Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Detik-DEtik Wafatnya Nabi Idris AS yang Membuat Malaikat Maut Menangis


Nabi Idris As semasa kecilya begitu giat dalam belajar dan menimba ilmu, semangat yang kuat menjadikan beliau mampu menguasai keterampilan di banyak bidang. Asal nama Kata Idris diambil dari kalimat fiil madi yaitu Da-Ro-Sa yang maknanya yaitu belajar. Kelebihan yang dimiliki Nabi idris As adalah kemampuannya dalam beribadah yang sangat tekun dan giat. Siang malam tak kenal Lelah beliau beribadah menghadap Allah SWT, sampai-sampai ibadahnya sulit untuk digambarkan oleh manusia awam. Amal ibadah sangat berguna bagi bekal kita ketika datangnya kematian. Karena kematian itu sungguh mengerikan dan menakutkan, hal ini sama dengan Nabi Idris ketika menjumpai pahitnya kematian itu. Berikut kisah selengkapnya detik-detik kematian Nabi Idris AS dan kisah Sedih malaikat Maut:


Malaikat Maut Rindu Nabi Idris As

Nabi idris As dahulu memang sangat terkenal giat dalam urusan beribadah. Hal ini membuat malaikat maut izrail kagum dan ingin sekali berjumpa dengan Nabi Idris As. Malaikat izrail lantas memohon izin kepada Allah untuk turun dan berjumpa dengan Nabi kekasih-Nya itu. Allah SWT lantas mengizinkanya. Kemudian pergilah malaikat maut untuk bertemu Nabi Idris As. Malaikat maut mendatangi Nabi idris dengan kondisi berubah wujud menjadi sosok Manusia.

Malaikat maut lantas mengucap salam dan dipersilahkan duduk Bersama Nabi Idris As. Waktu itu Nabi idris masih dalam kondisi berpuasa Dahr atau puasa 1 tahun. Saat tibanya waktu berbuka puasa, ternyata datanglah sosok malaikat yang membawakan menu makanan berbuka dari surga. Nabi idris lantas berbuka dengan makanan itu, beliau juga mengajak jelmaan malaikat maut untuk ikut menyantap makanan itu, Namun sayang orang jelmaan malaikat itu enggan ikut makan. Begitulah kerinduan Malaikat maut kepada Nabi idris As.

Dahulu Allah SWT pernah memberi wahyu kepada Nabi Idris As "Sesungguhnya Aku akan mengangkat bagimu setiap harinya amal perbuatan yang semisal dengan semua amal perbuatan anak-anak Adam (Seluruh manusia)." .  Turunya wahyu itu membuat Nabi idris ingin sekali meningkatkan amal ibadahnya, Lalu ada seorang malaikat yang datang menemuinya. Nabi idris lalu berkata kepada malaikat itu “ Hai malaikat, Sungguh Allah telah memberi wahyu kepadaku seperti ini bla…bla…bla.  Tolong bilang ke malaikat maut supaya dia mau menunda dulu kematianku agar amal ibadahku bertambah banyak”.


Perjalanan Nabi Idris Terbang ke Langit Bertemu Malaikat Maut

Malaikat  yang dekat dengan Nabi Idris itu lantas mengabulkan keinginan Nabi Idris. Kemudian terbanglah malaikat itu ke atas langit dengan membawa nabi Idris. Posisi saat naik langit waktu itu, Nabi idris berada di antara bagian kedua sayap malaikat. Ketika sudah sampai di langit ke 4, tiba-tiba berjumpalah mereka dengan malaikat maut. Kemudian Malikat yang membawa Nabi idris menyampaikan kepada malaikat maut tentang apa-apa yang diinginkan Nabi Idris AS.


Detik-DEtik Wafatnya Nabi Idris As

Malaikat yang membawa nabi idris lalu Bertanya kepada malaikat maut “  Berapakah sisa umur hidup Nabi idris As dan kapankah ajalnya..??” Malaikat maut menjawab “ Aku tah tahu, Coba saya cek dulu bukunya”. Setelah di cek, malaikat maut lantas berkata “  Kau itu sesungguhnya bertanya mengenai laki-laki yang ajalnya tidak tersisa lagi  kecuali hanya kecapan mata.  Kemudian malaikat maut menoleh ke arah nabi idris yang berada di antara kedua sayap malaikat. Tanpa disadari ternyata Nabi Idris AS telah wafat meninggal dunia, padahal malaikat maut benar-benar tidak sadar kalau dirinya telah mencabut Nyawa Nabi Idris As

Mengetahui Nabi Idris AS wafat, Maka menangislah Malaikat maut sejadi-jadinya atas wafatnya Nabi idris As. Berlinanglah malaikat maut atas kepergian sahabatnya yang begitu ia kagumi. Begitu sedihnya malaikat maut izrail ditinggal wafat Nabi Idris As. Kemudian Berdoalah malaikat maut kepada Allah SWT agar bersedia menghidupkan kembali Nabi idris As.  Allah SWT lantas mengabulkan permohonan Malaikat maut itu, Allah kemudian menghidupkan Nabi idris As untuk hidup kedua kalinya.


Nabi Idris Dihidupkan Kembali Dari Kematian

Nabi idris lantas Hidup kembali untuk kedua kalinya. Melihat peristiwa itu, berbahagialah malaikat maut karena bisa menjumpai nabi idris As kembali.  Sangking bahagianya malaikat maut lantas merangkul tubuh mulia nabi Idris As. Kemudian bertanyalah malaikat maut kepada Nabi Idris AS tentang bagaimana rasanya kematian itu. Malaikat maut bertanya “ Wahai Nabi idris, bagaimana rasanya kematian itu..?? “ Dengan rasa takut dan sedihnya, Nabi Idris As lalu menjelaskan pengalamanya ketika datangnya kematian itu.

Nabi Idris lalu berkata kepada malaikat maut “  Wahai malaikat, rasanya seperti hewan saat kulitnya dikuliti hidup-hidup, sedang rasa sakitnya kematian itu seribu kali lebih berat dari itu semua”. Begitu sakitnya nabi idris merasakan kematian, padahal beliau adalah seorang nabi, namun masih merasakan pahitnya mati. Mendengar penjelasan itu, malaikat maut berkata “ Wahai Nabi idris, padahal diriku sudah halus saat mencabut nyawamu, dan itupun belum pernah aku lakukan ke orang lain satupun sebelumnya”.

Baca Juga : Kisah Nabi Idris As dan Azab Kemarau Panjang untuk Kaumnya yang Kafir Serta Durhaka

Begitulah Kisah  gambaran mengerikannya kematian Nabi Idris As itu. Mari kita meningkatkan amal ibadah kita, agar kelak di ringankan kesulitanya saat Detik-detik datangnya kematian Amin. Mari kita meningkatkan Amaliyah ibadah kita agar selamat dari buruknya kematian amin. Wallahu A’lamu Bishowab.

(Sumber: Kitab Tafsir Ibnu Katsir, Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah)

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Detik-DEtik Wafatnya Nabi Idris AS yang Membuat Malaikat Maut Menangis"