Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Nabi Idris As dan Azab Kemarau Panjang untuk Kaumnya yang Kafir Serta Durhaka


Kisah nabi Idris As juga sangat menginspirasi, bisa kita lihat dalam sejarahnya, sosok Nabi Idris As adalah seorang nabi yang dikenal sangat cinta kebenaran dan memiliki pengetahuan luas. Allah SET bahkan memuji Nabi idris As dalam Al quran Q.S Maryam ayat 56-57 yang berbunyi “Dan ceritakanlah (hai Muhammad, kepada mereka kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al-Qur’an. Sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi”. Dalam berjuang, kerap kali Nabi idris menjumpai  penolakan dari kaum-kaumnya, hal ini juga membuat Allah SWT murka lalu menurunkan azab pedih untuk negeri kaum yang membangkang.


ASAL-USUL NABI IDRIS AS

Nabi idris As dahulu dilahirkan di negeri babilonia atau negeri irak kuno. Beliau memiliki nama lain yaitu khanukh. Nabi Idris As merupakan keturunan ke-6 dari Nabi Adam As. Dalam silsilahnya, nasab Nabi idris AS bersambung kepada Nabi Adam as melalui jalur Nabi Syits As. Bila di urutkan silsilahnya adalah Nabi Idris As bin Yarid bin Mahlail bin Qainan bin Anusy bin Nabi Syits As bin Nabi Adam As. Nasab Rasulullah SAW juga bersambung  dengan Nasab Nabi Idris As. Nabi idris dikenal sebagai orang yang sangat mencintai kebenaran, dari sinilah Allah SWT kemudian mengangkat Idris bin Yarid menjadi seorang Nabi dan mengangkatnya ke derajat yang tinggi juga.

Dimasa mudanya, Nabi idris As dikenal sebagai seorang yang giat belajar, Jujur, kreatif, dan pandai dalam menguasai banyak ilmu pengetahuan. Allah SWT telah menganugerahi kecerdasan dan banyak ilmu kepada Nabi idris As. Menurut Ibnu ishaq Nabi idris adalah manusia yang pertama kali menorehkan tulisan dengan menggunakan pena.  Dikisahkan juga, Nabi idris As juga merupakan  nabi pertama yang mengenal tulisan-tulisan. Kemahiran atau skill yang dimiliki Nabi idris As, juga menjadikan beliau dikenal sebagai orang yang menguasai banyak sekali Bahasa.

Selain itu, berkat kepandaian yang dimiliki Nabi Idris, negeri babilonia mengalami kemajuan ilmu dan teknologi yang pesat, Nabi idris juga menguasai ilmu hitung menghitung, Ilmu-ilmu alam, Ilmu astronomi dan banyak keahlian lainya. Nabi idris juga memiliki keahlian menjahit pakaian, dan ahli dalam bidang kedokteran/ medis. Dari sini bisa kita lihat, bahwa nabi Idris tidak hanya mahir dalam ilmu agama saja tetapi juga menguasai banyak ilmu-ilmu umum. Kedalam ilmu dan kepandaian yang dimiliki Nabi Idris AS, tidaklah menjadikan beliau takabur/ sombong, Melainkan beliau manfaatan untuk membantu banyak aspek kehidupan dan memperjuangan Agama Allah SWT.


NABI IDRIS DIANGKAT MENJADI NABI

Ketika Nabi idris telah diangkat Allah menjadi Nabi, beliau lantas memperjuangkan dakwah islam dengan giat dan disipilin. Allah SWt mengutus Nabi idris untuk menyebarkan ajaran Allah yang benar kepada rakyat negeri babilonia/ irak kuno. Waktu itu banyak sekali penduduk babilonia yang kafir dan menyekutukan Allah SWT, Oleh sebab itu Allah kemudian mengutus Nabi Idris As untuk berdakwah memberi peringatan  kepada anak cucu adam yang durhaka dan kaum-kaum keturunan Qobil yang ingkar agar mau kembali kejalan yang benar. Tidak sedikit orang-orang dizaman itu yang mulai menyimpang dari ajaran Allah SWT dan ajaran pendahulunya yaitu Nabi Adam AS. 

