Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Beberapa Amalan Sunnah Untuk Memperingati Maulid Nabi

Hidayahilahi.com


Hidayahilahi.com-
Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang dimuliakan oleh semua umat Islam, karena pada tanggal 12 Rabiul Awal diperingati sebagai Maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sebagai ungkapan rasa syukur, biasanya umat muslim khususnya di Indonesia untuk memperingati Maulid Nabi sesuai dengan tradisi adat dan budaya setempat. 

Disamping tradisi tersebut, ada beberapa amalan sunnah yang bisa kita amalkan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini dikerjakan semata-mata sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Berikut ini adalah amalan sunnah yang bisa kita amalan di bulan Rabiul Awal ini, yaitu : 


- Memperbanyak Membaca Sholawat Nabi

Sholawat ini merupakan salah satu sholawat paling mulia yang diagungkan dan di amalkan oleh para sahabat nabi dan keturunannya.

Bacaan utama sholawat Nabi dan diajarkan oleh Nabi Muhammad adalah :

اللهم صل على محمد, وعلى آل محمد, كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم, إنك حميد مجيد, اللهم بارك على محمد, وعلى آل محمد, كما باركت على إبراهيم, وعلى آل إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya,

“Ya Allah. Berikan (yaitu, tambahkan) doa (pujian) kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi doa kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Maha Mulia. Ya Allah. Berkatilah Muhammad dan keluarga Muhammad. Sebagaimana Engkau telah memberkati Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Fakta Keajaiban Sholat Subuh

- Perbanyak sedekah

Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ada amalan sunnah yang bisa kita kerjakan yaitu dengan cara memperbanyak sedekah, tidak akan membuat kita miskin.

Sebaliknya, dengan memberi banyak sedekah kepada orang lain justru kita akan mendapatkan rezeki dan berkah yang lebih banyak dari Allah SWT.

- Puasa sunnah

 Puasa ini bisa kita lakukan pada hari Senin dan Kamis, serta puasa di pertengahan bulan Yaumul Bidh, yaitu pada tanggal 13-14-15 Hijriah. Karena dengan berpuasa pada tanggal tersebut, pahala kita akan berlipat ganda di sisi Allah SWT.

- Perbanyak Ibadah

Bagi setiap umat muslim, alangkah baiknya untuk melakukan amalan baik, terutama di bulan maulid Nabi. Jangan sampai amalan kita tidak diridhoi oleh Allah SWT, apalagi dengan melakukan perbuatan maksiat.

Itulah Beberapa amalan yang bisa kita kerjakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga apa yang kita kerjakan dengan niat ibadah selalu senantiasa mendapatkan keridaan dan berkah dari Allah Swt. Amin. Semoga bermanfaat... Barakallah Fikum...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb...


Posting Komentar untuk " Inilah Beberapa Amalan Sunnah Untuk Memperingati Maulid Nabi "