Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Ayah Di Dalam Keluarga ?


Hidayahilahi.com - Setiap manusia yang lahir ke dunia mempunyai potensi menjadi orang yang baik, berprestasi, dan merdeka.  Di sinilah peran orangtua dalam membekali putra dan putrinya. Kedua orangtua wajib mendidik anaknya dengan pendidikan yang baik. Orangtua harus menanamkan pendidikan budi pekerti (akhlak) yang mulia kepada anak mereka sejak dini dengan lemah lembut namun tegas.

    Ayah adalah figur utama dalam keluarga. Seorang ayah diharapkan mempunyai bekal yang cukup dalam mendidik keluarganya, baik dari segi agama, ekonomi, dan wawasan keilmuan. Bekal agama merupakan bekal paling utama, sebab agama menjadi pusat dalam membentuk sendi-sendi kehidupan. Jika seorang bapak atau suami taat dalam beragama, maka istri dan anak-anaknya akan mudah menemukan teladan yang pada akhirnya akan mengantarkan mereka menaati agama pula.

    Keluarga yang bahagia tentulah selalu diliputi perasaan penuh cinta kasih. Keluarga yang diliputi cinta kasih akan menularkan rasa cinta dan kasih itu ke tengah-tengah lingkungan dan di tengah-tengah masyarakat di sekitarnya. Dari sinilah akan tercipta kehidpan yang harmonis tidak hanya di tingkat keluarga, namun juga di tengah-tengah masyarakat.

    Memang tidak mudah, karena memerlukan konsep yang benar dan jelas, serta penerapan yang tepat di dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur’an memberikan sebuah resep sederhana agar tercipta keluarga yang harmonis, dan pada akhirnya juga sebuah masyarakat yang harmonis. Hal ini dijelaskan dalam sebuah surah pendek yang mengandung makna yang padat:

وَالْعَصْرِۙ

اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

1.Demi masa

2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar merugi,

3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan saling memberi nasehat supaya menaati kebenaran dan saling menasehati supaya tetap dalam kesabaran. (QS. Al-‘Ashr :1-3)

    Menurut pendapat Imam Syafi’i bahwa surah ini merupakan salah satu surah yang paling sempurna petunjuknya . "Seandainya umat Islam memikirkan kandungan surah ini, niscaya (petunjuk-petunjuknya) mencukupi mereka.” Sebab itulah menjadi sangat penting dan mendesak bagi setiap kepala keluarga Muslim untuk kembali menanamkan nilai-nilai ajaran atau  bahkan tradisi Islam ke tengah-tengah keluarga. Mempraktikan ajaran Islam di tengah-tengah keluarga pada dasarnya merupakan kewajiban setiap Muslim. 

    Namun, tetap saja membutuhkan strategi yang jitu agar nilai-nilai Islam yang ditanamkan di tengah-tengah keluarga dapat berdampak bagi masyarakat sekitar dan dipraktikkan secara konsisten. Nilai Islam yang harus ditanamkan pertama kali kepada seluruh anggota keluarga adalah akidah atau keyakinan yang benar terhadap keesaan Allah SWT. Penanaman akidah menjadi begitu penting saat ini.

    Setelah menanamkan akidah yang kokoh, barulah anak dikenalkan pada pentingnya akhlak atau budi pekerti yang santun dalam ucapan maupun perbuatan, serta perlunya bermuamalah atau bergaul di tengah-tengah masyarakat. Semua hal ini merupakan bagian penting dari pendidikan akhlak yang di zaman sekarang ini tampaknya sudah sangat langka diterapkan  di dalam keluarga.


Penulis: Otong Suratman


Posting Komentar untuk "Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Ayah Di Dalam Keluarga ?"