Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Seorang Pemuda yang tidak Pernah Sholat semasa hidupnya, tetapi masuk surga?

hidayahilahi.com

Hidayahilahi.com- Surga dan neraka, adalah hal yang tidak terlihat yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Tapi Allah Yang Maha Penyayang bisa membiarkan hamba pilihan-Nya masuk surga. Bahkan orang yang tidak pernah sholat pun bisa berharap masuk surga.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Ketika Abu Hurairah berkumpul diseuatu pertemuan, dia berkata: "Bercerita ada sebuah kisah tentang seseorang pemuda yang masuk surga meskipun dia belum pernah sholat sebelumnya!" Suasana pun hening sejenak, tak ada seorang pun di majelis yang tahu dan bisa menjawab pertanyaan Abu Hurairah.

Mereka kemudian menjawab pertanyaan Abu Hurairah, "Siapa dia?" mereka bertanya. "Usharim Bani 'Abdil Ashhal' Amr bin Tsabit bin Waqsy," jawab Abu Hurairah. Namanya adalah 'Amr bin Tsabit, seorang pria dari bani 'Abdil Ashhal. Ia juga sering disebut dengan nama 'Amr bin Uqaisy atau Usharim. 'Amr bin Tsabit pernah diajak memeluk Islam. Tapi dia menolak karena orang-orangnya. Di masa lalu, dia memiliki harta riba pada masa kebodohan dan enggan masuk Islam sampai dia mengambil harta itu.

Suatu ketika terjadi perang Uhud. 'Amr bin Tsabit bertanya, dimana putra-putra pamanku? Orang-orang menjawab "Di Uhud". Dimana mereka? Dia bertanya lagi. "Di Uhud," jawab orang-orang. Dimanakah fulan ? "Di Uhud," jawab mereka. Mendengar jawaban itu, Amr segera memakai baju perangnya, menaiki kudanya dan mengikuti orang-orang itu ke bukit Uhud. Ketika kaum Muslim melihatnya, mereka berkata: "Jauhi kami, wahai Amr!".

"Saya telah beriman," jawab 'Amr. Maka kaum Muslim pun mengundangnya untuk bergabung dengan pasukan. Kemudian 'Amr berjuang sangat keras sehingga dia terluka. Ketika perang berakhir, masyarakat Bani 'Abdul Asyhal mencari korban perang dari masyarakatnya. Tanpa diduga, mereka menemukan 'Amr. Mereka menatap tajam ke wajah 'Amr dan memastikan itu dia. Mereka juga berkata: "Demi Allah, ini adalah al-Ushairim!".

Baca Juga : Kisah Sa'ad bin Abi Waqash yang Dijamin Masuk Surga

Amr kemudian dibawa ke keluarganya dengan keadaan terluka. Sa'ad bin Mu'adz kemudian mendatangi adiknya dan berkata, "Tanyakan 'Amr mengapa dia datang ke medan perang? Apakah dia berperang demi umatnya atau untuk Allah dan Rasul-Nya?" 'Amr menjawab, "Saya datang ke medan peperangan karena saya ingin masuk Islam, karena saya percaya kepada Allah dan Rasul-Nya. Saya masuk Islam dan mengambil pedang saya. Saya maju bersama Rasulullah dan saya berperang sampai saya dipukul."

Tidak lama kemudian, Amr mengembuskan napas terakhir di pelukan kaumnya. Mereka pun menceritakan kejadian itu kepada Nabi Muhammad SAW yang kemudian bersabda: “Sesungguhnya dia adalah salah seorang penghuni surga”.  Padahal dia tidak pernah sholat semasa hidupnya.

Demikianlah Allah SWT dengan mudah membolak-balikkan hati seseorang. Dia mengasih petunjuk kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Kisah 'Amr menunjukkan bahwa rahmat Allah begitu besar. Betapa besar cinta dan kasih sayang Allah sehingga bahkan orang yang belum pernah sholat dapat masuk surga-Nya. Karena keikhlasan dan ketulusannya ia memeluk agama Allah SWT. Wallahu A'lam Bishowab...

Posting Komentar untuk " Kisah Seorang Pemuda yang tidak Pernah Sholat semasa hidupnya, tetapi masuk surga?"