Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Nabi Idris Pingsan Saat berkunjung Ke Neraka Jahanam Bersama Malaikat Maut


Setiap orang yang mati kafir atau orang ahli maksiat, kelak akan ditempatkan di neraka. Neraka adalah tempat gelap nan panas yang siap menyajikan aneka siksaannya untuk para penduduk didalamnya. Kengerian azab neraka tiada sebanding dengan panasnya dunia, para nabi ada yang pernah menjadi saksi akan begitu menakutkannya Neraka itu. Berikut kisah Nabi Idris As yang pernah pingsan saat berkunjung ke neraka jahanam.


NABI IDRIS & MALAIKAT MAUT BERKUNJUNG KE NERAKA

Dahulu ketika nabi idris telah dihidupkan kembali setelah dicabut nyawanya, Maka beliau masih Bersama malaikat maut. Nabi idris lantas memohon sebuah permintaan kepada malaikat maut. Nabi idris berkata “ Wahai malaikat maut, diriku masih punya permintaan  kepadamu” “ Permintaan apa..? jawab malaikat. “ Tolong bawalah diriku keneraka jahanam supaya aku bisa menyaksikan kengerian didalamnya” kata nabi idris. Jelas saja, permintaan Aneh Nabi idris membuat Malaikat maut izrail geleng-geleng kepala, pasalnya untuk apa tujuan sebenarnya nabi idris mengajak traveling ke neraka.

Tidak langsung serta-merta menurutinya, malaikat maut lantas  bertanya lagi “ Wahai nabi idris, mengapa kamu itu ingin menyaksikan neraka? Padahal para malaikat pun sangat takut untuk melihatnya”. “Sebenenarnya, diriku itu sangat amat takut dengan adzab allah itu. tetapi semoga imanku bisa menjadi semakin tebal setelah menyaksikan neraka” sahut Nabi idris As. Setelah mendengar penjelasan dari nabi idris As, malaikat maut lantas mendapat izin dari Allah SWT untuk melakukan kunjungan ke neraka jahanam Bersama nabi Idris As.  Setelah itu berangkatlah malaikat Maut Izrail Bersama Nabi Idris ke neraka.

Malaikat maut dan Nabi idris lantas mendatangi Malaikat malik yaitu malaikat penjaga neraka. Waktu itu Allah SWt memberikan perintah kepada malaikat Malik “ Hai malaikat penjaga Neraka, letakkanlah hambaku (idris) itu di pinggiran neraka jahanam supaya dia dapat menyaksikan apa-apa yang terjadi di dalam Neraka itu”. Kemudian di tempatkanlah Nabi idris di pinggiran neraka Jahannam itu. Sontak saja, ketika tatapan mata nabi idris tertuju kea rah neraka jahanam, Terkejutlah ia dengan segala peristiwa yang beliau lihat dengan mata telanjang. Neraka benar-benar mengerikan, kobaran api yang sangat Panas dengan leluasa menyambar-nyambar di dalamnya.

Didalam neraka, Nabi idris As menyaksian berbagai macam azab dan siksa-siksa mengerikan yang kelak disiapkan untuk para pendosa dan para musuh-musuh Allah SWT. Nabi idris menyaksikan jelas seperti apa rantai dan belenggu neraka yang super besar dan mengerikan, kobaran api-api panas menggelegar dengan dasyat diseluruh penjuru neraka,  terlihat pula ular-ular neraka yang siap melahap dan menyiksa para penghuni neraka. Kalajengking-kalajengking neraka dengan bengisnya akan menyengat penghuni neraka tanpa belas kasihan. Air-air mendidih siap menggodok tubuh para pendosa hingga rontok semuanya. Naudzubillah min dzalik.


MACAM-MACAM SIKSA NERAKA

Neraka memang tempat mengerikan untuk orang-orang kafir dan ahli maksiat. Mereka akan disiksa dan ditemani para setan dan iblis yang selama hidup menjadi idola sejati.  Belenggu-belenggu panas neraka akan dipasang dileher mereka lalu diseretlah mereka. Allah SWT berfirman: “Dan kami pasang belenggu di leher orang-orang kafir. Mereka tidak dibalas melainkan dengan apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Saba’: 33)

Allah SWT juga berfirman:  “Ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka seraya mereka diseret.” (QS. al-Mu’min: 71)

Jenis siksaan lain yang kelak akan diterima penghuni neraka adalah disiram dengan air mendidih yang sangat panas. Panas air didunia belum ada apa-apanya dibanding panasnya air mendidih di neraka, Air panas neraka akan merontokkan serta menghancurkan kulit dan isi perut penghuni neraka. Allah SWT berfirman : “Orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu, dihancurkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit mereka.” (QS. al-Hajj: 19-20)

Semua Jenis makanan dan minuman penghuni neraka sudah disediakan secara gratis, minuman itu diantaranya ada air tembaga yang mendidih. Allah SWT berfirman  “Sungguh pohon zaqqm itu, makanan bagi orang yang banyak dosa. Seperti cairan tembaga yang mendidih di dalam perut”(Q.S. Ad-Dukhon 43-45). Tidak hanya itu penduduk neraka juga diberi makanan berduri yang akan merobek-robek isi perut orang yang memakannya. Makanan dan minuman neraka jelas sangat menyiksa, panas, tajam, dan berbau busuk laksana bangkai. Santapan itu merupakan hidangan special yang akan disantap para penghuni neraka, Naudzubillah mindzalik.

Baca Juga: Kisah Detik-DEtik Wafatnya Nabi Idris AS yang Membuat Malaikat Maut Menangis

Itulah gambaran aneka siksa neraka yang sangat pedih. Lanjut kekisah Nabi idris As. Ketika nabi idris melihat kehidupan didalam neraka, beliau lantas syok dan jatuh pingsan. Bahkan riwayat lain ada yang menyebutkan sampai menangis karena begitu menakutkannya siksa dan azab didalam neraka. Tak bisa dibayangkan begatapa panas dan ganasnya sistem didalam neraka, sehingga membuat nabi Idris As Pingsan. Setelah itu Malaikat maut lantas menghampiri Nabi Idris As lalu membawanya pergi dari neraka menuju ke tempat semula. La haula wala quwata illa billah, Semoga kisah ini bermanfaat, Wallahu A’lamu biswowab.

Hidayah Ilahi Official
Hidayah Ilahi Official kami adalah bloger religi islam

Posting Komentar untuk "Kisah Nabi Idris Pingsan Saat berkunjung Ke Neraka Jahanam Bersama Malaikat Maut"