Namun Rupanya penduduk babilonia enggan menerima seruan dakwah Nabi idris As, Mereka banyak yang menentang keras ajaran tauhid dan kebenaran yang dibawa Nabi Idris As. Orang-orang di negeri itu ternyata banyak yang  memilih menjadi pengikut nafsu setan dan iblis dari pada beriman kepada Allah SWT. Penolakan dan Penentangan yang dilakukan kaumnya, tidaklah menjadikan Nabi Idris putus asa. Beliau masih terus semangat berdakwah demi menyelamatkan kaumnya dari kesesatan dan jurang neraka.


AZAB MUSIBAH KEMARAU PANJANG UNTUK KAUM YANG KAFIR DAN DURHAKA

Banyak sekali kaum-kaum yang melupakan Allah SWT. Karena  banyaknya kemusyrikan dan penyimpangan yang dilakukan penduduk negeri itu, Kemudian Allah SWT menurunkan bala bencana kepada penduduk negeri itu. Allah SWT kemudian mendatangkan azab kemarau Panjang yang membuat tanah-tanah negeri itu kering. Sungai-sungai yang awalnya deras dengan air mengalir kemudian berubah menjadi tanah tandus, tumbuh-tumbuhan dan hewan ternak banyak yang mati. Musibah kemarau Panjang itu lantas menyebabkan ketersediaan makanan di negeri itu habis. Penduduk negeri itu akhirnya mengalami kehausan dan kelaparan yang dasyat.

Karena tidak tega melihat dasyatnya musibah kemarau Panjang itu, Nabi Idris As kemudian berdoa memohon kepada Allah SWT agar musibah dasyat itu segera di hilangkan. Allah SWT lalu mengabulkan doa itu dan menghentikan musibah kemarau Panjang itu, Allah lantas menggantinya dengan menurunkan guyuran air hujan di atas negeri itu. Namun setelah berakhirnya kemarau Panjang itu, ternyata penduduk negeri itu tetap enggan bertaubat dan menerima ajaran Allah yang dibawa Nabi idris As. Hal ini tetap tidak  membuat semangat dakwah Nabi idris As pudar. Beliau  tetap tegar dalam perjuangan menegakkan ajaran Allah yang benar.


NABI IDRIS BERHIJRAH KE MESIR

karena banyak penduduk babilonia yang enggan menerima ajaran Agama Allah dan tak banyak yang menjadi pengikut nabi idris AS, Nabi idris As kemudian memilih berhijarah  ke negeri mesir untuk terus berjuang dan mendakwahkan ajaran Agama Allah. Nabi idris tidaklah takut menghadapi kaum-kaum kafir yang menentangnya, Beliau terus memberi pedoman hidup kepada para pengikutnya,  beliau juga tetap terus berjuang mengajak orang-orang untuk beriman Kepada Allah SWT, agar selamat dunia akhirat dan tidak terjerumus kejurang neraka yang sangat menyakitkan. Nabi idris As Juga dijuluki sebagai “Asad Al-Usud” yang berarti “Singanya segala singa” karena keberanian dan kegagahan yang dimiliknya. 

Baca Juga: Kisah Nabi Adam Membantah Malaikat Maut dan Protes ketika Nyawanya Hendak Di Cabut

Itulah kisah awal asal usul Nabi idris As beserta perjuangnnya. Memang tak banyak riwayat yang mengisahkan kisah Nabi Idris As secara mendetail, hal ini menjadikan tulisan ini masih penuh penyempurnaan. Insya Allah episode kisah selanjutnya akan admin tulis di artikel Part ke 2 ya. Terima kasih. Semoga kisah ini bermanfaat, Wallahu A’lamu Bishowab.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Nabi Idris As dan Azab Kemarau Panjang untuk Kaumnya yang Kafir Serta Durhaka"