'a kamilin untuk menyempurnakan keyakinan.

Bilal saat berjamaah

Jika shalat tarawih dilakukan berjamaah, sebaiknya menunjuk seorang bilal yang berfungsi sebagai pembimbing bacaan sholawat nabi untuk mengiringi sholat tarawih. Bilal juga berfungsi untuk membantu Imam agar tidak terlupa banyaknya raka'at yang dilakukan dengan menyebut nama-nama Khulafaurrosyidin. 

Itulah tadi tata cara sholat tarawih di bulan suci ramadhan dengan bacaan niat dan doa. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua Amin... Semoga bermanfaat  Barakallah Fikum Wassalamu'alaikum wr,wb.


Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Tarawih di Bulan Suci Ramadhan"